Nggak bisa dimungkiri lagi, usia menjadi salah satu hal yang besar pengaruhnya dalam kehidupan. Bersyukurlah jika usiamu masih berada di kisaran 20-an. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengeksplor kemampuan diri dan mencoba banyak hal, sembari mempersiapkan untuk masa depan. Maklum lah, meski kamu bisa bersenang-senang di usia muda, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum berusia 30 tahun agar masa mudamu tak punya penyesalan.

Sebab setelah menginjak kepala tiga, akan ada banyak kondisi yang memaksa prioritas diri untuk berubah. Karena semakin bertambah usia, beberapa hal menjadi terbatas untuk bisa dilakukan. Jika kamu udah siap untuk menempuh fase baru dalam kehidupanmu, lakukanlah enam hal ini sebelum kamu menginjak usia 30 tahun.

1. Jangan cuma kerja-pulang-kerja-pulang saja. Sekali waktu sempatkan bergaul dengan teman selepas jam kerja

Bergaul selepas jam kerja via walterakana.com

Saat memasuki dunia kerja, bukan berarti interaksimu hanya terbatas di lingkungan kerja saja. Ada banyak kesempatan untuk memperluas jaringan ketimbang hanya berkutat di kantor, lalu pulang setiap harinya. Luangkan sedikit waktumu untuk menjalin hubungan dengan teman ataupun kolega selepas jam kerja. Di kesempatan ini, kamu bisa temukan hal baru untuk bisa dipelajari. Perbanyak wawasanmu lewat lingkungan pergaulan yang positif, yang bisa mengembangkan pengetahuan, pengalamanmu dan tentunya menambah link baru.

2. Meski sesederhana buka online shop bareng teman, cobalah berbisnis saat usiamu masih 20-an, siapa tahu cocok, ‘kan?

Mulai berbisnis via www.forbes.com

Ungkapan “yang muda yang berkarya” wajib kamu pegang erat. Kamu yang masih berusia 20-an punya bakat besar yang bisa dikembangkan, termasuk dalam hal berwiraswasta. Cobalah tantang dirimu dengan memulai bisnis baru. Nggak perlu muluk-muluk, membuka online shop yang dikelola bareng teman adalah satu langkah sederhana, namun nyata.

Kesuksesan bukan hanya tentang mendapatkan puluhan juta per bulannya, melainkan proses dan kreativitasmu yang selalu diasah setiap harinya melalui usaha yang kamu rintis sejak usia muda. Jika sejak usia muda kamu sudah merintis usaha, bukan nggak mungkin jika 3 atau 4 tahun kemudian kamu bakal menuai keuntungan yang nggak terduga.

3. Selalu tinggal bersama orang tua? Inilah saat yang tepat untuk merantau ke kota tetangga

Tinggal jauh dari orangtua di usia yang masih muda bukan perkara gampang. Namun, di usia ini kamu perlu menempa kemandirian dan tanggung jawab paling nggak sekali seumur hidup. Saat kamu memutuskan untuk merantau, maka kamu akan berusaha untuk bertanggung jawab atas dirimu sendiri dan mensyukuri hal kecil yang menghampiri. Dengan berada jauh dari lingkungan keluarga, artinya kamu bertekad untuk belajar hidup lebih baik dengan melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bergantung pada orang lain.

Mulai hidup sendiri berarti kamu mulai belajar untuk menyiapkan segalanya sendirian. Kamu belajar mengatur jadwal, karena sekarang kamu bergantung semata pada alarm. Pun harus mulai memikirkan menu makanan yang sehat dan tidak membuatmu sakit-sakitan di kota orang. Memilah dan memilih makanan pun mutlak hukumnya, karena untuk tetap sehat dan semangat di kota orang, kamu butuh minuman yang mengandung kebaikan dari alam seperti MINUTE MAID HOMESTYLE. Kesegaran jeruk alaminya bisa bikin kamu semangat terus setiap hari untuk mengejar mimpi.

4. Kamu belum terlalu tua untuk mempelajari hal baru, perkaya dirimu dengan menambah keterampilan dan berbagai ilmu

Ikut kelas musik via www.newschool.edu

Beruntunglah jika di usia 20-an kamu merasa ingin mengetahui dan mencoba banyak hal. Nggak perlu pikir panjang, realisasikan segera keinginanmu untuk menguasai hal-hal yang selama ini menarik minatmu. Perkaya dirimu dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang positif dan sekiranya menunjang karirmu ke depan. Misalnya, dengan mengikuti kursus bahasa asing, kelas kesenian, atau menjadi volunteer di berbagai kegiatan sosial. Meski dampaknya belum begitu kentara saat itu juga, kamu akan merasa beruntung sudah mencoba banyak hal ketika usiamu menginjak kepala tiga.

5. Lakukanlah perjalanan yang menyenangkan dan berkesan, mumpung kamu masih punya waktu senggang dan nggak ada yang melarang

Berwisata via www.hostelworld.com

Salah satu hal yang haram kamu lewatkan sebelum berusia 30-an adalah melakukan perjalanan alias traveling atau berwisata. Kegiatan ini nggak semata-mata menghambur-hamburkan uang untuk bersenang-senang, tapi tentang bagaimana cara pandang kamu terhadap dunia luar yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Dan pada akhirnya kamu akan mensyukuri betapa kaya dan beragamnya dunia yang kamu tinggali selama ini. Hal ini pulalah yang akan mendewasakan sikapmu dengan cara yang menyenangkan. Perasaan semacam ini akan selalu terkenang dan bisa kamu jadikan bekal untuk diceritakan ke anak cucumu nanti.

6. Usia muda bukan berarti bebas berfoya-foya, justru kamu harus mulai berinvestasi untuk tabungan di masa tua

Investasi di masa muda via thenewsavvy.com

Sebelum menginjak usia 30-an, kamu harus sudah menyiapkan masa depan secara matang. Karena menabung bukanlah satu-satunya jalan untuk memiliki simpanan pribadi, mulailah untuk menyisihkan sedikit pendapatanmu dalam bentuk investasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu ikuti, seperti emas, reksadana, deposito, ataupun bisnis properti. Memang membutuhkan waktu lama dan usaha untuk menuai hasil dari investasi yang kamu tanam. Namun, jika perencanaan ini dimulai dari sekarang, bukan nggak mungkin jika masa depanmu sudah terjamin aman.

Percayalah #BaikItuMudah dan #BaikItuNyata! Mulai saja melakukan hal-hal tadi sejak umurmu 20-an, lalu rasakan dampaknya beberapa tahun mendatang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya