Pekerjaan pertama setelah lulus kuliah sangat penting untuk pengembangan diri serta kariermu. Nggak cuma buat menuh-menuhin CV dan menyelamatkanmu dari status pengangguran, pekerjaan pertama juga akan menggembleng profesionalitasmu — bahkan bisa mengubah karaktermu sebagai individu.

Karena itu, memilih pekerjaan pertama gak boleh sembarangan. Lima hal di bawah ini layak kamu dapatkan dari pekerjaan apapun yang akhirnya kamu emban. Kamu yang sekarang sudah bekerja, sudahkah kamu mendapatkannya?

1. Berkat pekerjaanmu, kamu jadi lebih mengenal diri. Tahu apa yang kamu kuasai dan hal-hal apa yang kamu sukai

Kamu tahu apa yang kamu sukai dan kuasai

Kamu tahu apa yang kamu sukai dan kuasai via www.bz55.com

Pekerjaan pertama selayaknya membantumu menemukan diri. Mengetahui apa yang ternyata mampu kamu kuasai, tugas-tugas apa yang kamu sukai, bahkan apa keahlian terpendammu selama ini. Di lain sisi, kamu juga jadi tahu batas toleransimu, batas kemampuan fisik dan mentalmu, serta kekurangan-kekuranganmu.

Semua pengetahuan ini tidak bisa kamu dapatkan di bangku sekolah. Baru setelah diberi macam-macam tugas oleh atasan, ditantang untuk menyelesaikan suatu problem di lapangan, lalu dipercayai melakukan sesuatu yang penting untuk tempat kerjamu, kamu jadi tahu kelebihan dan kekurangan dirimu. Pekerjaan pertama yang baik akan membantumu mengenali semua itu.

2. Kamu juga belajar cara berkomunikasi. Nggak lagi diam saja dan takut bersuara

Kamu tahu cara yang tepat dalam berkomunikasi

Kamu tahu cara yang tepat dalam berkomunikasi via businessinsider.com

Hal penting lain yang selayaknya dilatih oleh pekerjaan pertama adalah kemampuan berkomunikasi. Ibu Eileen Rachman, pakar sumber daya manusia dan motivator asal Indonesia pun mengamininya.

Mungkin dulu kamu selalu kesulitan saat berbicara di depan umum. Tapi sekarang, karena pekerjaanmu mengharuskan presentasi di depan atasan setiap 2-3 bulan sekali, kemampuan public speaking-mu pun meningkat drastis. Mungkin dulu kamu selalu bilang ‘iya’ pada permintaan orang lain, bahkan kalau kamu sebenarnya nggak mau atau nggak bisa. Tapi sekarang, kamu berani bilang ‘tidak’ pada permintaan tolong yang nggak bisa kamu sanggupi. Maklum, kalau kamu bilang ‘iya’, pekerjaanmu sendiri bisa gak selesai. Thanks to pekerjaan pertama, kemampuan komunikasi kamu nambah 100 poin!

3. Kamu melihat dunia dengan sudut pandang yang lebih kaya.

Kamu melihat dunia dengan sudut pandang lebih kaya

Kamu melihat dunia dengan sudut pandang lebih kaya via weheartit.com

“Pokoknya aku nanti nggak mau jadi PNS. Aku mau ngejar passion jadi anak band!”

Terjun satu-dua tahun di dunia kerja ternyata membuatmu tak lagi senaif dulu. Berkeras nggak mau menjadi PNS, ternyata kamu lolos jadi CPNS dan kini sedang mengikuti semua rangkaian pelatihannya. Setelah menjadi CPNS, kamu sadar bahwa ternyata bekerja untuk pemerintah nggak seburuk yang kamu kira. Kamu justru bisa berkontribusi langsung untuk memajukan Indonesia. Kamu juga akhirnya melihat sendiri bahwa nggak semua pegawai pemerintah itu makan gaji buta. Artinya, setelah menjadi CPNS, sudut pandangmu lebih kaya.

Pekerjaan pertama yang baik mampu membuat kamu melihat dunia dengan cara yang berbeda. Tanpa sadar, kamu jadi pribadi yang lebih kaya.

4. Pekerjaanmu yang baik menghasilkan koneksi. Banyak orang yang menghubungimu untuk menawarkan kooperasi

Sudah diajak kerja sama berapa orang?

Sudah diajak kerja sama berapa orang? via hackersofny.tumblr.com

Saat masih menjadi mahasiswa, kamu berpikir bahwa ‘menjalin koneksi’ artinya mengenal sebanyak mungkin orang yang bisa dimintai bantuan di masa depan. Setelah kamu terjun di dunia kerja, barulah kamu sadar bahwa ‘menjalin koneksi’ adalah tentang memperbaiki diri atau mengembangkan perusahaan, sehingga orang lain tertarik untuk bekerja sama atau mengundangmu ke acara mereka.

Pekerjaan pertama yang baik selayaknya memudahkanmu untuk menjalin koneksi. Sampai sekarang, sudah siapa saja yang menawarkanmu kesempatan bekerja sama?

5. Kamu jadi pribadi yang lebih rendah hati. Sebagus apapun kamu, ternyata gak ada apa-apanya tanpa tim kamu juga

ternyata nggak ada apa-apa tanpa timmu juga

ternyata nggak ada apa-apa tanpa timmu juga via hackersofny.tumblr.com

Setelah kerja, kamu jadi sadar bahwa orang pintar itu banyak! Tapi orang pintar yang bisa bekerja sama dalam tim, sedikit jumlahnya. Pekerjaan pertama membuatmu sadar bahwa setinggi apapun kualitas individu, bakal percuma kalau gak bisa bekerja dalam tim.

Pekerjaan pertama mendidikmu jadi rendah hati. Alih-alih berpuas diri, kamu justru selalu ingin lebih baik lagi. Sadar atau tidak, sekarang kualitasmu sudah jauh lebih baik dibandingkan ketika kamu pertama kali lulus kuliah. Kamu bukan lagi anak ingusan yang sekadar mencari pekerjaan. Kamu sudah menjadi profesional muda yang tahu apa yang baik dan tidak baik untuknya 🙂

Bicara soal karier memang selalu menyenangkan. Mau belajar lebih jauh lagi tentang pengembangan karier kamu? Yuk ikut SCG Drawing Your Career yang selanjutnya! Tahun 2015 lalu, SCG sudah menyelenggarakan sesi Drawing Your Career yang sukses bersama Ibu Eileen Rachman dan 40 mahasiswa terpilih dari seluruh Indonesia. Biaya pelatihan ini ditanggung oleh SCG, lho, kamu nggak mesti bayar apa-apa lagi 🙂

Stay tune untuk pembukaan seleksi sesi Drawing Your Career yang selanjutnya ya. Informasi dan formulir pendaftaran bisa kamu dapatkan di laman Facebook SCG Careers.

Apa saja sih menurutmu yang layak kamu dapatkan dari pekerjaan pertama? Tambahkan yuk pendapatmu di kolom komentar!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya