Resmi Hadir, Finante.id Akan Bantu Jawab Persoalan Literasi Keuangan

Platform edukasi dan provider sertifikasi keuangan ini mengusung prinsip #FinanceForEveryone

Literasi keuangan di Indonesia masih perlu terus ditingkatkan. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat adanya ketimpangan antara indeks literasi keuangan dengan persentase 38,03% dan inklusi keuangan yang memiliki persentase 78,19%

Advertisement

Adapun upaya-upaya peningkatan tersebut telah dilakukan, dan akan terus digencarkan seperti oleh platform edukasi dan provider sertifikasi keuangan bernama Finante.id yang secara resmi diluncurkan pada Kamis (22/9) di Hotel Kuningan Suites, Jakarta.

Finante.id hadir untuk menjawab berbagai tantangan literasi keuangan di Indonesia

Finante.id adalah platform edukasi dan provider sertifikasi keuangan yang berada di bawah naungan Financial Planning Standards Board (FPSB) Indonesia.

Finante.id dihadirkan untuk merespons ketimpangan seperti dicatat oleh data OJK, sekaligus untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan jasa perencana keuangan yang tersertifikasi.

Advertisement

Diketahui saat ini jasa perencana keuangan yang tersertifikasi masih dinilai kurang, di mana berdasarkan data FPSB Indonesia saat ini hanya ada 2.351 orang perencana keuangan yang tersertifikasi.

Selain itu, CEO dan Founder Finante.id Rista Zwestika mengatakan berdasarkan fakta di lapangan, saat ini perencanaan keuangan masih eksklusif dan terpusat hanya di kota-kota besar saja.

“Di kota-kota kecil, literasi keuangan masih tergolong sangat rendah. Bahkan berdasarkan media Bisnis Indonesia, di ujung timur Indonesia, tingkat literasi keuangan masyarakat juga masih di bawah 30 persen,” kata Rista dikutip dari keterangan tertulis yang Hipwee terima, Jumat (23/9).

Advertisement

Finante.id ingin mempertemukan banyak orang dengan solusi keuangan yang mereka perlukan

| dok. Tangkapan layar/Finante.id

Sebagai jawaban atas berbagai tantangan literasi keuangan yang ada, Finante.id menawarkan beberapa solusi melalui produk dan layanan yang telah disediakan.

Adapun produk dan layanan yang ada di Finante.id di antaranya adalah kelas sertifikasi keuangan AWP®, QWP®, dan CFP®, kemudian ada layanan pembicara keuangan, pelatihan keuangan bagi karyawan, serta konsultasi dan pendampingan keuangan.

Kehadiran Finante.id di tengah-tengah masyarakat Indonesia diharapkan dapat membuat edukasi literasi keuangan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dimulai dari usia sekolah.

Upaya mewujudkan harapan tersebut dapat dilihat dari semangat #FinanceForEveryone yang dibawa Finante.id untuk memberikan solusi dalam perjalanan keuangan masyarakat, yang kemudian akan berdampak bagi menguatnya ekonomi bangsa.

Melalui semangat tersebut, CMO dan Co-FOunder Finante.id Robby Christie menyampaikan tujuan utama Finante.id adalah mempertemukan banyak orang dengan solusi keuangan yang mereka perlukan.

“#FinanceForEveryone adalah apa yang kami percaya menjadi tagline dan filosofi kami dalam membangun Finante.id. Tujuan kami sederhana, kami ingin mempertemukan banyak orang dengan solusi keuangan yang mereka perlukan,” ujar Robby.

Robby menambahkan, dalam memberikan solusi keuangan bagi masyarakat serta mewujudkan semangat #FinanceForEveryone, Finante.id akan dibantu oleh beberapa Perencana Keuangan (CFP) yang memiliki keahlian masing-masing.

Selain itu, ia mengatakan bahwa Finante.id juga akan senantiasa berkolaborasi dengan banyak pihak, baik dari dunia keuangan maupun non-keuangan.

Hadir dalam peluncuran, Chairman FPSB Indonesia Tri Djoko Santoso menyambut baik kehadiran Finante.id. Dengan bergabungnya Finante.id ke dalam dunia bisnis perancana keuangan, ia berharap peningkatan literasi keuangan dapat terbantu.

“Saya ucapkan selamat kepada Rista dan tim atas terbentuknya Finante.id. Semoga dengan adanya Finante ini dapat membantu meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia,” kata Tri.

Buat kamu yang tertarik meningkatkan literasi keuangan dan serba-serbi perancanaan keuangan, informasi lebih lanjut mengenai Finante.id dapat diakses melalui https://finante.id/.

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE