7 Prosedur Daftar Kerja di Kapal Pesiar untuk Lulusan SMA. Nggak Serumit yang Dibayangkan

Kerja di kapal pesiar

Meski berada jauh dari rumah, bekerja di kapal pesiar memiliki banyak keuntungan. Selain bisa kerja sambil jalan-jalan gratis, upah yang didapat pun bisa dibilang cukup lumayan. Makanya, beberapa orang lebih memilih untuk berlayar daripada kerja di darat. Nggak perlu khawatir soal jenjang pendidikan, sebab beberapa lowongan kerja di kapal juga ditujukan untukmu lulusan SMA. Apalagi jika kamu sudah pernah mengemban pendidikan di sekolah kejuruan pariwisata dan perhotelan. Peluang diterimanya dijamin lebih besar pastinya.

Advertisement

Cara daftarnya juga nggak sulit kok. Berikut Hipwee Sukses jabarkan bagaimana tahapan mendaftar agar bisa bekerja di kapal pesiar. Jika kamu berminat, wajib simak baik-baik, ya!

1. Sebelum daftar, pastikan dulu bahwa kamu benar-benar siap untuk bekerja di kapal pesiar

pastikan kamu siap via www.express.co.uk

Meski terlihat mudah untuk dilakukan, namun sebenarnya terdapat beberapa hal yang perlu dipikirkan dengan matang terlebih dulu. Contohnya seperti aturan mengenai jam kerja dan libur yang tentunya berbeda dengan di darat. Atau, risiko untuk nggak bertemu keluarga dalam kurun waktu yang lama.

2. Kamu juga perlu mempelajari bagaimana cara kapal pesiar beroperasi

pahami cara kerjanya via travel.detik.com

Meski cara kerja di kapal pesiar hampir sama dengan di hotel, namun keduanya tetaplah memiliki SOP yang berbeda. Itulah sebabnya, kamu perlu mengikuti pelatihan terlebih dulu agar seluk-beluk kapal pesiar bisa kamu kuasai. Pastikan untuk mengikuti pelatihan secara legal supaya nggak merugikan dirimu sendiri.

3. Setelah mengetahui seluk-beluknya, barulah kamu tentukan ingin melamar di posisi apa

pilih posisi via www.acclaindia.com

Usahakan untuk memilih posisi yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan pekerjaan dengan pendidikan dan juga keterampilan yang dimiliki. Sebab, bekerja di kapal pesiar erat kaitannya dengan pelayanan terhadap orang lain. Jika nggak sesuai, bisa-bisa kamu justru mengecewakan pelanggan.

4. Melatih kemampuan berbahasa juga penting karena pekerjaanmu berhubungan dengan orang asing

kursus bahasa inggris via www.britishcouncil.sg

Biasanya, kamu harus menguasai bahasa Inggris jika ingin bekerja di kapal pesiar. Penguasaan bahasa Inggris bisa kamu lakukan sendiri atau dengan mengambil pelatihan yang biasanya disediakan oleh lembaga penyalur tenaga kerja untuk kapal pesiar.

5. Mulai siapkan CV dan lengkapi dengan berkas pendukung yang nggak kalah pentingnya

Advertisement

Buatlah CV ringkas maksimal dua halaman dengan mencetak tebal pada bagian pengalaman kerjanya. Selain itu, kamu juga perlu melengkapi CV dengan dokumen lain seperti  paspor, BST (Basic Safety Training), dan juga seaman book atau  buku pelaut.

Karena membuat paspor membutuhkan waktu yang lama, kamu perlu menyiapkannya terlebih dulu. Untuk BST, biasanya bisa kamu dapat setelah melalui pelatihan satu minggu. Nggak perlu khawatir dengan seaman book, kamu bisa kok mendapatkannya dengan mudah melalui lembaga penyalur tenaga kerja.

6. Baiknya, ajukan lamaran pekerjaan ke tiga perusahaan kapal pesiar besar dan perusahaan yang lebih kecil

masukkan cv via rprox.zoek.uk

Cara ini bisa memperbesar peluang untuk bisa lolos bekerja di kapal pesiar. Kalau memang kamu belum diterima di kapal pesiar besar, gunakan kesempatan bekerja di perusahaan kecil untuk menambah wawasanmu. Jangan mudah putus asa, kalau ada kesempatan, kamu bisa kok melamar lagi di perusahaan yang lebih besar.

7. Manfaatkan lembaga penyalur tenaga kerja untuk mempermudahmu mendapatkan informasi lowongan

lembaga penyalur tenaga kerja via www.tribunnews.com

Sebelum memilih lembaga penyalur tenaga kerja, pastikan kamu sudah mengecek keabsahan dan perizinan dari jasa tersebut. Hal akan menghindarimu dari upaya penipuan. Kalau tetap belum ada panggilan setelah beberapa bulan, kamu bisa upgrade CV mu dengan kemampuan baru yang lebih mumpuni.

Gimana, mulai ada pencerahayan bukan sekarang? Sebelum melamar dan memilih lembaga penyalur tenaga kerja, pastikan untuk mengecek perizinannya dulu, ya! Berhati-hatilah jika mereka memintamu menyetor sejumlah uang di awal. Semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE