Selain Staf Biasa, Jurusan Manajemen Kerja Apa? 5 Profesi ini Contohnya

Lulusan manajemen nggak cuma kerja di bidang akuntansi aja lo!

Banyak orang yang bilang bahwa prospek kerja jurusan manajemen hanya berfokus kepada bidang keuangan saja. Bidang-bidang keuangan tersebut contohnya seperti akuntansi dan staf keuangan. Padahal jika kita lihat secara luas, jurusan manajemen itu memiliki banyak cabang. Jadi, tidak alasan kalau jurusan manajemen itu susah cari kerja karena cabang jurusannya cukup banyak.

Advertisement

Contoh cabang dari jurusan manajemen adalah manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, jurusan manajemen bisnis, dan lain sebagainya. Di setiap cabang tersebut tentu memiliki prospek kerja yang berbeda-beda. Lalu, apa saja peluang kerja bagi lulusan jurusan manajemen? Atau, jurusan manajemen bisa kerja jadi apa saja, sih?

Buat Sobat Hipwee yang ingin berkuliah di program studi manajemen namun ingin mengetahui terlebih dulu apa saja prospek kerja yang sesuai dengan program studi manajemen, maka pas banget kalau kamu baca artikel ini. Karena Hipwee ingin memberikan beberapa peluang kerja khusus untuk program studi manajemen.

1. Akuntan

akuntan

Photo by Pixabay from Pexels

Peluang pertama yang paling banyak dicari oleh perusahaan adalah akuntan. Seorang akuntan bertanggung jawab membuat laporan keuangan perusahaan setiap periode tertentu. Jurusan yang banyak dicari untuk posisi ini tentu saja jurusan akuntansi.

Advertisement

2. Marketer

marketer

Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Tugas seorang marketer bukan hanya memasarkan produk perusahaan saja tetapi juga menentukan target pasar dan menjaga kepercayaan konsumen. Untuk menjadi seorang marketer, kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang luwes dan baik. Karena berhubungan dengan produk, maka kamu juga harus pintar dalam bernegosiasi.

3. Rekruter

rekruter

Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Sebelum resmi menjadi pegawai di sebuah tempat, biasanya kamu akan melewati proses rekrutmen terlebih dahulu. Proses tersebut seperti mengirimkan surat lamaran, CV, portofolio, dan lain-lain. Nah, rekruter ini bertugas untuk menyebarkan lowongan pekerjaan dan menyaring surat lamaran yang masuk sebelum akhirnya memanggil calon pegawai untuk diwawancara.

4. Staf HRD

Staf HRD

Photo by fauxels from Pexels

Kalau seorang rekruter bertugas mencari SDM yang baru, maka tugas seorang HRD adalah memberikan pelatihan kepada calon karyawan dan mengatur penggajian. Slip gaji yang setiap bulan kamu terima, membuat BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, itu adalah sebagian dari tugas seorang HRD.

Advertisement

5. Banker

banker

Photo by Cup of Couple from Pexels

Prospek kerja yang cukup menjanjikan untuk lulusan manajemen adalah di perbankan. Banyak posisi yang bisa kamu isi di dunia perbankan seperti teller, customer service, atau bagian back office. Bekerja di dunia perbankan tidak jauh dari aktivitas melayani nasabah, mencatat transaksi, menyetorkan uang, dan lain-lain. Gaji yang ditawarkan pun biasanya cukup besar. Dan jika kamu beruntung, kamu bisa saja bekerja di bank internasional.

Sudah terbayang setelah lulus dari manajemen akan bekerja di bidang apa? Apa pun pilihanmu, yang paling penting adalah niat bekerja dari hati dan sesuai dengan passion-mu. Semoga kamu bisa menentukan pilihan dengan segera!

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE