Cara Menabung Emas di Pegadaian yang Praktis dan Menguntungkan. Bisa Pakai ATM untuk Setoran

Cara menabung emas di pegadaian

Perencanaan keuangan penting untuk dilakukan supaya pengeluaran bisa terkontrol. Tak cuma untuk biaya hidup sekarang, kita pun perlu mempertimbangan kebutuhan jangka panjang ketika menyusun perencanaan keuangan. Makanya, selain disisihkan untuk tabungan, baiknya siapkan juga dana untuk berinvestasi. Setidaknya dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan passive income setiap bulannya. Salah satu investasi yang masih jadi favorit banyak orang saat ini ialah tabungan emas.

Advertisement

Banyak bank yang menyediakan layanan tabungan emas misalnya saja; tabungan emas BNI, tabungan emas BCA, dan tabungan emas BRI. Nah, selain menabung emas di bank, kamu bisa mencoba buka tabungan emas di Pegadaian. Lewat Pegadaian, kamu bisa mendapatkan tabungan emas Antam yang cara kelolanya mudah dan praktis.

Daripada ambil risiko menjajal banyak platform untuk memuat tabungan emas, mending ke Pegadaian saja. Setidaknya, Pegadaian cukup terpercaya karena platform ini milik BUMN. Jika kamu tertarik ingin belajar tentang tabungan emas, coba pelajari dulu cara menabung emas di Pegadaian untuk pemula melalui ulasan Hipwee Tips berikut.

Sebagai bahan pertimbangan awal, kamu mesti tahu seperti apa keuntungan menabung emas khususnya di Pegadaian

untungnya tabungan emas via sahabatpegadaian.com

Menabung emas di Pegadaian punya banyak keuntungan. Selain karena nilai inflasinya nggak pernah turun, tabungan emas juga bisa dicairkan sewaktu-waktu. Jadi, seandainya kamu sedang berada di kondisi darurat, tabungan emas ini bisa dipakai. Cara menabung emas di Pegadaian Digital juga cukup mudah dilakukan. Tak perlu lagi ke kantor untuk setor tabungannya, sebab kini semua transaksi dilakukan secara daring baik untuk pembelian maupun penjualan emasnya.

Advertisement

Harga beli emas pun sangat terjangkau, bisa mulai dari 0,01 gram yang nominalnya disesuaikan dengan harga pasar saat itu. Jadi, kamu yang pendapatannya tak begitu banyak bisa tetap berinvestasi lewat tabungan emas Pegadaian ini. Jika tertarik, kamu bisa coba membuka tabungan emas di Pegadaian lewat cara-cara berikut ini.

1. Cara menabung emas di pegadaian untuk pemula yang paling gampang ialah dengan memanfaatkan layanan ‘cicilan emas’

ikut cicilan emas via qazwa.id

Cara menabung emas Antam di Pegadaian bisa dimulai dengan melakukan survei harga terlebih dulu. Kalau harganya cocok, silakan tentukan berat emas yang mau diambil. Pegadaian akan menyediakan emas dengan berat mulai dari lima gram hingga satu kilo. Dengan membawa KTP, datanglah ke kantor Pegadaian untuk membuka rekening tabungannya. Isi formulir lalu bayar biaya administrasi 10 ribu dan 30 ribu untuk biaya fasilitas titip selama 12 bulan. Setelah menerima rekening tabungan, kamu bisa mulai beli emas dengan minimal pembelian 0,01 yang nominalnya sesuai harga emas saat itu.

Menurut pengalaman menabung emas di Pegadaian dari beberapa orang, sebenarnya bisa selesai di tahap ini. Tinggal nanti kamu  menabung emas sesuai keinginan. Tapi kalau mau lebih terjadwal, kamu bisa lanjut pakai layanan cicilan emas. Pembelian awal tadi bisa kamu anggap sebagai DP. Lalu tentukan tanggal pembayaran dan berapa jumlah cicilan yang diambil. Kalau sudah mencapai kesepakatan, kamu tinggal membayarkan cicilan emas sesuai batas waktu yang ditentukan. Buat gambaran, kamu bisa cek tabel kredit emas Pegadaian 2019 yang ada di internet. Saat bayar nanti, usahakan jangan sampai telat biar nggak kena denda atau emasmu jadi bahan lelang.

Advertisement

2. Cara menabung emas di Pegadaian untuk pelajar sebenarnya sama saja dengan umum, daftarnya mesti ke kantor Pegadaian dulu

pelajar dan mahasiwa juga bisa buka tabungan emas via www.burgerkeju.com

Untuk pelajar, kamu cukup membawa kartu pelajar atau mahasiswa saja sebagai bukti identitas. Setelah itu, isi formulir dan mulailah tabungan emasmu. Nominal pembeliannya sama saja dengan tabungan emas yang diperuntukan untuk umum. Biasanya, kamu akan diajari bagaimana cara menabung emas di Pegadaian secara  online agar bisa melakukan semua transaksi baik jual maupun beli emas sendiri. Jadi, nggak perlu bolak-balik ke kantor Pegadaian lagi.

Nah, karena kamu masih pelajar, baiknya gunakan fitur tabungan emas biasa atau yang bukan cicilan agar tak merasa terbebani setiap bulannya. Kalau mau lebih rutin menabungnya, jadwalkan sendiri saja waktunya. Misalnya, di tanggal-tanggal biasanya kamu dikirim uang saku orangtua, atau buatmu yang mungkin nyambi kerja, bisa di tanggal-tanggal gajian.

3. Cara menabung emas di Pegadaian lewat aplikasi terbilang cukup praktis. Bahkan, kamu pun tak perlu lagi datang ke kantor untuk membuat rekening tabungan emasnya~

lebih praktis pakai aplikasi via kumparan.com

Jika kamu mau membuka rekening tabungan emas, silakan unduh dan instal aplikasi Pegadaian Digital di ponselmu. Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Di laman utama, klik pada ‘Buka Rekening Tabungan’ kemudian isikan data pribadi berdasarkan KTP atau alamat tinggalmu saat ini. Selanjutnya, unggah foto KTP guna melakukan verifikasi data.
  2. Jika sudah terkonfirmasi, pilih unit Pegadaian terdekat dengan alamat tinggalmu. Sebab, nanti proses penyelesaian administrasinya mesti dilakukan di cabang Pegadaian yang dipilih lewat aplikasi ini.
  3. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan pembayaraan pembukaan rekening tabungan emas. Ikuti langkahnya lalu pilih metode pembayaran yang ingin digunakan.
  4. Kalau rekening tabungan emas sudah aktif, kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.
  5. Datangi cabang Pegadaian yang sudah kamu pilih tadi untuk mengambil buku rekening dan mengaktifkan tabungan emasnya.
  6. Jangan lupa masukkan nomor rekeningmu untuk mempermudah proses jual beli emas lewat aplikasi. Sudah deh kamu bisa mulai tabungan emas Antam di sini.

Jika mau mulai pembelian emas, pilih fitur ‘Beli Emas’ di laman depan aplikasi. Kemudian input jumlah pembelian dalam rupiah yang nantinya akan dikonversikan ke gram emas sesuai harga yang berlaku saat itu. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer menggunakan virtual akun sesuai bank yang tercantum di aplikasi. Cara menabung emas di Pegadaian Syariah juga sama saja. Hanya saja mungkin kamu akan menemukan sedikit perbedaan di syarat dan hitungannya.

4. Cara menabung emas di pegadaian lewat ATM bisa jadi alternatif buatmu yang agak gagap teknologi

bisa bayar lewat rekening via www.youtube.com

Cara menabung emas batangan di Pegadaian lewat ATM BCA atau yang lainnya, bisa jadi alternatif buat kalian yang nggak pintar menggunakan aplikasi maupun m-banking. Kamu nggak perlu ke kantor Pegadaian kalau mau   top up tabungan emasnya. Cukup datangi ATM terdekat, kemudian lakukan pembelian dengan memanfaatkan fitur yang ada di internet. Sebagai contoh, berikut cara menabung emas di Pegadaian lewat ATM BRI:

  • Masukkan PIN ATM-mu lalu pilih menu ‘Pembayaran’ yang ada di layar dan tekan ‘Multipayment’.
  • Pilih jenis tagihan ‘Pegadaian’ kemudian ketuk ‘Pembelian’ pada kolom layanan. Masukkan nomor rekening tabungan emas dan nominal pembeliannya.
  • Sebagai konfirmasi akhir, masukkan lagi PIN ATM-mu. Pembayaran akan diproses setelah beberapa menit. Kalau berhasil, pembayaran akan otomatis ter-update pada sistem dan masuk ke rekening tabungan emasmu.

Cara menabung emas di Pegadaian lewat ATM Mandiri pun sama saja sebenarnya. Hanya pilihan menunya bisa disesuaikan dengan apa yang tertera di layar.

Jika kamu menggunakan aplikasi Pegadaian Digital, baiknya kenali semua fiturnya dulu sebelum melakukan transaksi. Selain menabung atau mencicil, kamu juga bisa gadai emas di Pegadaian jika nanti sudah terkumpul. Baiknya sebelum memulai, cobalah untuk membaca-baca dulu seperti apa simulasi tabungan emas Pegadaian agar kamu bisa menentukan nominal yang tepat. Kamu yang tertarik untuk menabung emas di Pegadaian, selamat mencoba, ya!

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumah ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE