Kuliah merupakan jenjang pendidikan tertinggi yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang anak. Tentunya untuk ini, biaya yang perlu dianggarkan oleh orangtuamu tidak sedikit. Dari mulai biaya gedung universitas, uang semester, uang sewa kamar kost, hingga kebutuhan bulananmu yang harus tercukupkan selama paling tidak 4 tahun. Bukan hal aneh lagi jika orangtuamu sudah menabung sejak dulu untuk biaya kuliahmu.

Sebenarnya kamu bisa juga membantu orangtua dengan meringankan biaya kuliahmu sendiri. Jika saat ini kamu sedang atau akan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah, kamu bisa melakoni cara-cara jitu ini. Ini juga tahap untuk menempa diri supaya kamu bisa makin kreatif dan mandiri. Sudah siap mengetahui apa saja caranya?

1. Rajin-rajinlah mencari informasi soal beasiswa. Sebagai seorang penyandang dana, kuliahmu bisa bebas biaya

beasiswa

beasiswa via ppi-australia.org

Advertisement

Banyak sekali perusahaan swasta atau bahkan pihak universitas sendiri yang memiliki program beasiswa bagi para mahasiswanya. Besaran biaya serta jangka waktu yang ditawarkan pun beragam. Begitu pula dengan proses serta syarat untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Ada yang bisa didapatkan dengan mudah. Namun ada juga yang prosesnya membutuhkan waktu yang tidak singkat serta kegigihan berjuang menjalani ketatnya seleksi untuk mengalahkan pesaing lainnya, mengingat jumlah beasiswa ini juga terbatas.

Untuk mendapatkan beasiswa kamu bisa rajin melihat informasi yang biasanya ditempel di papan pengumuman kampus. Atau tidak pernah lelah untuk sering-sering menjelajah ragam website demi mengumpulkan informasi.

2. Jangan biarkan kamu jadi mahasiswa minim pengalaman. Mulailah bekerja paruh waktu demi menambal pengeluaran.

kamu bisa menjadi guide

kamu bisa menjadi guide via wisata.kompasiana.com

Menimba ilmu di bangku kuliah dan menyandang status sebagai mahasiswa merupakan saat yang paling tepat untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Kamu bisa menjajal pekerjaan paruh waktu yang tentu saja hasilnya bisa digunakan untuk menambal pengeluaran sehari-hari.

Advertisement

Namun, tentu perlu diingat juga bahwa yang harus diprioritaskan adalah pendidikan. Sehingga, tentunya kamu bisa mencari pekerjaan paruh waktu yang tidak terlalu menguras tenaga dan menyedot perhatian. Dan pastikan juga jika pekerjaan yang kamu lakoni memiliki waktu yang fleksibel sehingga kamu bisa mudah menyesuaikannya dengan jadwal kuliah yang ada. Kamu bisa kok menjadi fotografer paruh waktu, penulis, translator lepas, atau guide dengan kelonggaran waktu yang bisa bebas kamu tentukan sendiri. Atau bisa juga menjadi waitress atau penjaga warung internet yang memberlakukan program shift pagi dan malam.

3. Jika enggan mencari kerja di luar, berusahalah mencari uang dengan mengambil vakansi yang ditawarkan oleh kampus. Dari mulai menjadi asisten dosen hingga penjaga perpustakaan bisa jadi pekerjaan pilihan.

kamu bisa menjadi asisten dosen

kamu bisa menjadi asisten dosen via unmer.ac.id

Apabila kamu enggan mencari pekerjaan di luar kampus, kamu bisa kok menjajal lowongan yang biasa diberikan oleh pihak kampus. Lowongan yang diberikan pun tidak terlalu menguras tenaga dan tentu saja dengan jam kerja yang bisa menyesuaikan jadwal kuliahmu. Namun, biasanya lowongan ini hanya ditawarkan kepada mahasiswa tingkat atas. Kamu bisa mengambil posisi asisten dosen, penjaga perpustakaan, hingga penjaga ujian. Tidak hanya uang yang bertambah, namun pengalaman serta wawasanmu juga turut melimpah.

4. Inilah saatnya kamu mendirikan usaha sendiri dengan modal kecil-kecilan. Tak usah bermimpi kaya-raya dulu, asal ;aba yang kamu dapatkan cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan.

kamu bisa memulai bisnis modal kecil

kamu bisa memulai bisnis modal kecil via kaoskatamu.com

Selain mencari ladang pekerjaan, kamu bisa juga mulai mendirikan usaha sendiri. Usaha yang kamu lakoni pun tak memerlukan modal yang banyak. Namun, jangan memandang sebelah mata dulu pada jenis usaha mandiri ini, karena bila ditekuni tentu saja bisa mendatangkan banyak keuntungan buatmu. Bahkan, bukan tidak mungkin usaha sampingan ini nantinya dapat dijadikan sebagai pemasukan utama.

Kamu bisa menjalankan berbagai macam bisnis ringan. Misalnya saja dengan berjualan makanan yang kamu beli dari pasar dan dijual kembali di lingkungan kampus. Atau pun berjualan baju dan aksesoris yang bisa kamu buat sendiri melalui toko online. Jika kamu tidak memiliki dana sama sekali, kamu bisa menjadi agen dropship. Di sini kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun karena kamu hanyalah menampung barang dagangan dan menjualnya kembali dengan harga yang kamu inginkan. Voila! laba yang kamu peroleh pun dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan perut serta membeli berbagai kebutuhan bulanan.

5. Kamu juga bisa mendayagunakan talenta yang kamu punya dengan cara ikut beragam lomba. Hasilnya lumayan, cukup untuk membantu meringankan biaya KRS-an

kamu bisa ikut berbagai macam lomba

kamu bisa ikut berbagai macam lomba via achievement.binus.ac.id

Sebagai seorang manusia tentunya kamu dilahirkan dengan bakat serta talenta. Kamu bisa kok memanfaatkannya demi mendapatkan pemasukan tambahan. Semisal saja kamu memiliki bakat menulis, kamu bisa mengasahnya dengan mengikuti ragam lomba yang sedang diadakan. Atau bahkan mengirimkan artikelmu ke media lokal maupun nasional. Hasil yang kamu dapatkan bisa cukup untuk meringankan biaya kuliah tiap semester.

Belum lagi jika kamu memiliki ketrampilan dalam seni melukis, fotografi, atau bahkan jago menyanyi. Kamu bisa memanfaatkannya dengan mengikuti event-event yang sedang berlangsung. Dengan begini, talenta yang kamu punya makin terasah, kamu juga sekaligus mendapatkan uang yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi beban biaya semester.

6. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan event organizer atau kepanitiaan. Tak hanya mendapatkan uang, kamu juga akan memperoleh kenalan dan segudang pengalaman

kamu bisa bergabung dengan EO atau kepanitiaan

kamu bisa bergabung dengan EO atau kepanitiaan via keorganisasianmahasiswastmikmahakarya.wordpress.com

Selain mengasah bakat dan karya dengan mengikuti berbagai lomba, kamu juga bisa turut mendapat pemasukan dari menjadi panitia atau Event Organizer. Dalam event besar yang digelar, pendapatan yang kamu kantongi juga lumayan. Kamu pun tak terikat kontrak sehingga kamu bebas bergabung dengan lebih dari satu event. Tak sekedar pendapatan, kamu juga bisa memperpanjang jumlah pengalaman yang tentunya akan berguna bagi surat lamaran pekerjaanmu.

Semoga tips yang Hipwee jabarkan bermanfaat ya buat kamu para pejuang bangku kuliah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya