Selama ini smartphonemu yang mahal kamu pergunakan untuk apa saja?

Telepon? Check.

SMS/Chat? Check.

Update apapun dan stalking siapapun di media sosial? Check.

Mendengarkan music dan main game? Check.

Berbeda dengan era 90an kebanggaan kita besama, di mana ponsel hanya bisa digunakan sesuai dengan fungsinya yaitu telepon dan SMS, kini ponsel bisa dipakai untuk apa saja. Mulai dari main game sampai nonton drama korea.  Daripada sayang smartphonemu hanya untuk itu-itu saja, kamu bisa memakai smartphonemu untuk hal-hal ini lho.

1. Karena ide bisa muncul kapan saja dan nggak terduga, itulah kenapa menu ‘Memo’ di ponselmu bisa berguna

Bisa untuk mencatat apa saja via www.techspot.com

Terkadang saat kamu sedang berada di lokasi atau situasi yang kurang oke, ide-ide cemerlang bisa bermunculan. Karena ingatan manusia bagaimanapun ada batasnya, ide-ide itu bisa menghilang dengan cepat dan sulit kamu ingat-ingat lagi. Padahal kan susah kalau kamu harus mencatat di agenda ataupun laptopmu. Tak perlu pusing. Kamu punya smarphone yang punya fitur note bawaan. Jadi kamu bisa mencatat ide-ide pikiranmu di sana untuk dicek lagi lain waktu. Kamu juga bisa mencatat setiap rencana atau to-do list setiap hari di sana. Mudah kan? Smartphone kan pas di genggaman tangan, jadi nggak akan merepotkan.

2. Tersesat dan tak tahu arah jalan pulang? Orang pintar tahu bagaimana menggunakan aplikasi Gmaps dan Google Googles!

Advertisement

Meskipun ada pepatah yang mengatakan malu bertanya sesat di jalan, ada kalanya juga kamu merasa enggan untuk bertanya. Mengakui bahwa kamu tidak tahu lokasi yang dituju juga membuatmu ragu, padahal kamu memang tidak tahu. Tapi sekarang dunia sudah semakin berkembang. Nggak ada tempat yang rahasia karena ada aplikasi Gmaps yang akan membawamu ke mana-mana. Kamu yang kesulitan membaca peta juga nggak perlu cemas, karena ada vitur audio dalam Gmaps, jadi kamu akan dipandu melalui suara untuk mencapai tempat yang kamu tuju. Misalkan kamu tidak tahu sedang ada dimana, kamu bisa memakai fitur Google Googles, yang bisa mendeteksi lokasi berdasarkan foto bangunan-bangunan terkenal di sekitarmu.

3. Artikel bagus jangan sampai terlewat hanya karena belum sempat. Yang penting di-save dulu di Flipboard atau Pocket, bisa dibaca nanti ketika sudah punya waktu luang

Baca artikel berita via www.androidcentral.com

Selain untuk membaca SMS dan chat dari gebetan, smartphone-mu juga bisa dipakai untuk membaca koran online dan berbagai artikel lho. Tapi bila kamu tidak sengaja menemukan artikel menarik ketika sedang browsing sambil menunggu lampu hijau menyala, pastinya itu bukan saat yang tepat untuk membaca artikel yang lumayan panjang. Tapi artikel yang menarik perhatian itu bisa disimpan lho. Pakai aplikasi seperti Flipboard dan Pocket, sehingga kamu bisa menyimpan URL artikelnya, dan membuka kembali secara offline. Lebih hemat paket data.

4. Smartphone juga bisa untuk tracking target dan keberhasilanmu dalam olahraga lho. Dengan begitu, kamu bisa semakin termotivasi

Tracking kemajuan olahraga via www.oldscc.com

Untuk kamu yang rajin olahraga atau punya target menurunkan berat badan dekat-dekat ini, smartphone bisa menjadi teman yang setia serta cermat untuk mencatat setiap perkembanganmu. Bila kamu hobi lari, kamu bisa memakai aplikasi-aplikasi jogging seperti Nike+ yang akan mencatat setiap jarak yang kamu tempuh dan kalori yang kamu bakar. Kamu yang suka nge-gym, bisa memakai aplikasi 7 Minutes Workout atau Abs Workout. Dengan aplikasi-aplikasi itu kamu jadi tahu apakah usahamu berkembang atau tidak. Selain lebih rapih, kamu juga akan lebih termotivasi.

5. Karena membawa-bawa buku terkadang merepotkan, smartphone bisa menjadi solusi untuk membaca file digital. Lumayan kan~

Bisa baca buku di HP via www.matrony.ru

Sebagai pecinta buku konvensional, tentu bagimu membaca buku meliputi membuka setiap lembarnya, mencium aroma kertasnya yang memabukkan, dan menikmati membolak-balik halamannya dengan jari. Tapi kadang membawa-bawa buku juga merepotkan. Inginnya sambil naik kereta sambil membaca untuk membunuh waktu. Tapi ternyata keretanya desak-desakan dan mengeluarkan buku hanya akan membuatnya rusak terdorong orang. Supaya kamu tetap bisa membaca, kamu bisa memanfaatkan smartphonemu yang bisa mendeteksi berbagai aplikasi baca buku yang tersedia. E-book Reader misalnya. Jadi lumayan kan, bisa untuk menambah wawasan sambil membunuh waktu luang.

6. Meski nggak secanggih kamera digital, kamera smartphone juga bisa menghasilkan gambar yang keren luar biasa, asalkan kita tahu fungsi semua feature-nya

Jadi fotografer via smartphone via nasa.tumblr.com

Bila dulu di generasi 90an kamera ponsel akan membuat fotomu tampak menyeramkan, sekarang sudah banyak smartphone yang punya kamera dengan resolusi 8-13 Mp. Sudah sangat memadai untuk mengambil gambar dengan kualitas lumayan. Tapi sayangnya, kamu hanya mempergunakan kamera smartphone untuk sekadar selfie saja. Padahal bila kamu memahami fungsi fitur-fitur yang tersedia, tahu bagaimana cara mengambil angle yang tepat, dan mengerti bagaimana mengatur pencahayaan, kamu bisa mengambil gambar ala fotografer profesional lho. Hanya bermodal ponsel pintar!

7. Saat sedang darurat, kamu bisa membuat file presentasi dengan smartphone lho! Tinggal unduh aplikasi Ms. Office di Playstore saja

Ms. Office untuk Smartphone via www.theverge.com

Bisa dikatakan bahwa memakai smartphone, artinya kamu mempunya laptop atau PC portabel yang bisa dibawa ke mana-mana dalam genggaman tangan. Jadi selain SMSan dan teleponan, kamu juga menggunakan smarphonemu seperti kamu memakai laptopmu. Salah satunya adalah membuat dan mengelola berbagai dokumen seperti Ms. Word, Ms. Excel, dan Ms. Power Point. Kalau kamu sedang terburu-buru membuat file presentasi, dan kamu nggak punya laptop, kamu bisa memanfaatkan ponsel pintarmu itu. Caranya, kamu tinggal download aplikasi Ms. Office di Playstore, dan bekerjalah seperti kamu sedang mengetik di laptop.

8. Nonton TV dengan laptop sudah biasa. Tapi kamu sudah tahu belum kalau smartphone-mu juga bisa untuk nonton TV secara offline?

Nonton TV dengan TV Tuner via www.jackcola.org

Bukan rahasia lagi bahwa kamu bisa menonton TV secara online atau streaming dengan ponsel. Asalkan kamu punya kecepatan internet yang luar biasa dan stok paket data yang oke punya. Kan nggak lucu kalau kamu sedang nonton bola, tapi di layarmu masih tendangan jarak jauh tapi di realitanya sudah ada gol yang yang tercipta. Solusinya adalah menonton TV secara offline. Kamu pernah mendengar alat namanya TV tuner? Yup, itu adalah alat penangkap sinyal televisi yang biasanya dipasang pada laptop. Alat ini bisa dipasang di smartphone-mu juga lho. Jadi kamu bisa nonton TV dengan ponselmu.

Sesuai dengan perkembangan zaman, kini fleksibilitas ponsel yang tersedia juga nggak terbatas. Kamu bisa melakukan banyak hal hebat dengan ponselmu saja. Tentu karena tujuan dari teknologi adalah memudahkan pekerjaan manusia. Jadi, jangan hanya memakai smartphone untuk telepon dan SMSan saja. Namanya kan ponsel pintar. Kita yang memakai, harusnya lebih pintar bukan?