Mencari pekerjaan itu nggak gampang. Terkadang, orang yang sudah memiliki pengalaman kerja pun masih belum beruntung untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Memang, pengalaman kerja biasanya menjadi faktor utama yang dipertimbangkan oleh perekrut dalam memilih karyawannya. Namun, bukan berarti kamu yang belum berpengalaman lantas nggak memiliki peluang untuk bersaing juga.

Daripada minder karena minim pengalaman, lebih baik persiapkan dirimu agar mendapat kesempatan dipanggil oleh perusahaan. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan!

1. Jangan mentang-mentang belum punya pengalaman lantas kamu bisa sembarang melamar pekerjaan. Lebih baik pertimbangkan dulu dengan matang

bingung milih pekerjaan via www.vectormarketing.com

Advertisement

Banyak dari mereka yang belum paham bahwa setiap pekerjaan memiliki kualifikasi mendasar. Jika kamu nggak ingin gagal saat memasukkan surat lamaran, pastikan kamu sudah memiliki kualifikasi dasar sebagai persyaratannya — meski dengan minim pengalaman.

2. Karena belum memiliki pengalaman pekerjaan, kamu bisa mengisi CV-mu dengan pengalaman organisasi atau relawan yang pernah dilakukan

membuat CV dengan pengalaman yang ada via extension.unh.edu

Bagi perusahaan, pengalaman organisasi dapat menunjukkan bagaimana kinerjamu. Makanya, jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman organisasi atau relawanmu agar surat lamaran kerjamu nggak dipandang sebelah mata.

3. Untuk memikat hati perekrut, kamu bisa menunjukkan kemampuan atau keterampilan khusus yang dimiliki

sedang coding via www.givingcompass.org

Kemampuan yang dimaksud ialah keterampilan yang hanya dimiliki sebagai orang saja. Misalnya, saja jika kamu pandai pemrograman, kamu bisa mencantumkan hal ini CV-mu. Nggak perlu disebutkan presentase pemahamanmu tentang hal tersebut, cukup sebutkan saja bahwa kamu pernah menggunakan keahlianmu untuk mengerjakan suatu proyek tertentu.

4. Minim pengalaman di bidang yang kamu minati? Saatnya kamu untuk menambah pengalaman demi memperkaya portofoliomu dengan magang atau mengirim karyamu di beberapa platform

menambah portofolio via sugru.com

Advertisement

Contohnya saja, jika kamu ingin bekerja menjadi penulis di sebuah media, cobalah lebih rajin mengirimkan tulisanmu ke blog, situs-situs yang membuka peluang untuk kontributor, atau media lainnya. Selain akan mengasah kemampuanmu, pengalaman tersebut juga akan membuat portofoliomu semakin lengkap dan menarik.

5. Kalau kamu memiliki sertifikat dari seminar yang pernah kamu hadiri, kumpulkan dan tata ulang ulang lagi semua sertifikatmu agar menjadi pertimbangan perekrut

tata ulang sertifikatmu via marketing.co.id

Sertifikat baik magang atau pun mengikuti seminar biasanya menjadi nilai plus di mata perekrut. Ini menunjukkan bahwa kamu memiliki skill atau kemampuan yang bisa menjadi pertimbangan, juga rasa antusiasmu terhadap suatu bidang tertentu. Kemauan untuk belajar yang kuat tentu bisa mengalahkan pengalaman yang banyak, bukan?

Meski masih minim pengalaman kerja, jangan lantas minder dan nggak PD untuk melamar kerja. Tunjukkan saja beberapa keahlian khususmu, terutama pengalaman-pengalaman berorganisasi yang tentunya bisa jadi pertimbangan. Selamat mencoba, dan semoga segera mendapatkan pekerjaan, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya