6 Langkah Mudah Berjualan di Marketplace. Ilmu Dasar untuk yang Pengin Buka Usaha Online

Cara jual marketplace

Ingin menjual barang untuk menambah penghasilan? Sekarang caranya lebih gampang karena teknologi semakin canggih. Kita bisa menjual melalui marketplace, yaitu situs atau aplikasi online yang menyediakan tempat untuk jual beli dari berbagai toko. Beberapa marketplace yang populer di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Meskipun berbeda-beda, sebetulnya tiap marketplace mempunyai cara kerja yang mirip. Jadi kita nggak perlu bingung kalau ingin membuka toko dan menjual barang. Yuk simak langkah-langkah teknis untuk berjualan di sana!

1. Buat akun dengan cara mendaftar melalui laman resmi atau aplikasi marketplace. Biasanya butuh e-mail nih

Membuka internet | Photo by Tran Mau Tri Tam on Unsplash via unsplash.com

Pertama, pilih marketplace yang sesuai keinginanmu. Lalu bukalah melalui laman resmi atau aplikasinya. Cari tombol bertulisan “Daftar” atau “Sign Up”. Setelah diklik, kita akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi pribadi seperti nama dan tempat tinggal. Biasanya kita juga diminta untuk mencantumkan alamat e-mail karena proses konfirmasi pembuatan akun akan dilakukan lewat sana. Setelah akun jadi, berarti kita sudah menjadi penjual di marketplace!

2. Buat toko di marketplace tersebut dan lengkapi profilnya dengan informasi yang sesuai

Membuka toko | Photo by Mike Petrucci on Unsplash via unsplash.com

Mempunyai akun aja nggak cukup, kita juga harus membuat toko online untuk memasarkan barang-barang yang ingin dijual. Bagaimana caranya? Klik aja tombol “Mulai Jual” atau “Buka Toko” yang terdapat di marketplace tersebut. Kemudian isilah informasi seputar toko kita. Mulai dari nama, deskripsi singkat, logo atau foto toko, hingga banner toko. Semakin lengkap informasinya, maka tokomu akan terlihat lebih profesional.

Advertisement

3. Tambahkan alamat dan pilih jasa pengiriman yang ingin digunakan. Kamu bisa memilih beberapa jasa sekaligus lo

Jasa pengiriman | Photo by Alex Mecl on Unsplash via unsplash.com

Untuk kebutuhan pengiriman barang, kita perlu menambahkan alamat toko. Informasi ini akan digunakan oleh sistem marketplace untuk menghitung ongkos kirim dari alamat pembeli. Pilihlah ekspedisi pengiriman yang ingin digunakan, Hipwee pernah nih bikin review perbandingan jasa-jasa ekspedisi di laman ini. Kamu bisa menyediakan beberapa ekspedisi sekaligus agar pembeli bisa memilih yang paling murah atau paling sesuai dengan keinginan mereka.

4. Yang nggak kalah penting, tambahkan rekening pembayaran untuk tokomu. Semua uang hasil transaksi akan dikirim ke sana

Pembayaran | Photo by rupixen.com on Unsplash via unsplash.com

Untuk menerima uang hasil penjualan, kita harus memasukkan rekening pembayaran. Caranya adalah dengan mengisi formulir dengan informasi tentang rekening tersebut, misalnya nama pemilik dan bank yang digunakan. Biasanya kita juga akan diminta untuk verifikasi dengan memasukkan password akun.

5. Tambahkan foto-foto produk yang ingin kamu jual. Lengkapi dengan informasi yang mendukung agar calon pembeli nggak bingung

Foto produk | Photo by Brooke Lark on Unsplash via unsplash.com

Nah, ini langkah yang sangat penting. Pilihlah foto-foto barang jualanmu untuk diunggah, utamakan yang resolusi dan cahayanya jelas. Kamu juga bisa memasukkan beberapa foto sekaligus untuk satu produk agar lebih lengkap. Kemudian lengkapi foto produk dengan informasi yang mendukung. Misalnya ukuran dan berat produk tersebut, tanggal kedaluwarsa (untuk makanan), bahan-bahan pembuatnya, manfaat yang bisa diperoleh, dan sebagainya.

Advertisement

6. Jika ada pesanan masuk, proseslah sesuai ketentuan marketplace tersebut. Kirim barang ke alamat pembeli dengan selamat

Mengemas barang | Photo by Daily Nouri on Unsplash via unsplash.com

Kita akan mendapat notifikasi saat ada pelanggan yang memesan produk. Bacalah pesanannya dengan cermat, lalu siapkan produk dan kemaslah dengan aman. Setelah itu, kirimkan melalui jasa ekspedisi yang telah dipilih. Kemudian kita hanya perlu menunggu hingga barang sampai ke alamat yang dituju dan sang pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang.

Gimana, ternyata gampang kan berjualan lewat marketplace? Nggak perlu mikir kelamaan, kita bisa melakukannya sekarang juga asalkan sudah mempunyai produk untuk dijual. Selamat mencoba!

ebook
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE