Langkah Simpel Meniti Karier Sebagai Seorang MC. Bagaimana Memulainya?

Ada 7 bocoran penting yang diungkapkan pelaku side job ini

“Sangat worth it, untuk fee nge-MC, kisaran 300 ribu sampai 1 juta, tergantung besar dan lamanya acara,” tutur Gufran Kurniawan.

Di sela-sela kesibukannya sebagai karyawan swasta sebuah media ibu kota, Gufran yang kerap disapa Aan membagikan pengalamannya menjadi seorang MC. Terhitung sejak tahun 2015, Aan menekuni side job ini. Seperti penuturannya beberapa waktu lalu, kerja sambilan ini memberikan suntikan dana yang lumayan bikin kantong tebal.

Bayangkan, memandu acara selama setengah jam atau paling lama 1 jam, ia bisa mengumpulkan uang sejutaan. Bukankah side job ini cukup menjanjikan untuk tambahan penghasilan? Untuk memulainya pun, bisa dikatakan nggak serumit side job lain, bahkan bisa dirintis sejak masa sekolah atau kuliah.

Dalam perbincangan yang lebih intens, Aan bahkan membocorkan steb by step memulai karier sebagai seorang MC. Katanya nih, selama tekun mengasah 4 hal ini, jalan kariermu akan mulus dan cemerlang. Yuk, temukan rahasia menjadi MC ala Aan di ulasan ini!

Berawal dari panggung stand up comedy, terbukalah jalan karier sebagai seorang MC

Rencana menjadi MC sebenarnya nggak ada di benak Aan, tapi tawaran itu tiba-tiba datang. Aan yang sudah aktif di komunitas stand up comedy sejak 2014 tampil di panggung setiap hari Jumat untuk latihan. Lewat penampilannya itu, ternyata banyak calon klien yang tertarik dengan cara Aan membangun suasana.

Tanpa disangka, tawaran untuk memandu acara berdatangan. Biasanya, Aan akan memandu acara sesuai brief yang diberikan klien atau tim panitia. Seperti tugas MC pada umumnya, Aan harus memandu acara dari awal sampai akhir, menyampaikan beberapa sponsor, atau sekadar mengingatkan konsep acara yang dipandunya. Supaya tamu undangan nggak bosan, Aan sengaja menyelipkan humor-humor segar yang terkadang sedikit nyeleneh demi menghidupkan suasana.

Plus dan minus menjadi MC yang wajib kamu perhatikan. Apa aja?

Meskipun pekerjaan sampingan ini layak dijalani, bukan berarti menjadi MC selalu menyenangkan. Sama halnya dengan pekerjaan lain, pekerjaan ini juga menyimpan sisi manis dan pahitnya sendiri. Selama dapat memaksimalkan sisi plusnya dan mengatasi sisi minusnya, kamu akan menjalaninya dengan baik kok. Tenang, ya~

Tim Dalam Artikel Ini