8 Modal Bisnis Selain Uang yang Juga Kamu Butuhkan dalam Membangun Bisnis. Catat, nih!

modal bisnis selain uang

Sohip tahu enggak sih, sebenarnya modal uang saja tidak cukup jika kamu ingin membuka bisnismu sendiri! Jika kamu mengira hal tersebut masih penting, enggak salah juga sih. Tetapi apakah kamu sadar, banyak juga lho perusahaan yang dimulai bukan dari uang yang banyak.

Advertisement

Beberapa perusahaan dimulai dengan mimpi, bahkan ada juga yang berwal dari ide nekat. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita jadikan sebagai modal untuk memulai sebuah bisnis dan tidak berupa uang. Hipwee telah merangkum beberapa hal tersebut untuk kamu semua, semoga bermanfaat!

1. Semua berawal dari mimpi dan hal-hal simple yang dilakukan dengan hati

Banyak bisnis berawal dari sebuah ide yang muncul sebagai solusi sebuah masalah | Gambar oleh Tumisu via pixabay.com

Banyak start up yang memulai bisnisnya dari mimpi dan keresahan yang dialami oleh pendirinya. SoHip bisa mengambil GoJek sebagai salah satu contohnya. Dari keprihatinan Nadiem Makarim terhadap kondisi pengemudi ojek dan keinginannya untuk membantu mereka agar mendapatkan kondisi bekerja yang lebih layak. Akhirnya dia memutuskan untuk membuat GoJek demi mengakomodasi mimpi dan keinginannya tersebut.

SoHip bisa kok menjadikan keresahan atau mimpi-mimpi yang dimiliki menjadi sebuah bisnis yang sukses. Pastinya memulai sesuatu yang berawal dari impian diri sendiri akan memberikan motivasi lebih dalam menjalankannya.

Advertisement

2. Modal nekat, boleh sih tetapi penghitungan risiko juga tetap harus dilakukan untuk mengurangi dampak jika gagal

Yang penting berani memulai! | Gambar oleh Peggy und Marco Lachmann-Anke via pixabay.com

Contoh paling gampang dari hal ini adalah mendiang Bob Sadino dan cara membangun usahanya. Setelah terpuruk hingga pernah mencicipi karir sebagai pekerja bangunan, Bob bisa bangkit dan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dari berjualan telur dengan metode pintu-ke-pintu yang disarankan oleh temannya.

Modal nekat memang hal yang paling mudah dilakukan dan paling murah. Tetapi apa yang dilakukan oleh Bob Sadino juga memiliki pertimbangan risiko yang telah di telaah sebelumnya. Hal ini kita lakukan dengan tujuan untuk mengurangi kerugian jika apa yang kita lakukan belum berhasil dan mencegah dampak yang lebih buruk.

3. Memiliki rencana dan tujuan yang ingin dicapai akan mempermudah usahamu bertahan dan berkembang

Membuat rencana  untuk memastikan perkembangan ke depannya | Gambar oleh Mihai Surdu via pixabay.com

Masih sejalan dengan point nomor dua. Memiliki rencana dan tujuan sangat penting untuk sebuah bisnis. Walaupun bisnis tersebut dilakukan dengan modal nekat, tidak ada salahnya membuat rencana dan tujuan sederhana. Toh juga renca dan tujuan ini akan membantu menentukan langkah apa yang harus diambil untuk perkembangan bisnismu ke depannya.

Advertisement

4. Merintis bisnis bersama teman memang asik, tetapi jangan pernah lupakan sikap profesional dan kewajiban yang sesuai porsinya ya!

Membangun bisnis bersama teman adalah kegiatan yang menyenangkan lh0! | Gambar oleh StockSnap via pixabay.com

Nah hal ini penting untuk menghindari pertikaian karena kebingungan tanggung jawab dan kewajiban. Dengan memberikan porsi masing-masing, maka kamu akan lebih mudah mengatur jalannya sebuah bisnis yang dilakukan dengan seorang teman. Bersikaplah professional jika sedang  membicarakan bisnis yang kalian geluti, tetapi jangan pernah bawa hal tersebut jika sedang nongkrong!

Dengan bersikap professional kamu telah memperlihatkan niatan serius, selain itu sebaiknya kamu bersikap tansparan dengan apa yang kamu lakukan. Hal-hal ini penting buat dilakukan, mengingat salah satu risiko berbisnis dengan teman adalah adanya rasa curiga antara satu orang dengan orang lainnya.

5. Hilangkan pikiran “untung dengan cepat”! Semua hal butuh proses dan pasti menemukan halangan. Beruntung jika bisnismu langsung mendapat untung dan berkembang pesat di tahun pertama, tetapi ada banyak orang yang harus menunggu beberapa tahun hingga bisnisnya membuahkan hasil

Keuntungan tidak datang mendadak | Gambar oleh Nattanan Kanchanaprat via pixabay.com

Banyak nih contohnya untuk kasus yang ini. Salah satu contohnya adalah Mark Zuckerberg yang membangun Facebook dari kamar asramanya. Tidak semua bisnis yang dibangun akan langsung meledak dan digandrungi, butuh banyak faktor, perencanaan, dan strategi yang dibutuhkan agar sampai ke taraf tersebut.

Jadi buat SoHip yang masih merintis usahanya, ada baiknya banyak-banyak mengakrabkan diri dengan kata dan sifat sabar. Semua akan ada waktunya sendiri dan jangan pernah putus asa!

6. Jangan malu untuk membicarakan bidang bisnis dan visi misi bisnismu di depan orang baru

Beritakan bisnismu, jangan pernah malu memberitahukan apa yang kamu mulai sendiri | Gambar oleh Joseph Mucira via pixabay.com

Sebagai seorang yang menciptakan bisnis sendiri, tentunya kita harus bangga dengan segala pencapaian yang telah didapatkan selama ini. Jika pendirinya tidak bangga dengan ciptaannya, bagaimana orang lain bisa turut bangga dan menikmati hal tersebut?

Oh iya, selain itu hal ini penting lho untuk memasarkan usaha kamu, apalagi jika membicarakannya dengan orang asing. Siapa tahu orang tersebut tertarik dan mau memberikan bantuan modal atau hal lainnya yang bisa digunakan untuk perkembangan bisnismu!

7. Buka mata dan telinga, cari informasi sebanyak-banyaknya sebagai bahan yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk melakukan inovasi

Ide dan peluang bisa datang dari mana saja, jangan lengah! | Gambar oleh StartupStockPhotos via pixabay.com

Belajar dan mencari informasi baru adalah salah satu cara paling mudah yang bisa digunakan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Dengan pergerakan informasi yang semakin cepat, kita harus menjadi yang terdepan dalam beradaptasi atau menghasilkan inovasi.

Untuk yang ingin memulai bisnis atau menambah wawasan, sekarang udah enggak perlu repot cari atau bayar seminar yang mahal. Internet memudahkan kamu untuk mendapatkan hal ini, kita bisa menggunakan YouTube, situs berita, atau sosial media untuk mengikuti perkembangan dunia. Belum lagi, sekarang juga banyak bermunculan webinar yang bisa kamu hadiri dengan harga yang murah!

8. Nikmati tiap langkah dan perjalanan bisnis yang kamu buat, mulai dari yang manis hingga yang pahit

Nikmati prosesnya! | Gambar oleh Pexels via pixabay.com

Apaguna menjalankan sesuatu jika hal tersebut tidak kamu nikmati dan membuat kamu bahagia? Menikmati setiap langkah dan keputusan yang diambil dalam sebuah bisnis juga penting lho SoHip! Kamu akan mempunyai semangat lebih jika merasa menikmati apa yang kamu buat, dengan begitu kamu bisa lebih produktif dan inovatif dalam mengembangkan bisnik yang kamu miliki!

Jangan hal-hal bahagia saja yang kamu nikmati, hal-hal pahitnya juga bisa lho. Kamu bisa nikmati hal pahit ini sebagai pembelajaran yang diberikan langsung ketika kamu terjun ke dalam bidang yang bisnismu geluti.

Membuat sebuah usaha memang susah, modal uang yang banyak terkadang tidak menjamin sebuah bisnis akan sukses, apalagi jika masih dirintis. Percayalah, jika sudah menelan kegagalan, akrab dengan kesalahan, dan menjadi orang paling sabar tapi gigih di dunia, hasil tidak akan menghianati usahamu kok!

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE