Membalas Curhatmu: Kerja Nyaman atau Banyak Uang? Yang Penting Kebutuhan Terpenuhi dan Bahagia

Kerja nyaman atau banyak uang

Dunia kerja memang nggak bisa ditebak seperti apa kondisinya, apalagi kalau sudah dibenturkan dengan kebutuhan hidup dan pencapaian diri. Ada saat di mana kamu merasa dilema untuk menentukan antara pekerjaan yang nyaman dan menyenangkan tapi gaji pas-pasan, atau pekerjaan dengan gaji tinggi tapi tekanannya juga semakin menjadi. Kedua pilihan tersebut tentu ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing β€” yang pada akhirnya nggak akan selalu sesuai dengan kondisi setiap orang.

Advertisement

Melalui sesi curhat#Miscur Hipwee edisi 24 April 2020: Kerja nyaman atau banyak uang?Β pembaca Hipwee menyatakan curhatannya masing-masing terkait pilihan pekerjaannya saat ini. Mari simak curhatan mereka, syukur-syukur kamu bisa memetik hal baik dari pengalaman yang mereka bagikan, atau malah menjawab keresahanmu selama ini~

1. Beberapa dari mereka yang merasa kebutuhan pokoknya sudah tercukupi, akan lebih memilih kerja nyaman ketimbang kerja banyak uang

kerja nyaman asal pintar mengatur uang via hipwee.com

Bagi orang yang sudah berkeluarga, bisa jadi akan mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi mengingat kebutuhan hidupnya yang juga meningkat. Namun, tak sedikit juga yang memilih bertahan dengan pekerjaan yang nyaman, dan gajinya yang pas-pasan.

Bekerja dengan gaji tinggi berpotensi menguras pikiran, tenaga, dan waktu, sementara kita perlu membaginya juga untuk keluarga. Asalkan kebutuhan pokok bisa terpenuhi dan tujuan finansial bisa dicapai β€” meski perlahan-lahan, tak mengapa bekerja dengan gaji cukupan asal kitanya nyaman. Toh, gaji berapa pun akan cukup asal pintar mengaturnya.

Advertisement

2. Dengan kerja yang nyaman, kita akan punya lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Hidup nggak semata-mata untuk bekerja saja, bukan?

kerja nyaman agar bisa me time via hipwee.com

Kerja dengan gaji yang β€˜lumayan’ tentu berbanding lurus dengan meningkatnya tanggung jawab dan tuntutan. Kalau sudah begini, tentu akan lebih banyak waktu, tenaga, dan juga pikiran yang digunakan. Di sinilah kekurangan dari kerja dengan banyak uang, lebih boros waktu dan memicu stres serta kelelahan. Diri sendiri pun kadang lupa diperhatikan. Meski persoalan finansialmu tak lagi jadi kendala, apa kamu bahagia, kalau sebagian besar waktumu hanya dihabiskan untuk bekerja saja?

3. Terkadang, mengedepankan pengalaman demi masa depan yang lebih baik menjadi pilihan tepat ketimbang harus memilih kerja nyaman atau banyak uang

mengutamakan pengalaman via hipwee.com

Setiap orang tentunya ingin memiliki pekerjaan yang nyaman, lingkungan kerja yang mendukung, dan kehidupan pribadi yang normal. Tapi juga nggak memungkiri, bahwasanya semua orang ingin mendapatkan gaji yang memuaskan. Harus ada komitmen untuk bisa menjalani salah satu dari kedua pilihan di atas.

Alih-alih fokus untuk memikirkan gaji, bekerja dengan penuh tanggung jawab untuk menggali potensi dan mencari pengalaman adalah sebaik-baiknya pilihan. Terutama jika kamu baru saja terjun ke dunia kerja. Dengan memiliki pengalaman dan potensi yang terus terasah, tentu penghasilan juga akan mengikuti.

Advertisement

4. Karena masing-masing pilihan ada plus dan minusnya, menjalani pekerjaan apa pun yang kamu miliki sekarang rasanya akan lebih bijak

pilih dua-duanya via hipwee.com

Kerja nyaman atau kerja banyak uang itu punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kerja nyaman dengan lingkungan kerjanya yang sangat mendukungmu untuk terus produktif, namun rentan terjebak di zona nyaman dan nggak berkembang. Kerja banyak uang dengan prestise dan finansial yang terjamin, namun tekanan kerjanya lebih besar.

Bersikap bijak dengan nggak gegabah memilih pekerjaan melainkan lebih tekun menjalani pekerjaan yang ada adalah pilihan terbaik. Yang terpenting, bekerjalah dengan gaji yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan terlalu memaksakan, tapi juga jangan kelewat enak-enakan.

Dari rangkuman curhatan teman-teman di atas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa bekerja nyaman ataupun bekerja dengan banyak uang memiliki konsekuensinya masing-masing. Sebelum mengambil keputusan, pastikan dulu apa prioritasmu. Gaji besar dan gaya hidup mewah atau hidup sederhana dengan pekerjaan yang nyaman? Apa pun pilihanmu, yang paling penting adalah tetap konsekuen dan mau berusaha keras untuk mewujudkan apa pun tujuanmu nantinya.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE