Bekerja merupakan salah satu tuntutan ketika kita sudah beranjak dewasa. Hal ini merupakan perwujudan sikap tanggung jawab terhadap diri kita sendiri. Namun, seringnya manusia dewasa justru terjebak ke dalam pekerjaan yang membosankan dan perusahaan yang memang ‘tidak sehat’ untuk bekerja.

Untuk mengetahui apakah tempat kerjamu merupakan tempat yang ‘sehat’ untuk berkarya, coba cek dulu apakah 10 hal ini sudah kamu rasa?

1. Tiap kali hasil kerjamu ada kesalahan, selalu ada evaluasi maupun koreksi jelas yang diberikan oleh atasan.

perusahaan yang baik

perusahaan yang baik via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Tentu sebagai seorang pekerja terkadang hasil pekerjaan kita memang tak selalu sempurna. Ada satu dua pekerjaan yang mungkin butuh beberapa revisi. Jika memang kamu bekerja di perusahaan yang selalu mendukung perkembangan para karyawan, maka atasanmu tak hanya gemar memojokkan dan menyalahkan hasil kerjamu saja.

Namun, mereka akan dengan senang hati menunjukkan letak kesalahanmu dan mau membimbingmu untuk mengoreksinya. Dengan begini kamu jadi bisa belajar dan meminimalisir kemungkinan untuk mengulangi kesalahan yang serupa.

2. Kamu diberi kesempatan untuk mengutarakan pendapat dan ide yang ada di kepala. Bahkan, kamu diberikan kepercayaan untuk mengeksplore skill yang dipunya.

perusahaan yang baik

perusahaan yang baik via www.theguardian.com

Jika memang perusahaan tempatmu bekerja merupakan tempat yang tepat untuk berkarya, maka mereka akan memperlakukanmu sebagai seorang manusia dan bukan sebagai robot pekerja. Kamu selalu diberi kesempatan untuk mengutarakan pendapat dan diperbolehkan untuk menyumbangkan ide yang ada di kepala.

Advertisement

Tak sampai di situ saja, kamu pun juga akan diberikan kepercayaan penuh untuk mengembangkan skill yang dipunya. Bahkan, pihak perusahaan tak segan untuk memfasilitasi supaya skillmu ini bisa makin berkembang.

3. Kamu selalu merasa bersemangat tiap kali berangkat ke tempat kerja. Di sana selalu tersedia tantangan yang menunggu untuk dituntaskan.

perusahaan yang baik

perusahaan yang baik via www.huffingtonpost.com

Bekerja selalu membuatmu merasa semangat. Kamu merasa selalu ada tantangan yang menunggu untuk dituntaskan. Walaupun pekerjaan yang kamu lakoni hampir sama tiap harinya, namun kamu merasa selalu ada kepuasan tersendiri tiap kali menyelesaikannya.

4. Perusahaan memiliki sistem yang jelas dan tertata. Sehingga hal ini tak membuat rugi para karyawannya.

perusahaan yang baik

perusahaan yang baik via newsroom.scania.com

Perusahaan yang baik merupakan perusahaan yang memiliki sistem yang rapi dan tertata. Mereka tak akan memberikan target maupun beban kerja yang mustahil untuk dipenuhi. Selain itu, sistem kerja yang diberlakukan juga jelas. Mulai dari jam kerja, perhitungan gaji, hingga bonus. Perusahaan pun tak akan segan memberikan reward bagi karyawannya yang giat bekerja.

5. Sistem jenjang karir jelas dan terbuka, hal ini tentunya bisa jadi pemicu utama kemajuan karir tiap pekerja.

perusahaan yang baik

perusahaan yang baik via www.infinitive.com

Selain memiliki sistem yang rapi dan tertata, perusahaan yang baik juga memiliki jenjang karir yang jelas. Hal ini tentu saja bisa menjadi pemicu para karyawan untuk bekerja secara maksimal. Selain itu, mereka juga tak akan merasa hasil kerja kerasnya terbuang sia-sia karena ada reward berupa kenaikan jabatan dan upah bagi mereka yang benar-benar giat.

6. Tak hanya menuntut kinerja, perusahaan juga selalu berusaha memfasilitasi para pekerjanya. Mulai dari pemenuhan segala fasilitas kantor hingga kegiatan outing berkala.

perusahaan yang baik

perusahaan yang baik via mashable.com

Tak melulu menuntut para karyawan untuk memenuhi target ini itu, perusahaan yang baik juga memfasilitasi para pekerjanya. Dari mulai memberikan fasilitas yang memadai di tempat kerja hingga menyelenggarakan outing secara berkala. Tentu saja hal ini tak hanya akan mempererat jalinan yang ada di antara para karyawan, namun tanpa disadari hal ini juga mampu merefresh para karyawan sehingga mereka bisa bekerja lebih optimal.

7. Kamu merasa bekerja untuk satu tujuan ‘besar’. Ini membuat kamu bisa bertahan di tengah semua gempuran.

perusahaan yang baik

perusahaan yang baik via www.huffingtonpost.com

Kamu percaya bekerja di perusahaan ini tak membuang waktumu. Kamu meyakini benar bahwa selain mencari pundi rupiah tiap bulan, ada tujuan lain di baliknya. Tak hanya sesederhana untuk memenuhi kebutuhan bulanan, namun kamu percaya bahwa bekerja di perusahaan ini merupakan kesempatan emas untuk mengembangkan diri. Keyakinilah yang pada akhirnya membuatmu tangguh dan mampu bertahan menghadapi setiap gempuran.

8. Teman-teman kerja selalu membuatmu bersemangat. Tak hanya menyenangkan, mereka juga merupakan partner baik untuk mengembangkan diri bersama.

perusahaan yang baik

perusahaan yang baik via academicnexus.com

Tak hanya perusahaan saja yang membuatmu nyaman bekerja, namun teman-teman kerjamu juga selalu membuatmu semangat setiap harinya. Mereka tak hanya menyenangkan, namun juga merupakan partner baik untuk mengembangkan diri bersama. Alih-alih saling menjatuhkan, kamu dan mereka justru saling membantu supaya kalian bisa berdiri di puncak kesuksesan bersama.

9. Kamu merasa ‘tumbuh’ bersama perusahaan. Di sini kamu tak cuma bekerja, tapi juga membangun sesuatu yang besar bersama.

perusahaan yang baik

perusahaan yang baik via www.theoutsourcedaccountant.com.au

Sesungguhnya kamu merasa tak hanya perusahaan yang tumbuh semakin baik ke depannya, namun kamu juga merasakan hal yang sama. Kamu merasa kamu adalah bagian penting dari kemajuan perusahaan. Oleh sebab itulah di sini kamu merasa tak hanya sekedar bekerja, namun juga membangun sesuatu yang besar bersama.

10. Di akhir hari, kamu meyakini benar bahwa menghabiskan banyak waktu di tempat kerja bukan merupakan hal yang sia-sia. Kamu selalu merasa ada ilmu serta skill baru yang bisa dipetik tiap harinya.

perusahaan yang baik

perusahaan yang baik via dfsortmaster.blogspot.com

Kepuasan yang kamu dapat tak hanya melulu mengenai gaji yang didapat tiap bulan maupun karena berhasil menyelesaikan target tepat waktunya. Namun, kamu selalu merasa bahwa selalu ada wawasan maupun kemampuan baru yang didapat tiap kali pergi ke tempat kerja.

Jadi, apakah kamu yakin tempatmu bekerja sekarang ini merupakan tempat yang tepat untuk berkembang? Sudahkah 10 hal tadi kamu rasakan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya