“Kok kamu pulang teng-go melulu sih?”

“Lah, emang kerjaan udah beres. Ngapain lama-lama di kantor?”

Teng-go, atau begitu ‘teng’ jam pulang langsung ‘go’ alias pulang tepat waktu, seringnya masih dilakukan malu-malu oleh kamu dan teman-temanmu. Alasannya, nggak enak dengan yang lain, atau nggak enak sama bos. Atau yang paling konkrit: kerjaan belum beres nih.

Jam kerja normal di Indonesia adalah 8 jam, mulai dari jam 9 sampai jam 5 atau dari jam 8 sampai jam 4. Tapi banyak juga yang 9-5 nya berubah menjadi 9-9. Entah itu karena alasan pekerjaan, atau kamu memang terlalu nyaman di kantor dan nggak pengin cepat pulang. Tapi sekarang Hipwee akan share manfaat pulang teng-go, biar kamu tahu kalau pulang tepat waktu juga perlu.

1. Pulang teng-go bisa membuatmu lebih kreatif. Karena kamu masih punya waktu untuk melakukan hobi atau hal lainnya di luar pekerjaanmu

Masih bisa mengembangkan hobi via www.tumblr.com

Jika begitu Teng kamu langsung Go Home, kamu akan sampai rumah lebih cepat. Dengan waktu yang masih ada, kamu bisa melakukan hal-hal lain yang bermanfaat. Jika kamu punya hobi atau minat lain di luar pekerjaan, kamu masih punya waktu untuk mengembangkannya. Atau kalau pekerjaanmu adalah sekaligus hobimu, kamu masih bisa berolahraga atau refreshing dengan hal-hal lain sepulangmu dari kerja. Banyak hal yang masih bisa kamu lakukan bila kamu nggak pulang kantor kemalaman.

2. Pulang teng-go akan melatih disiplinmu. Semakin kamu ingin teng-go, semakin kamu ingin menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu

Advertisement

Membiasakan disiplin via mashable.com

Dengan membiasakan diri pulang teng-go, kamu juga akan membiasakan dirimu untuk disiplin terhadap waktu. Supaya kamu bisa pulang teng-go, kamu harus menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu. Karena kalau pekerjaanmu hari itu belum beres, memang nggak enak kalau mau pulang dulu. Karena itulah, kamu nggak akan membuang-buang waktu kerjamu untuk hal-hal yang nggak perlu dan fokus menyelesaikan pekerjaanmu. Dengan begitu, produktivitasmu juga akan meningkat dengan sendirinya.

3. Waktu dengan keluarga lebih banyak. Bagaimana pun mereka juga membutuhkanmu

Masih sempat makan malam bareng keluarga via ladygeekgirl.wordpress.com

Nggak bisa disangkal, kalau pulang teng-go akan memberimu waktu lebih banyak dengan keluarga. Biasanya kamu pulang sudah larut malam, tubuhmu lelah bukan kepalang, keluargamu juga sudah tidur sebagian. Jika kamu pulang tepat waktu, kamu masih bisa ngobrol-ngobrol dan bercengkerama dengan keluarga. Saling bertukar cerita dan melepas lelah penat bekerja.

4. Pergaulanmu semakin luas, karena kamu punya hidup di luar kantor yang kamu jalani dengan pantas

masih bisa pacaran ;p via www.nytimes.com

Jam pulang kerjamu juga mempengaruhi relasimu dengan orang lain. Bila kamu kebanyakan lembur, berangkat pagi-pagi dan pulang malam hari, kamu nggak akan punya waktu untuk bersosialisi. Kalau begitu terus, kapan kamu menambah link? Kapan kamu menambah teman? Dan kapan kamu menemukan…jodoh? Nah makanya, biar jodohmu nggak terlambat datang, biasakan pulang teng-go. Biar kamu punya waktu untuk bertemu dengan orang-orang lain di luar kantor. Setuju?

5. Lembur melulu akan membuatmu disayang atasan? No no! Pulang teng-go dengan pekerjaan yang selesai tepat waktu justru tanda kamu karyawan yang wajib ditiru

Bos jadi senang kalau pekerjaan selesai tepat waktu via girlyworld4girls.blogspot.co.id

Katanya kalau selalu pulang paling akhir menunjukkan bahwa kamu sangat cinta dan berdedikasi tinggi untuk perusahaan. Dengan begitu kamu akan jadi kesayangan atasan, dan promosi lebih cepat akan kamu dapatkan. No No. Alasan pulang terlambat ada banyak, yang paling sering tentunya pekerjaan yang belum selesai. Pulang teng-go justru bisa menjadi tanda bahwa kamu karyawan yang produktif. Kamu berhasil menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu, sehingga esok hari, kamu sudah siap dengan tugas-tugas yang baru.

6. Pulang tepat waktu juga akan bermanfaat untuk kesehatanmu. Tubuhmu juga berhak untuk istirahat dengan layak

Lebih sehat via notable.ca

Selain membiasakan hidup disiplin, pulang teng-go juga akan mengurangi tingkat kestresanmu. Berada di kantor terlalu lama dengan pekerjaan yang luar biasa banyaknya pasti akan membuatmu tertekan. Keduanya tentu punya pengaruh yang signifikan untuk kesehatan tubuhmu. Beristirahat secara cukup dan layak, serta meredam stres akan membuat hidupmu lebih sehat.

Sesekali bila memang diharuskan, lembur memang perlu. Tapi selain tubuhmu juga berhak untuk istirahat dengan layak, pulang kerja tepat waktu juga memberikan banyak keuntungan bagimu. Kehidupan luar kantor yang berkembang adalah tanda bahwa kamu cukup menyanyangi dirimu sendiri untuk tidak menghabiskan hidupmu di kantor saja. Karena semuanya harus seimbang bukan? 🙂