Meski Ribet, Ini Alasan Hakiki Kenapa Usaha Kecil Wajib Urus Surat Izin dan Legalitas Usaha

Jasa urus surat izin usaha Transec

Segala hal yang berkaitan dengan mengurus surat atau dokumen legal tuh emang biasanya bikin kepala pusing tujuh keliling. Dari antri panjang di hari kerja dan menyiapkan berbagai kelengkapan, pengurusan dokumen legal tuh memang biasanya jauh dari kata ‘simpel’. Alhasil, meski penting dan wajib, banyak banget orang yang malas mengurusnya. Termasuk pengurusan surat izin usaha bagi pemilik usaha.

Advertisement

Karena merasa ribet, ternyata banyak pemilik usaha malas dan tidak mengurus surat izin usaha atau kelengkapan legal bisnis lainnya. Padahal legalitas dan izin usaha itu penting banget untuk kemajuan bisnis ke depannya. Kalau kamu mau bisnismu berkembang tambah besar, urusan legal itu hukumnya wajib. Nah, bagi tim anti-ribet, sebenarnya ada lo jasa layanan yang bisa membantu pemilik usaha mikro, kecil atau menengah untuk mengurus surat izin dan legalitas. Biar lebih paham lagi, yuk kupas tuntas bareng-bareng!

Pertama-tama, memiliki surat izin usaha jelas berarti mendapat pengakuan dan posisi legal di mata pemerintah

Alasan utama kenapa kamu yang punya usaha harus mengurus surat izin usaha: ya supaya diakui secara legal di hadapan hukum dan negara. Hal ini jelas penting jika kamu berharap usahamu akan terus berkembang baik dalam skala nasional atau bahkan internasional. Status legal ini tentu saja diperlukan untuk berbagai urusan operasional sehari-hari. Dari menentukan tipe usahamu termasuk mikro, kecil, atau menengah, sampai jika harus berurusan dan berkerja sama dengan pihak ketiga. Belum lagi jika tersandung masalah, posisi legal yang lemah bisa jadi sumber masalah berkepanjangan.

Lalu, perihal akses pembiayaan. Jika memiliki legalitas, pemilik usaha akan lebih mudah mendapatkan tambahan modal atau pinjaman usaha

Lagi-lagi, apabila memiliki mimpi besar untuk mengembangkan usaha, kamu akan membutuhkan modal dan pembiayaan yang (semakin) besar pula. Jumlah yang pasti kamu tidak bisa penuhi dari kantongmu sendiri. Nah, legalitas usaha akan berperan sangat penting dalam memudahkanmu mendapat akses pembiayaan baik dari bank, investor, atau pihak-pihak lainnya. Jika status usahamu tidak jelas atau tidak terdaftar, mendapatkan pembiayaan akan sangat sulit.

Advertisement

Akses terhadap pendampingan dan suntikan dana dari pemerintah juga lebih lancar. Terlebih lagi dengan gencarnya program bantuan dan pembimbingan UMKM di masa pandemi ini

Salah satu kesempatan yang akan hilang jika belum mengurus surat izin usaha atau legalitas usaha adalah kesempatan mendapat bantuan dan pendampingan dari pemerintah. Dari yang berupa insentif, stimulus, sampai berbagai program pendampingan resmi dari pemerintah, biasanya akan hanya bisa diikuti oleh usaha kecil atau menengah yang sudah berbadan hukum. Maka dari itu, pengurusan surat izin usaha atau kelengkapan legal lainnya itu worth banget untuk pengembangan usaha.

Nah, kalau kamu masih bingung, tidak tahu mulai dari mana atau tidak mau ribet, coba deh pakai layanan jasa keren dari Transec. Transec adalah badan jasa yang membantu pemilik usaha, baik orang lokal maupun asing, mengurus keseluruhan urusan legalitas dan perizinan usaha. Dari mengurus dan menerjemahkan dokumen legal seperti perjanjian atau akta notaris dari bahasa Inggris ke Indonesia serta sebaliknya, sampai membantu usaha kecil dan menengah yang kesulitan memahami peraturan usaha atau bisnis. Buat yang tertarik bisa dicek di akun Instagram mereka @transec.id ya~

Advertisement

Artikel ini adalah bagian series#HipweeDukungUMKM. Program spesial Hipwee untuk mendukung usaha mikro kecil menengah yang sedang merintis jalannya menuju kesuksesan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE