“Siapa sih yang tidak ingin sukses secara finansial?”

Memiliki kondisi keuangan yang mapan tentu menjadi keinginan banyak orang. Khususnya bagi anak muda, tentu bangga rasanya jika bisa mengatur perkara finansial secara profesional.

Yup, memiliki skill mengatur keuangan dengan baik jelas memberi banyak keuntungan. Mulai dari menghindari kehabisan uang sebelum waktu gajian datang, selalu punya tabungan yang bisa diandalkan, hingga kesempatan berinvestasi.

Nah, kalau biasanya Hipwee memberi tips tentang bagaimana cara mengatur uang yang baik, kali yang diulas adalah ciri-ciri kalian anak muda yang menajemen keuangannya terkendali. Mau tahu apa saja cirinya? Simak di artikel ini, ya!

1. Bagimu, menabung tak lagi terasa memberatkan. Kamu mengerti betapa pentingnya menyimpan dana cadangan

menabung adalah keharusan via www.women2.com

Advertisement

Salah satu ciri orang yang punya manajemen keuangan baik adalah kesadarannya untuk menyisihkan uang. Sekecil apapun gaji yang diterimanya, dia selalu tahu bahwa menabung adalah kebiasaan yang akan membawa banyak keuntungan. Dengan memiliki tabungan itu artinya ada pos-pos uang yang bisa digunakan untuk membiayai berbagai keperluan yang memang dibutuhkan.

Selain itu, terbiasa menyisihkan uang secara otomatis akan berimbas pada gaya hidup yang dijalani. Dia akan berusaha untuk menyesuaikan gaya hidup dengan uang yang dimilikinya. Jadi, kalau sekarang ini kamu adalah tipe orang yang selalu taat dengan kebiasaan menabung maka itu artinya kamu punya kemampuan mengelola keuangan dengan baik.

2. Setiap pengeluaran akan dipertimbangkan matang-matang. Kamu paling tahu caranya memanfaatkan tiap rupiah dengan maksimal

memanfaatkan uang secara maksimal via states.aarp.org

Tidak hanya tahu strategi mengatur uang agar tetap bisa menabung, tapi dengan kemampuan mengatur keuangan yang baik kamu pun mengerti bagaimana caranya mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan uangmu. Misalnya ketika akan memilih tempat kost, kamu tidak hanya memilih kost dengan harga murah saja, tetapi juga memperhitungkan keuntungan lainnya.

Harga kost yang murah memang menggiurkan, tapi apalah artinya jika letaknya terlalu jauh dari kantormu. Akumulasi biaya transport atau bensin yang harus dikeluarkan bisa jadi jauh membengkak sehingga sama saja jika kamu memilih kost yang berharga mahal. Nah, berdasarkan perhitungan ini, kamu yang punya perencanaan matang soal keuangan akan lebih memilih kost lebih mahal namun letaknya dekat dengan kantor sehingga kamu bisa menghemat biaya transportasi.

3. Kamu setuju dengan ungkapan “waktu adalah uang”. Saat orang lain malas-malasan di akhir pekan, kamu memilih sibuk mengurus bisnis sampingan

time is money via hot.yukbisnis.com

Mereka yang pintar mengelola uangnya juga termasuk orang yang akan sangat menghargai waktu yang dipunyai. Baginya, waktu adalah investasi guna menghasilkan sesuatu yang akan memberi manfaat di kemudian hari. Membiarkan waktu terbuang sia-sia adalah hal yang haram dilakukan. Daripada bermalas-malasan, dia akan berusaha memanfaatkan akhir pekan untuk mengembangkan bisnis atau usaha sampingan yang bisa menghasilkan.

Jika orang lain akan pergi ke mall atau memilih tidur seharian, dia pun mungkin akan melakukan hal yang sama. Tapi pergi ke mall bukan sekadar nongkrong atau belanja, dia justru memanfaatkan waktu untuk bertemu kolega atau teman-teman yang punya minat berbisnis yang sama. Dia berusaha untuk menangkap peluang dan mencari kesempatan yang mungkin akan menambah pundi-pundi rupiahnya.

4. Kebiasaan merenung dan berkhayal tak harus dihindari. Cara inilah yang justru membuatmu semakin semangat memacu diri

bermimpi terus via hot.yukbisnis.com

“Aku ingin punya perusahaan sendiri di usia 40-an nanti”

“Aku gak mau jadi karyawan selamanya, makanya sekarang harus rajin nabung supaya bisa bikin restoran sendiri”

Mendengar kalimat-kalimat itu keluar dari mulutmu yang saat ini masih jadi karyawan dengan gaji 2 jutaan mungkin membuat teman-temanmu tertawa. Mungkin mereka akan menanggapi dengan sinis lantaran gaji yang minim sudah pasti habis untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup sehari-hari.

Tapi sesinis apapun pandangan mereka soal mimpimu, hal tersebut tidak akan membuat semangatmu surut. Kamu adalah pribadi yang tidak pernah lelah untuk bermimpi. Mimpi dan khayalan yang ada di kepalamu justru ibarat cambuk yang memberimu semangat untuk semakin keras berusaha agar bisa mewujudkannya.

5. Kamu setuju bahwa anak muda yang pintar mengatur keuangan bukan berarti tak boleh bersenang-senang

tetap happy via twitter.com

Meniti kesuksesan memang membutuhkan pengorbanan yang terkadang terasa berat. Tapi, bukan berarti hari-harimu harus diisi dengan kesedihan ‘kan? Demi bisa sukses secara finansial kamu tak harus membuat dirimu sendiri merasa tertekan. Carilah cara bersenang-senang yang tanpa perlu menghamburkan uang. Untuk kamu yang suka berpetualang, tetap jalani hobi tersebut dengan cara memilih destinasi-destinasi wisata yang sekiranya bersahabat dengan kantungmu.

Sementara jika hobimu adalah membaca, cobalah pergi ke perpustakaan kota demi memuaskan hasratmu membaca buku-buku terbaru. Yang pati, kesuksesan secara finansial memang harus dijalani dengan perjuangan. Tapi perkara akan menjalaninya dengan cara seperti apa, kamulah yang berhak menentukannya.

6. Menghamburkan uang adalah hal yang haram dilakukan. Kamu hanya membeli apa dibutuhkan, bukan sekadar menuruti nafsu dan keinginan

beli barang yang perlu saja! via www.lifehack.org

Punya ponsel seri terbaru dengan aplikasi terjitu memang menyenangkan. Tidak hanya bisa menunjang kegiatan sehari-hari, punya smartphone seperti ini juga bisa menaikkan gengsi. Tak bisa dipungkiri, saat ini banyak orang yang terjebak membeli sebuah barang hanya memuaskan keinginan semata. Padahal jika dipikir-pikir lagi, barang yang dibeli mungkin sebenarnya tak seberapa dibutuhkan.

Kondisi-kondisi seperti inilah yang tidak terjadi pada orang yang pintar mengatur keuangan. Mengalokasikan dana untuk membeli barang yang memang dibutuhkan adalah prioritas mereka. Orang-orang seperti ini tidak ingin terjebak pada trend atau lifestyle seperti kebanyakan orang. Perkara manfaat, alasan, dan keuntungan membeli sebuah barang akan matang-matang dipikirkan terlebih dahulu.

7. Rajin mencatat pengeluaran adalah tanda yang paling kentara ketika seseorang bisa bersikap dewasa mengatur keuangannya

catat pengeluaran via www.askmen.com

Tentu akan terasa merepotkan mencatat setiap pengeluaran. Kamu jadi butuh waktu dan tenaga ekstra untuk secara konsisten melakukan hal tersebut. Tapi meski terasa sedikit menyulitkan, membukukan keluar-masuknya uang adalah kebiasaan baik yang akan membuatmu lebih mudah mengatur keuangan.

Cobalah mulai hari ini mencatat pengeluaran harianmu. Mulai dari uang makan, bensin, parkir, bayar tagihan listrik, hingga berbagai kebutuhan lainnya. Dengan mencatat, kamu bisa tahu persis besaran pengeluaran yang selama ini kamu lakukan. Kamu pun tidak akan kesulitan jika ingin berhemat dan memangkas pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

8. Tak cukup dengan menabung, kamu pun mengerti betapa pentingnya berinvestasi demi kehidupan yang lebih baik di masa depan nanti

Tanda lainnya yang juga dimiliki oleh seseorang yang punya manajemen keuangan yang baik adalah kesadarannya untuk melakukan investasi. Mereka sadar betul bahwa dengan memiliki investasi berupa tanah, deposito, hingga dana asuransi kelak akan membawa keuntungan di masa depan.

Selain itu, berinvestasi juga akan sangat bermanfaat untuk kehidupan di masa tuamu kelak. Jadi, jika di usiamu yang sekarang ini kamu sudah punya investasi atau sekadar merencanakan investasi, kamu sah masuk golongan anak muda yang tahu caranya mengelola keuangan.

Nah, itu tadi 8 tanda yang dimiliki oleh anak-anak muda yang pintar mengatur keuangannya. Apakah kamu termasuk salah satu dari mereka?