7 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan Saat Pandemi

Nggak terasa sudah satu tahun lebih berlalu sejak adanya pandemi. Nggak terasa juga, bulan Ramadan kali ini kita ternyata masih ada dalam keadaan yang tak jauh berbeda dari puasa di tahun sebelumnya.

Advertisement

Tinggal beberapa hari lagi bulan tersebut akan datang, setiap orang menyambutnya dengan cara yang berbeda. Selain banyaknya pintu pahala yang terbuka, bulan Ramadhan ini juga menjadi berkah bagi sebagian orang secara ekonomi karena makin banyak peluang usaha yang menjanjikan.

Mungkin kamu juga salah satu yang akan mendapatkan berkah tersebut melalui sebuah bisnis baru. Jika masih bingung bisnis seperti apa yang bisa dimulai, maka kamu bisa mempertimbangkan beberapa pilihan berikut ini. Simak sampai habis ya!

Peluang Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan Saat Pandemi

1. Usaha katering untuk sahur dan buka

Mereka yang sibuk mungkin tak sempat memasak dan malas makan di luar karena sedang pandemi, sedangkan jika pesan antar terus-terusan biasanya akan lebih boros. Makanya, katering akan menjadi salah satu pilihan yang pas untuk si sibuk ini.

Advertisement

Untuk promosi, kamu bisa membuat sampel makanan dulu untuk dicicipi, jadi pastikan makanan yang dibuat benar-benar enak supaya banyak yang berminat. Usaha ini akan cenderung lebih laku jika dijual di kawasan indekos atau dekat perkantoran karena memiliki target pasar mereka yang sibuk bekerja.

2. Usaha minuman manis yang menyegarkan

peluang usaha bulan ramadhan saat pandemi

Es buah/ Credit: Aris Setya on Deposit Photos via depositphotos.com

Berbukalah dengan yang manis

Advertisement

Akan tetapi, sebagai warga yang tinggal di kawasan tropis rasanya banyak yang ingin meminum sesuatu yang tak hanya manis tapi juga menyegarkan untuk berbuka puasa. Berbagai minuman khas berbuka dari kolak pisang, es cendol, sup buah, jus, bahkan es teh semua bisa disediakan. Modal yang diperlukan untuk usaha yang satu ini biasanya juga sedikit lo.

3. Usaha Takjil

Tak hanya minuman yang menyegarkan, orang-orang akan mencari takjil untuk berbuka. Mulai dari kurma hingga gorengan akan cocok dijual. Kalaupun tak bisa memproduksi sendiri, kamu bisa kok mengambilnya dari produksi orang lain. Putuskan dulu di mana tempatmu menjualnya, apakah menyewa tempat atau justru dipasarkan secara online dan hanya menyediakan pesanan saja.

4. Usaha baju muslim dan perlengkapan ibadah yang baru

Mungkin sudah banyak orang yang berjualan hijab atau pakaian muslim, namun kamu bisa melakukan inovasi supaya produkmu berbeda dan lebih menarik. Bahkan kamu juga bisa menciptakan sebuah tren baru yang biasanya berubah-ubah setiap tahunnya lo, caranya dengan melakukan endorse terhadap influencer yang memiliki pengaruh tinggi.

Akan tetapi, modal untu produksi maupuan marketing yang satu ini juga cukup tinggi sehingga harus disesuaikan dulu dengan modal yang kamu punya. Pun, kalau belum punya banyak modal, ada alternatif untuk memulai yaitu dengan menjadi reseller atau dropshipper.

5. Usaha jasa bersih-bersih atau laundry

Saat masih harus bekerja, pekerjaan rumah termasuk mencuci mungkin ada saja yang menghindari. Mereka akan lebih memilih untuk menyisihkan uang asal terima beres. Nah, peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan menjadi penyedia jasa tersebut.

Agar lebih menarik, kamu juga bisa membuat promo khusus saat puasa misalnya dengan mengantar dan menjemput laundry. Jangan lupa sudah menghitung biayanya dan memasukkan ke perhitungan agar tetap untung ya.

6. Usaha servis dan cuci kendaraan

peluang usaha bulan ramadhan saat pandemi

Servis kendaraan/ Credit: zhrezem on Deposit Photos via depositphotos.com

Orang-orang juga cenderung malas untuk mencuci kendaraan sendiri ketika bulan Ramadan, makanya jasa ini akan sering dicari. Akan tetapi, sampai situ saja nggak cukup. Mereka biasanya juga malas mendatangi tempat servis dan harus menunggu lama di sana sehingga jasa panggilan yang bisa datang ke rumah akan lebih diminati di bulan-bulan ini.

7. Usaha jasa jahit

Coba deh kamu ngobrol dengan teman atau tetanggamu yang sudah terkenal menjadi seorang penjahit, biasanya mereka akan mengatakan bahwa pesanannya sudah penuh saat memasuk bulan Ramadan hingga lebaran begini.

Pasalnya orang lebih senang membayar untuk baju yang sesuai dengan ukuran dan model yang disuka yang nggak bisa didapatkan saat beli jadi. Makanya kalau kamu punya hobi yang satu ini sepertinya peluang bisnis membuka jasa jahit bisa dipertimbangkan.

Mumpung masih ada waktu, kamu bisa mulai mempersiapkan beberapa ide usaha bisnis untuk bulan Ramadan tersebut. Pilih yang modalnya sesuai dan cocok dengan kemampuan yang dimiliki serta target pasar ya.

Jika masih bekerja full time juga, pastikan bisnis dan pekerjaan nggak saling mengganggu satu sama lain, biar ibadah juga tetap bisa aman.

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE