6 Kebiasaan Harian Marie Kondo, si Pakar Beres-beres. Kotak Kado Aja Disimpan dan Didaur Ulang

Kebiasaan Marie Kondo

Nama Marie Kondo beberapa waktu belakangan ramai diperbincangkan. Kegemarannya beres-beres dengan metode KonMari, mampu mengobsesi banyak orang untuk hidup dalam rumah yang lebih tertata rapi. Penulis buku laris “The Life Changing of Tidying Up” ini bahkan memiliki prinsip, rumah yang rapi adalah yang diisi barang-barang yang disayangi. Dan setiap benda yang dimiliki harus memancarkan kebahagiaan pada pemiliknya.

Advertisement

Bagi Marie Kondo, beberes adalah bagian proses kreatif. Karena itu ia selalu menjaga tangannya aktif agar selalu fokus. Dan seperti proses kreatif lainnya, kebiasaan sehari-hari cukup menentukan apakah seseorang bisa telaten dalam mengerjakan pekerjaannya atau tidak. Nah, bagaimana sih, kebiasaan perempuan yang gemar merapikan sesuatu dalam hidupnya ini? Berikut Hipwee Sukses rangkum. Kamu bahkan bisa menirunya, loh!

1. Yoga dan meditasi adalah kunci pikiran yang bersih

meditasi menjadi kunci pribadi yang rapi via www.redandblack.com

Sebagai olahraga tubuh dan pikiran, melakukan Yoga nggak hanya membuat tubuh jadi lebih segar. Tapi juga bisa membantu mengendalikan stres dan mengurangi rasa gelisah. Nah, bagi Marie Kondo, selain rumah yang tertata dan bersih, pikiran terlebih dahulu harus bersih. Yoga menjadi kunci meditasi Marie Kondo dalam melakukan kegemarannya beberes.

2. Menyalakan dupa dan membuka jendela pada pagi hari

menyalakan dupa via pressfrom.info

Kegemaran lain Marie adalah memulai hari dengan membuka jendela rumah dan menyalakan dupa. Jika membuka jendela akan memberikan udara baru dan sinar matahari masuk, maka menyalakan dupa bisa sebagai relaksasi yang memasok energi positif. Kamu boleh tiru nih, rajin-rajin buka jendela rumah setiap pagi. Kesegaran pagi dipercaya mampu memberikan semangat lebih untuk melanjutkan hari.

Advertisement

3. Memasak sendiri dengan pilihan menu sehat setiap harinya

memasak sendiri via www.bonappetit.com

Nggak hanya pintar menata rumah, Marie juga jago memilih menu dan menyiapkan makanan. Marie bahkan suka mencocokkan jenis makanan yang ia buat dengan piring dan alat makan yang akan digunakan.

Setiap hari Marie akan memulai paginya dengan secangkir teh hijau, dan dilanjut dengan sarapan khas berupa sup miso dengan nasi. Untuk makan siang atau malam, Marie biasanya menghidangkan masakan favoritnya, yaitu sup sayap ayam dengan nasi putih dan ikan. Selepas makan malam, Marie akan menutup malam dengan segelas amazake. Minuman beras hangat yang difermentasi.

4. Mengatur menu makanan dan bekal untuk sang anak

anak-anak suka bekal yang lucu dan enak via time.com

Marie biasa menyiapkan menu sederhana namun penuh warna untuk sang anak, karena anak-anak hanya mau memakan bekal yang lucu dan enak di sekolah. Setelah menyiapkan menu, Marie akan menyiapkan bekal sang anak dengan membaginya di dalam kotak bento. Setelah itu, kotak bento dibungkus menggunakan kain khas Jepang yang dinamakan furoshiki. Wah, sehat dan ramah lingkungan!

Advertisement

5. Merangkai bunga agar senantiasa kreatif

memilih dan merangkai bunga via twitter.com

Menurut Marie, menaruh bunga di dalam rumah bukan sekadar memilih yang berwarna indah. Tapi juga harus bisa menambahkan rangkaian bunga, sebagai bentuk pengingat atas hidup saat ini. Selain demi tujuan keindahan dalam rumah, merangkai bunga merupakan kegiatan yang bisa mempertahankan kreativitas.

6. Menata dan mendaur ulang kotak-kotak penyimpanan

mendaur ulang kotak penyimpanan via www.liputan6.com

Marie selalu mendaur ulang kotak-kotak penyimpanan agar terus berfungsi. Biasanya ia akan menghias kembali dengan kertas hias, untuk kemudian bisa digunakan sebagai tempat menyimpan pakaian yang sudah dilipat kecil-kecil. Ini adalah salah satu metode sukses Marie dalam bersih-bersih.

Bagi Marie, memastikan setiap barang disimpan dengan cara yang membuat bahagia adalah penting. Dan hal tersebut mestinya dimulai dalam kehidupan sehari-hari. Nggak ketika beberes doang memastikan semuanya rapi. Karena, Marie Kondo pun ternyata sudah disiplin dan rapi sejak bangun tidur apalagi dalam pekerjaannya. Bagaimana, inspiratif dan layak ditiru nih keseharian Marie Kondo nan positif!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE