Contoh Kalimat Mempromosikan Diri dalam Melamar Pekerjaan untuk Fresh Graduate. Pasti Lolos!

Kalimat mempromosikan diri

Selain membuat CV yang menjual, salah satu trik supaya rekruter tertarik untuk mempekerjakanmu ialah dengan membuat kalimat promosi diri yang oke. Meski terkesan mudah, belum banyak pencari kerja yang bisa melakukan promosi diri singkat dengan benar. Padahal, kalimat promosi diri menambah nilai jual CV-mu selama yang dituliskan sesuai. Saat membuat kalimat promosi diri, kamu mesti menyesuaikannya dengan platform yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Sebab, beberapa platform pencari kerja seperti Jobstreet, membatasi kalimat presentasi promosi diri hanya sebanyak 300 karakter. Makanya, kamu tak boleh bertele-tele dan kudu maksimal saat promosikan dirimu.

Advertisement

Mengingat fakta bahwa sebenarnya bikin kata-kata sopan untuk melamar kerja bukanlah hal yang mudah, Hipwee Sukses coba berikan beberapa contoh kalimat promosi kerja yang bisa kamu sontek.  Apalagi kalau kamu baru lulus dan belum punya pengalaman melamar kerja sekalipun. Selain contoh kalimat promosi diri, tentunya ada juga tips-tips membuat kata-kata untuk melamar pekerjaan yang sesuai.

Di tahap awal, kamu bisa coba cara mempromosikan diri di media sosial atau platform pencari kerja

Cara promosi diri ini juga bisa menaikkan branding image-mu lo! Jadi, ciri khas serta interest-mu akan kelihatan lewat media sosial. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba jika kamu ingin mempromosikan diri lewat media sosial.

1. Pilihlah media sosial yang paling sesuai denganmu

Advertisement

pilih yang sesuai via www.plimbi.com

Misalnya kamu lebih tertarik dengan visual, maka Instagram akan sangat cocok buatmu. Tapi jika kamu lebih tertarik pada tulisan, Twitter maupun blog bisa dijadikan alternatif pilihan. Mestinya kamu tak perlu tergoda dengan platform media sosial yang sedang hype. Sebab, selain bikin kamu kebingungan mengelolanya, ternyata ini juga bisa membuat dirimu jadi kelihatan tak punya ciri khas.

2. Temukan dan unggahlah konten yang sesuai dengan passion dan interest-mu

Advertisement

unggah sesuai minat via www.vexels.com

Makanya, sebelum membuat media sosial, kamu mesti tahu minat diri serta apa yang menjadi ciri khasmu. Misalnya, kamu suka jalan-jalan, maka unggahlah beberapa foto tempat yang pernah dikunjungi supaya bisa digunakan untuk membangun branding image-mu.

3. Pastikan kamu juga follow akun-akun yang bermanfaat

follow akun bermanfaat via blog.airyrooms.com

Tak cuma menaikkan branding, mengikuti akun bermanfaat dan sesuai minat jelas bisa membantumu belajar memahami hal yang disukai. Jadi, jika suatu saat kamu terjun dan bekerja di bidang tersebut, tak perlu bingung lagi karena sudah belajar dari pengalaman.

4. Jangan lupa, perbarui profil media sosial secara berkala

update profilmu via www.musdeoranje.net

Beberapa hal yang perlu kamu update berkala misalnya biografi atau foto profil. Dengan melakukan update profil secara berkala, secara nggak langsung kamu bisa membuat orang lain yakin kalau akun benar-benar sering digunakan.

5. Untuk memperkuat, kamu bisa masukkan akun media sosial ke dalam CV

masukkan di CV via glints.com

Tak perlu semua, satu atau dua akun saja sudah cukup. Asal dua akun ini benar-benar menunjukkan kepribadian dan interest-mu. Apalagi gosipnya, di era digital sebenarnya para recruiter diam-diam stalking media sosialmu.

Selanjutnya, pahami bagaimana cara menulis kalimat mempromosikan diri di Jobstreet atau platform lain

1. Buatlah kalimat yang to the point, nggak perlu pakai perkenalan diri

kalimat to the point via umardanny.com

Karena kamu sudah menuliskannya di CV, tak perlu lagi mengulang menuliskan nama dan alamat tinggalmu. Mending langsung saja sebut kualifikasi yang kamu miliki biar rekruter tertarik membacanya.

2. Tulislah kalimat dengan bahasa yang baik dan benar

tulis dengan baik dan benar via medium.com

Menuliskan kalimat promosi yang tak sesuai ejaan jelas bisa mengurangi penilaianmu. Makanya, meski bukan lulusan bahasa, buatlah kalimat dengan tanda baca dan susunan yang baik supaya bisa meningkatkan profesionalismemu saat mencari kerja.

3. Tapi, lagi-lagi usahakan buat nggak menulis hal generik 

jangan tulis hal generik via www.shutterstock.com

Maksudnya, ialah menggunakan kalimat yang sering dipakai kebanyakan orang. Misalnya,

“Saya akan bekerja keras untuk kemajuan perusahaan.” atau “Besar harapan saya dapat diterima.”

4. Ada baiknya jika kalimat promosi yang ditulis sesuai dengan lamaran kerja

sesuaikan dengan CV via www.biospace.com

Misalnya, kamu bisa menuliskan skill yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Skill dalam kalimat promosi juga tetap harus ada di CV untuk memastikan keabsahannya. Contohnya, jika kamu melamar sebagai admin, maka skill yang bisa kamu tonjolkan misalnya: mampu mengoperasikan Microsoft Excel atau paham data entry.

Nah, berikut beberapa contoh kalimat promosi diri di Jobstreet atau platform lain yang bisa kamu sontek

contoh kalimat promosi diri via www.hostze.net

Kalimat promosi ini bisa digunakan sebagai salah satu cara melamar di Jobstreet agar cepat dipanggil lo! Berikut beberapa contoh kalimat promosi yang bisa kamu gunakan:

“Lulusan baru jurusan S1 Bahasa Inggris. Bisa menulis dan berbicara Bahasa Inggris dengan baik. Pun memiliki kemampuan menulis artikel hard news yang baik, serta mengerti fotografi dan bisa editing.”

Atau kamu bisa pakai contoh kalimat mempromosikan diri dalam melamar pekerjaan dalam Bahasa Inggris berikut:

“I am graduated from Computer Science program study of Gajah Mada University. Although I don’t have any work experience, I understand master programming languages very well, both of My Sql and Java Script. On this occasion I would like to apply as an IT consultant in XXX. Hopefully this can be taken into consideration.”

Kalau mau lebih spesifik, coba gunakan kalimat berikut sebagai cara mempromosikan diri di Jobstreet untuk lulusan baru berbagai profesi

Posisi Desainer Grafis

posisi desain grafis via www.freepik.com

“Saya terbiasa mengoperasikan aplikasi desain grafis seperti Adobe Illustrator, Photoshop, In Design dan Corel Draw. Memiliki pengalaman sebagai freelance desain grafis di salah satu perusahaan cetak foto online.”

Posisi Marketing

posisi marketing via www.freepik.com

“Lulusan SMK Pemasaran serta punya pengalaman magang selama tiga bulan di PT Indo Sepadan. Saya juga memiliki kemampuan public speaking yang baik sehingga bisa lebih mudah ketika mempromosikan produk dari perusahaan. Tentunya, saya juga bisa bekerja secara tim maupun individu.”

Posisi Admin

posisi admin via www.freepik.com

“Terbiasa menggunakan program MS Office. Belum memiliki pengalaman kerja namun pernah mengikuti pelatihan serta memiliki setifikat Cisco. Pribadi yang efiesien dan detail terhadap suatu hal.”

Posisi IT

“Memiliki kemampuan programming PHP dan Javascript. Pernah magang di PT XL Axiata Jakarta selama tiga bulan dan masuk sebagai tim IT support. Saya juga terbiasa mengoperasikan OS Linux dan jaringan IT.”

Posisi Content Writer

posisi content writer via www.freepik.com

“Lulusan S1 Sastra Indonesia. Memiliki kemampuan menulis artikel soft news dan selling yang baik. Mengerti SEO dan bisa menulis serta menerjemahkan artikel Bahasa Inggris dengan baik. Beberapa contoh tulisan bisa dilihat pada blog pribadi saya yang ada tercantum dalam CV.

Beberapa contoh di atas bisa kamu ubah sebagai kalimat mempromosikan diri dalam Bahasa Inggris juga kok. Jika melamar di perusahaan multinasional, coba buat contoh deskripsi diri untuk melamar pekerjaan fresh graduate dengan Bahasa Inggris. Apalagi sekarang kan zamannya sudah serba digital.

Kalimat promosi di atas mesti kamu modifikasi lagi jika kamu mengirimkan lamaran via email atau WhatsApp. Jangan bingung, cukup tambah beberapa kalimat pembuka dan penutup serta rapikan susunannya saja kok.  Selamat mencoba dan semoga segera dapat pekerjaan yang diinginkan. Semangat ya, kamu! 🤗

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE