Cara Pilah-Pilih Influencer untuk Promosi Supaya Tidak Rugi, Tips Penting Bagi yang Punya Usaha

Cara pilih influencer

Mengingat tingginya pengguna media sosial di Indonesia, tidak heran bila channel tersebut digunakan sebagai media efektif untuk mempromosikan berbagai bisnis. Salah satu cara untuk mempromosikan bisnis via media sosial adalah dengan menggunakan jasa influencer. Influencer bisa dianggap sebagai orang yang berpengaruh dan dapat mempengaruhi orang lain untuk mempercayai suatu bisnis. Melalui influencer, kamu bisa memperluas jangkauan bisnis, mempromosikan berbagai produk/jasa dan bahkan meningkatkan penjualan.

Advertisement

Namun, kamu juga harus selektif dalam memilih influencer untuk membantu promosi bisnis agar terhindar dari kerugian. Oleh karena itu, simak kiat-kiat memilih influencer yang tepat dan menguntungkan untuk bisnis berikut ini:

Lihat jumlah followers

Photo by Cristian Dina via www.pexels.com

Dalam memilih influencer, jumlah pengikut atau followers-nya merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Semakin banyak followers dari seorang influencer, maka bisnis kamu bisa mendapat jangkauan yang lebih luas. Artinya, produk atau jasa yang kamu jual bisa dikenal lebih banyak orang.

Selain itu, di balik jumlahnya, pastikan bahwa followers yang dimiliki adalah akun aktif bukan akun kosong yang hanya dibuat tapi tidak digunakan, dan punya tingkat engagement yang bagus. Engagement digunakan untuk mengukur tingkat interaksi followersterhadap sebuah konten di media sosial.

Advertisement

Kalau engagement-nya bagus, itu menandakan bahwa influencer tersebut bisa menyajikan konten yang efektif dan menarik, yang bisa memberikan banyak keuntungan buat bisnis kamu, karena saat si influencer membuat konten tentang bisnis kamu, para followers-nya yang tertarik akan langsung mencari informasi tentang produk atau jasa dari bisnismu.

Relevansi dengan brand

Photo by Daria Shevtsova via www.pexels.com

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih influencer yaitu relevansi atau keterkaitan dengan bisnis kamu. Pilih influenceryang bergerak di bidang industri yang sama dengan bisnis kamu, baik itu fashion, kuliner atau wisata. Lihat apakah seorang influencer punya relevansi dengan bisnis kamu melalui berbagai konten yang sering mereka unggah di media sosial. Ditambah lagiĀ  follower mereka pun didominasi oleh orang yang berminat pada industri yang kamu geluti, sehingga kesempatan untuk menarik calon pelanggan baru lebih besar.

Kualitas Konten

Photo by Artem Podrez via www.pexels.com

Konten yang berkualitas akan membantu kamu menilai kualitas influencer dan apakah mereka dapat menguntungkan bisnis kamu. Bila konten yang dibuat influencer berkualitas, maka konten tersebut dapat mewakili bisnis kamu dengan baik. Selain itu, perhatikan engagement dari konten yang dihasilkan, apakah konten tersebut menuai banyak komentar yang relevan dengan isi atau tidak. Bila banyak komentar yang relevan dengan konten yang ditawarkan, kemungkinan besar pengikut influencer tersebut riil dan berminat untuk mengenal bisnis kamu.

Advertisement

Tingkah Laku Influencer di Media Sosial

Photo by cottonbro via www.pexels.com

Influencer memiliki tingkah laku yang berbeda-beda, ada yang baik dan juga buruk. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan bagaimana tingkah laku mereka sebelum memutuskan untuk menjalin kerjasama. Jangan berkolaborasi dengan influencer yang memiliki citra buruk karena hal tersebut dapat mempengaruhi reputasi bisnis kamu. Tidak menutup kemungkinan juga kamu akan mengalami berbagai kesulitan bila bekerjasama dengan influencer bermasalah. Sebelum memutuskan, ada baiknya juga kamu memiliki kriteria khusus untuk influencer tersebut, seperti mampu bersikap profesional, ramah, kooperatif, dan sifat-sifat positif lainnya.

Portofolio Influencer

Photo by Plann via www.pexels.com

Sebelum menggunakan jasa influencer, ada baiknya untuk mencari tahu brand apa saja yang pernah bekerjasama dengan mereka. Dengan begitu kamu bisa tahu apakah ada kompetitor yang pernah terlibat dengan influencer tersebut. Selain itu, cek juga feedinfluencer untuk memastikan seberapa sering mereka mengunggah postingan, baik yang bersifat pribadi maupun bisnis. Hal ini perlu dipastikan agar postingan mereka tidak dianggap sebagai spam.

Influencer memang bisa dilibatkan untuk membantu mempromosikan bisnis, tapi pastikan untuk memilih orang yang tepat. Berkolaborasi dengan influencer yang tepat, akan memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis. Di antaranya, meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, meningkatkan engagement, dan membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis kamu.

Menggunakan influencer sudah menjadi tren buat banyak bisnis saat ini dan sudah menjadi salah satu strategi marketing dan promosi sebagai bagian dari strategi besar dalam mengembangkan sebuah bisnis. Setiap bisnis pasti memiliki strategi besar dalam pengembangan bisnisnya yang juga meliputi soal penjualan, inovasi produk, manajemen karyawan, manajemen pelanggan, pengelolaan stok hingga ke sistem transaksi.

Bagi kamu yang menjalankan bisnis pasti tahu betul bahwa semua hal di atas harus bisa dijalankan dengan baik untuk menjamin kelancaran bisnis. Nah, untuk menjamin kelancaran tersebut, sekaligus membantu kamu dalam mengembangkan bisnis, kamu bisa menggunakan aplikasi kasir toko dari Pawoon!

Selain membuat sistem transaksi jadi lebih mudah dan profesional, Pawoon juga bisa membantu bisnis kamu dalam memberikan laporan penjualan yang lengkap, sistem manajemen stok yang akurat dan fitur-fitur lain yang menjadikan Pawoon sebagai pilihan terbaik software kasir toko untuk bisnis kamu. Daftar segera dan rasakan keuntungan menggunakan Pawoon!

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pawoon adalah aplikasi kasir online yang mudah digunakan, memiliki fitur lengkap, dan telah melayani kebutuhan puluhan ribu pengusaha Indonesia.

CLOSE