6 Brand Makanan Indonesia yang Dikira dari Luar Negeri

Banyak sih yang bilang โ€œApalah arti sebuah namaโ€ tapi nggak bisa dimungkiri, nama suatu produk ternyata bisa sebegitu berpengaruhnya terhadap persepsi orang-orang akan produk itu sendiri.

Advertisement

Misalnya seperti apa bahan yang digunakan, bagaimana kualitasnya, sampai dari mana asalnya. Ini nih yang bikin banyak orang beranggapan bahwa produk makanan lokal Indonesia kita disangka dari luar negeri.

Nggak percaya? Coba di antara Silverqueen, J.Co, Bread Talk, La Fonte, mana yang produk asli Indonesia? Kamu mungkin malah menyangka bahwa semuanya produk impor, padahal justru semua produk tersebut asli lokal lo. Masih nggak percaya? Simak yuk cerita selengkapnya!

Daftar Merk Makanan Asli Indonesia yang Dikira dari Luar Negeri

1. Silverqueen

Advertisement

Saat akan membayar di kasir minimarket mungkin kamu akan dihadapkan pada cokelat yang satu ini. Kemasannya yang rapi, deskripsi menggunakan bahasa Inggris, serta nama yang seolah kebarat-baratan menjadikannya tampak seperti buatan luar negeri.

Percaya atau tidak Silverqueen bersama dengan Chunky Bar, dan Ceres adalah produk-produk buatan PT Petra Foods yang berada di Garut. Akan tetapi, memang benar sih produk-produk ini dipasarkan ke 17 negara lainnya.

2. J.Co Donuts

Advertisement

Ada banyak sekali orang yang berjualan donat namun dengan inovasi seperti menaruh topping dengan banyak pilihan membuat merek J.Co jadi makin terkenal. Sistem open kitchen dan nama yang mentereng membuat merek ini tampak dari luar negeri.

Walaupun banyak yang mengira demikian, nyatanya pemiliknya adalah seorang pengusaha yang lebih terkenal dengan usaha potong rambutnya yaitu Johnny Andrean.

3. La Fonte

Produknya yang berbentuk pasta mungkin membuat kita terkecoh dan mengira bahwa produk ini berasal dari Italia. Padahal La Fonte ternyata masih satu produsen dengan Indomie yaitu dari Indofood.

Produk ini bahkan ternyata sudah diproduksi sejak tahun 1991 lo. Kini, tak hanya terkenal di Indonesia La Fonte malah diekspor juga ke lebih dari 20 negara.

4. Equil

Kemasan air minum Equil mungkin terlihat lebih bagus karena menggunakan botol kaca alih-alih hanya plastik seperti produk serupa lainnya. Hal ini dilakukan karena memang Equil memposisikan diri sebagai air minum premium asal Indonesia.

Meskipun deskripsinya banyak menggunakan bahasa Inggris tapi ternyata airnya diambil dari sumber mata air di kaki Gunung Salak lo.

5. Greenfields

Dibandingkan pesaingnya yang memiliki nama Indomilk atau Ultramilk, Greenfields lebih mirip dengan produk dari luar negeri. Akan tetapi, siapa sangka kalau berbagai macam produk dari susu ini ternyata diproduksi di Malang, Jawa Timur? Ya meskipun produk-produknya juga bisa ditemui di beberapa negara di luar negeri.

6. CFC

Konsep restoran fast food yang dipakai oleh CFC, ditambah singkatannya yaitu California Fried Chicken membuat banyak orang mengira bahwa restoran ini memang saingannya KFC dari luar negeri. Padahal ternyata CFC dikelola oleh perusahaan asal Indonesia bernama PT Pioneerindo Gourmet Tbk sejak tahun 1983.

Ternyata brand produk-produk makanan yang selama ini kita sangka dari luar negeri, aslinya banyak yang dari Indonesia ya. Malah beberapa di antaranya sampai diekspor segala. Hal ini jadi bukti kalau produk-produk kita juga bisa bersaing di kancah internasional. Keren~

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE