8 Peluang Usaha yang Bisa Dijajal di Tengah Pandemi Corona. Sedikit-sedikit Tambah Pemasukan

Ide usaha saat pandemi corona

Sejak diberlakukannya social distancing di pertengahan Maret lalu, sebagian besar aktivitas bisnis dan ekonomi lumpuh. Tak hanya karyawan yang di-PHK, banyak pedagang mengeluh jualan mereka sepi pembeli dan tak laku. Akhirnya, nggak sedikit usaha atau bisnis yang memutuskan untuk tutup sementara atau bahkan gulung tikar.

Advertisement

Sementara itu, ada beberapa jenis usaha yang justru kian laris manis di tengah pandemi corona seperti sekarang ini. Jika kamu ingin tetap mendapatkan pemasukan yang cukup selama social distancing — yang belum tahu kapan berakhirnya, mungkin bisa mencoba peruntungan di beberapa usaha berikut.

1. Mumpung semua lini masyarakat dianjurkan untuk pakai tanpa terkecuali,  jualan masker kain jadi salah satu usaha paling menguntungkan saat ini

jual masker kain tiga lapis via nasional.okezone.com

Kalau mau aman, ambil stok masker untuk dijual dari distributor resmi. Jahit sendiri pakai mesin boleh (kalau memungkinkan dan ada pengalaman), tapi tetap perhatikan kain yang dipakai. Biar efektif, masker kain mesti dibuat tiga lapis; lapis satu dan dua bisa pakai bahan katun 100%, lapis ketiga menggunakan kain sarung bantal.

2. Karena masyarakat diimbau untuk nggak keluar rumah, peluang untuk berjualan sayur dan buah juga patut dicoba. Keliling atau via online prospek semua!

jual sayur buah online via marketeers.com

Meski kamu bisa menjajakan sayurmu berkeliling rumah warga, memasarkan sayur dan buah secara online juga akan lebih efektif dan aman. Ambil stok sayur dan buah langsung dari petaninya supaya lebih hemat. Kalau nggak ada kurir, kamu bisa memanfaatkan jasa pengiriman online untuk mengantarkan pesanannya.

Advertisement

3. Kalau punya skill masak dan ada cukup waktu, bisa buka katering harian

buka katering harian via m.tribunnews.com

Diminta untuk nggak mudik, padahal warung-warung sekitar lingkungan kos-kosan mulai banyak yang tutup karena sepi pembeli. Manfaatkan momen ini untuk menjadikan anak kos sebagai target pasar katering harian. Biasanya sih laris, soalnya nggak semua kos-kosan punya peralatan masak.

4. Bisa juga jualan jamu, empon-empon, atau rempah-rempah mumpung lagi banyak dicari orang

jual empon atau jamu via jogjapolitan.harianjogja.com

Harganya memang lagi naik, tapi peluang usaha ini tetap menghasilkan rupiah mengingat konsumsi jamu herbal saat ini tenggah meningkat. Kalau nggak mau repot, beli jadi saja di distributor baik pedagang pasar tradisional maupun UMKM.

5. Frozen food juga dijadikan satu ide produk yang bisa dijual di tengah masa social distancing

jual frozen food via www.blanja.com

Karena cukup tahan lama, beberapa orang memilih untuk beli frozen food supaya bisa dijadikan stok lauk di rumahnya. Jenis frozen food yang cukup laris di antaranya ialah nugget ayam, risol mayo, dan stik kentang goreng.

Advertisement

6. Atau, kamu bisa jualan madu murni yang stoknya diambil dari distributor madu asli terpercaya

jual madu murni via www.tokopedia.com

Karena bisa meningkatkan imunitas, banyak juga orang-orang yang mulai mengonsumsi madu. Meski bisa dijadikan peluang usaha, kamu mesti pintar-pintar memilih distributor. Takutnya, malah ditipu dan dapat madu yang nggak murni.

7. Untuk mengatasi kerinduan kafein para pecinta kopi, coba saja jual cold brew

jual kopi via makankeliling.com

Beda dengan kopi pada umumnya, cold brew justru diseduh menggunakan air dingin atau bersuhu ruang selama 12 hingga 24 jam untuk menghasilkan konsentrat kopi. Ada beberapa yang suka minum cold brew langsung, tapi ini juga bisa dijadikan base dengan menambahkan gula dan susu.

8. Mumpung sebentar lagi bulan puasa, jualan kurma bisa jadi bakal laris manis

jual kurma via travel.kompas.com

Hampir sama dengan sayuran dan buah-buahan, kurma bisa kamu pasarkan secara online atau kamu tawarkan langsung ke tetangga sekitar rumah lewat chat grup. Biasanya ibu-ibu bakal tertarik buat beli mengingat beberapa minggu lagi sudah masuk bulan puasa.

Ketika ekonomi lagi sulit, kita kudu pintar memutar otak supaya penghasilan tetap ada dan nggak mengganggu keuangan keluarga. Daripada mengeluh, mending coba peluang usaha di atas. Barangkali malah rezeki kamu di situ, kan siapa yang tahu. Pokoknya dapur harus tetap ngebul~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE