Dengan alasan minimnya waktu luang, banyak hobi yang ditinggalkan begitu saja. weekdays sibuk bekerja, weekend sibuk bermalas-malasan. Lama-lama hobimu yang sebenarnya bisa bermanfaat justru terlupakan. Keahlian yang membanggakan itu, lama-lama hilang dan terbuang.

Banyak hobi, bila ditekuni, bisa menjadi sesuatu yang menjanjikan. Ya, meskipun nggak memberikan penghasilan tetap bulanan seperti gaji, tapi beberapa hobi yang Hipwee sebutkan di bawah ini, bisa memberimu jutaan setiap bulannya. Sudah siap baca?

1. Kamu hobi merajut atau membuat produk homemade lainnya? Jual saja di berbagai toko online. Kamu senang, penghasilan pun datang

Bikin sendiri via www.marthastewart.com

Hobi merajut, menganyam, membuat kerajinan tangan lainnya harus kamu syukuri sepenuhnya. Bukan hanya bermanfaat untukmu, karena kamu bisa membuat barang-barangmu sendiri, kamu juga mengembangkan hobimu untuk mencari penghasilan tambahan. Apalagi di era sekarang, produk homemade yang memang berkualitas, mulai diminati dan bersaing dengan barang impor.

Kamu nggak harus membuka toko sendiri untuk memasarkan produk-produkmu. Selain ribet mengurus pajak dan promosi, kamu kan bisa jual hasil karyamu melalui e-commerce seperti Bukalapak. Gampang dan anti-ribet. Konon penghasilan online shop itu bisa berjuta-juta lho setiap bulannya.

2. Hobi bikin video, bisa kamu jadikan mata pencaharian. Banyak peluang yang bisa kamu dapatkan.

Cari spot OK, bikin deh. via storyboard.tumblr.com

Kamu hobi mengunggah video di akun instagram dan snapchatmu? Daripada hanya jadi posting-an di media sosial, vlog-vlog yang kamu unggah menjadi karya yang menjanjikan lho. Kamu bisa menjadi Youtubers atau video maker yang profesional. Mulai dari menjadi videografer untuk acara kawinan sampai membuat film-film pendek, semua bisa kamu coba asal hobimu merekam gambar ini nggak kamu sia-siakan. Selain menjadikan hobimu sebagai pekerjaan, kamu juga bisa mengikutsertakan video karyamu di berbagai festival yang keren, seperti Festival Iklan Bukalapak misalnya.

Di Festival Iklan Bukalapak, kamu diajak untuk membuat kreasi video iklan kreatif berdurasi 30 detik dengan tema Pahlawan. Tema yang digunakan juga harus orisinal dengan isi yang informatif dan menghibur. Kompetisi ini sudah dimulai sejak tanggal 17 Agustus lalu lho, dan masih bisa kamu ikuti sampai tanggal 21 Oktober 2016. Selain kamu dapat mengembangkan kreasi dan inspirasi, kamu juga harus siap-siap menerima hadiahnya. Rp. 525 juta, guys! Ngapain nunggu besok-besok? Cepetan buat videomu sekarang! Mau tau lebih lengkapnya klik Festival Iklan Bukalapak segera, guys.

3. Dengan menjadi tour guide, hobi traveling-mu selain memberimu kesenangan dan wawasan, juga bisa memberimu uang jutaan

Keliling dapet untung~ via www.dailycal.org

Traveling menjadi semacam kewajiban untuk kamu yang masih muda. Mumpung belum banyak tanggungan, ada baiknya kamu mulai menyisihkan waktu yang uang untuk menengok sisi lain dari dunia yang kamu hidupi setiap harinya. Nah, untuk kamu yang sedari dulu hobi traveling ke mana-mana, hobimu itu bisa dimanfaatkan, lho. Selain jadi travel blogger, kamu juga bisa menjadi tour guide.

Karena nggak banyak orang tahu apa yang harus dilakukan di tempat asing, atau tahu mana saja yang harus dikunjungi saat berada di kotamu, kamu bisa menawarkan diri menjadi tour guide mereka. Sekali memandu, kamu bisa mendapatkan jumlah yang lumayan. Siapa tahu nanti kamu bisa bikin travel agent sendiri. Ya nggak?

4. Jangan biarkan hobi menggambarmu terbuang. Manfaatkan untuk membuat produk-produk desain yang bisa kamu tawarkan

Coret di atas kanvas via cyberspaceandtime.com

Selain henna, hobi menggambar bisa mendatangkan banyak peluang. Kamu bisa menjadi freelancer untuk illustrator dan desainer. Untuk seorang illustrator, kamu yang sudah profesional, bisa mendapat upah sekitar $ 200 setiap project-nya, tergantung hasil kerjamu juga. Sementara dalam sebulan, mungkin kamu bisa meng-handle 1-3 project.

Kalau kamu punya minat pada fashion, kamu juga bisa mengarahkan hobi menggambarmu ke desain pakaian. Atau kamu bisa juga membuka jasa seperti sepatu lukis atau kaus lukis. Dengan menjadikan hobimu sebagai sumber penghasilan, tabunganmu bertambah, kamu pun senang. Dobel manfaatnya.

5. Henna artist akan bahagia saat musim nikahan tiba. Sekali merias, 300-500 ribu bisa ditangan. Kalau sebulan yang nikah 10 orang?

Coretan apik yang bikin cantik via 1080.plus

Meskipun belum semua memakai, tapi seni henna yang berasal dari Timur Tengah ini sudah mulai disukai oleh para pengantin, lho. Wajar lah, di hari bahagia yang sekali seumur hidup, pasti kamu juga ini jadi yang terbaik dan tercantik kan? Nah, kalau kamu punya hobi menekuni henna art, jangan sampai hilang dan dilupakan. Kalau bisa diasah terus.

Seorang seniman henna bisa mendapatkan upah 150-250 ribu untuk yang amatiran dan 300-500 ribu untuk yang sudah punya nama. Kalau satu hari saja ada dua orang yang menggunakan jasa henna-mu, lalu sebulan ada 10 orang yang menggunakan jasa henna-mu, coba hitung sendiri berapa uang yang bisa kamu dapatkan? Cuma modal keterampilan menggambar dan rajin-rajin mencari inspirasi corak di internet.

Nah, gimana? Masih nggak percaya kalau hobi-mu bisa mendatangkan uang sampai berjuta-juta setiap bulannya?