Jika sedang mencari pekerjaan, situs informasi lowongan kerja tentu menjadi sesuatu yang krusial buatmu. Tawaran kerja tak akan datang begitu saja, kamu harus mencarinya dengan jeli — tak hanya di dunia nyata, namun juga dunia maya.

Pastikan kamu hanya mencarinya dari situs-situs terpercaya agar tak menjadi korban lowongan hoax dan penipuan. Agar lebih mudahnya, cobalah untuk mencari lowongan lewat situs-situs yang ada di bawah ini:

1. LinkedIn.com bukan hanya membuat jaringan pertemananmu semakin luas. Informasi lowongan dari perusahaan terkemuka juga bisa lebih dulu kamu “rampas”

Buat akun di linkedIn

Buat akun di linkedIn

Advertisement

Bermain media sosial memang hal yang menyenangkan. Dengan ini, kamu bisa menambah teman dan jaringan. Tapi media sosial tak hanya Facebook dan Twitter saja, sekarang juga ada situs LinkedIn yang wajib kamu aktifkan. Di situs ini, kamu bisa membuat profile dengan lebih profesional.

Profil aku LinkedIn tak hanya nama dan foto saja, kamu juga bisa menampilkan pengalaman kerja, penghargaan, hingga keahlian yang kamu punya. Kamu tak perlu lagi membuat CV dalam bentuk .doc, karena profile lengkap-mu di LinkedIn sudah cukup untuk menjual kemampuan diri. Mempunyai akun di LinkedIn juga bisa menjadi nilai plus, karena itu artinya kamu telah terdaftar dalam akun para profesional.

Selain itu, kamu juga bisa berteman dan melakukan koneksi dengan akun suatu perusahaan dan para pejabatnya. Nah, gak jarang mereka akan membuka lowongan di akun LinkedIn resminya. Dengan begitu, kamu tak akan lagi ketinggalan info. Menguntungkan ‘kan?

Advertisement

Selengkapnya bisa kamu cek di sini.

2. Dengan mengikuti situs Jobstreet.com, kamu bisa memonitor seluruh lowongan pekerjaan yang ada di Indonesia dan beberapa negara tetangga.

Ikuti akun jobstreet biar cepet dapet pekerjaan

Ikuti akun jobstreet biar cepet dapet pekerjaan via www.therakyatpost.com

Agar segera mendapatkan pekerjaan, gak ada salahnya kamu bikin akun di jobstreet.com. Situs yang satu ini tak hanya memberikan informasi lowongan pekerjaan yang ada di Indonesia saja, lowongan pekerjaan yang ada di Singapura, Filipina, Malaysia, Vietnam juga bisa kamu lihat.

Jika kamu mengisi kolom akun dengan lengkap dan rinci, maka kamu tak perlu lagi mengirimkan CV saat ingin mengirimkan lamaran di sebuah perusahaan. Hanya dengan mengklik posisi lowongan, kamu bisa langsung apply. Tenang, situs ini gak berbayar kok.

Untuk selengkapnya, kamu bisa cek di sini.

3. Dengan tampilannya yang menarik dan isinya yang akurat, situs jobsDB.com bisa membantumu mendapatkan pekerjaan yang lebih layak.

Ikuti situs http://id.jobsdb.com/id, biar kamu segera mendapatkan pekerjaan

Ikuti situs http://id.jobsdb.com/id, biar kamu segera mendapatkan pekerjaan via 101102109-ebusiness.blogspot.com

Kamu sedang asyik mencari gawean? Jangan lupa untuk ikuti berita lowongan di situs jobsdb.com. Situs ini punya user interface yang menarik sehingga akan memudahkanmu mencari pekerjaan. Kamu bisa memilah lowongan berdasarkan lokasi, gaji, ataupun bidang profesional pilihanmu. Gak jarang beberapa perusahaan secara resmi akan menginformasikan lowongan di situs ini. Dengan sekali membuat akun secara lengkap, kamu bisa langsung apply lowongan pekerjaan yang tersedia. Gampang ‘kan? Dan tenang, situs ini gratis kok.

Untuk selengkapnya, kamu bisa cek di sini.

4. Kesempatan mendapatkan pekerjaan akan semakin besar karena berbagai lowongan dari perusahaan kecil sampai multinasional bisa kamu lihat di situs jobindo.com.

Mendaftar pekerjaan melalui situs

Mendaftar pekerjaan melalui situs via sipshare.blogspot.com

Dalam usaha mencari pekerjaan, kamu tak bisa kalau hanya mengandalkan papan pengumuman atau menunggu ditawari oleh kenalan. Kamu juga harus usaha menjemput bola, dengan cari informasi di website lowongan pekerjaan. Salah satu situs terpercaya bagi para jobseeker adalah jobindo.com. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai jenis lowongan dari perusahaan yang tak terlalu dikenal orang, sampai perusahaan multi internasional.

Hanya dengan mengisi semua kolom identitas diri, CV onlinemu sudah jadi dan kamu bisa langsung melamar ke posisi yang kamu incar. Kamu juga dimudahkan dalam memiliah milah pekerjaan sesuai bidang yang kamu suka. Istimewanya, hanya dengan sekali klik, kamu sudah bisa membagikan pengumuman lowongan pada temanmu.

Untuk selengkapnya, kamu bisa cek di sini.

5. Berburu pekerjaan menjadi lebih menyenangkan, karena karir.com akan memberikan lowongan sesuai yang kamu suka.

Situs untuk jobseeker

Situs untuk jobseeker via sipshare.blogspot.com

Mencari pekerjaan kadang terasa susah saat kamu tak pandai-pandai mencari informasi sebanyak-banyaknya. Nah, agar berburu pekerjaan lebih menyenangkan dan cerdas, kamu bisa mengikuti situs karir.com. Dari sekian banyak lowongan pekerjaan dari perusahaan, kamu bisa dengan mudah mem-filter jenis pekerjaan yang kamu suka. Kamu bisa memilih berdasarkan bidang, penempatan, gaji, hingga jenjang karir yang kamu dambakan.

Hanya dengan mengisi kolom akun di situs ini, kamu bisa langsung mendaftar pekerjaan yang kamu sukai. Mudah dan menyenangkan ‘kan?

Untuk selengkapnya, kamu bisa cek di sini.

6. Situs qerja.com bukan hanya menyediakan info lowongan pekerjaan, review perusahaan dan nominal gaji juga bisa tersedia di sana.

Biar cepet depet kerja, ikuti situs ini

Biar cepet depet kerja, ikuti situs ini via www.techinasia.com

Jika kamu ingin tahu lebih detail tentang suatu jabatan dan atmosfer perusahaan, kamu wajib menjadi pengikut qerja.com. Di situs ini, orang-orang yang telah berpengalaman bekerja akan membagi  informasi soal gaji mereka. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bocoran tentang bagaimana sih kerja di perusahaan A. Jadi, kamu tak perlu menyesal salah mendaftar perusahaan.

Nah, hanya dengan mengisi kolom akun online yang disediakan, CV untuk melamar pekerjaan bisa kamu dapatkan. Sekali-dua kali klik, pekerjaan impian bisa kamu temukan. Mudah ‘kan?

Untuk selengkapnya, kamu bisa cek di sini.

7. Biasanya setiap kampus punya lembaga khusus sebagai penyalur lowongan pekerjaan bagi mahasiswanya. Pastikan kamu mengikuti infomasi di sana ya.

Biar cepet dapet pekerjaan

Biar cepet dapet pekerjaan via jateng.tribunnews.com

Universitas yang baik pasti punya lembaga khusus sebagai penyedia informasi lowongan pekerjaan. Bahkan gak jarang mereka juga menjadi tangan panjang perusahaan untuk merekrut karyawan dari alumninya. Nah, jika kampusmu punya, maka wajib hukumnya untuk mengikuti informasi di dalamnya. Tenang, terkadang lembaga ini juga terbuka bagi alumni kampus lainnya kok.

Jika kamu kuliah di kawasan Bandung atau Jawa Barat, kamu bisa ikuti ITB Career Center. Mereka membuka keanggotaan untuk umum di seluruh Indonesia  kok. Dengan membayar sekitar Rp. 95.000 kamu sudah bisa mendaftar pekerjan yang terpampang di karir.itb.ac.id.

Jika kamu kuliah di kawasan Jogja, kamu bisa ikut menjadi member di ECC UGM. Siapapun, dari universitas mana saja, bisa menjadi anggota di ecc.ft.ugm.ac.id. Disana kamu bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang terpercaya. Selain itu, kamu juga dimudahkan dengan lokasi seleksi yang digelar tak jauh dari kampus yang bersangkutan.

8. Situs perusahaan impian juga tak boleh ketinggalan untuk dipantau. Dengan begitu kamu bisa memastikan kebenaran lowongan yang tercantum di situs umum. Jadi kamu tak akan lagi tertipu.

Ikuti situs perusahaan biar dapet pekerjaan

Ikuti situs perusahaan biar dapet pekerjaan via lokersurakarta.blogspot.com

Selain menjadi member di situs penyedia lowongan pekerjaan, alangkah baiknya kamu juga memantau lowongan di situs perusahaan impian. Mungkin kamu ingin bekerja di BUMN, maka cobalah tilik website resmi mereka. Atau mungkin kamu ingin bekerja di perusahan multinasional, maka bukalah situs mereka. Hal ini untuk memastikan apakan lowongan pekerjaan yang terpampang di situs-situs umum lainnya memang benar adanya. Dengan begitu kamu tak lagi terjerat penipuan. Kamu gak mau ‘kan CV-mu disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab?

Nah, mendapatkan pekerjaan impian memang kadang butuh perjuangan. Selain berdoa, kamu juga kudu bertindak nyata dengan apply pekerjaan melalui situs-situs terpercaya. Dengan begitu, masa depanmu jadi lebih cerah.

Semoga berhasil ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya