Menarik dan Kreatif Saja Belum Cukup, Ini Pentingnya Peran Iklan Kontekstual dalam Periklanan Digital

Pentingnya Iklan kontekstual

Sejak awal pandemi hingga kini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai sebuah bisnis. Hal ini pun secara langsung menghadirkan persaingan yang menantang, khususnya di kanal daring. Untuk itu, pelaku bisnis kerap mengandalkan sebuah iklan sebagai bentuk promosi demi menggaet pelanggan.

Advertisement

Namun, tahukah kamu kalau sebuah iklan belum tentu efektif meski tampilannya menarik dan kreatif? Yup, hal tersebut mungkin terjadi kalau si pelaku bisnis nggak menampilkan iklannya dalam konteks yang tepat. Dalam hal ini, dunia periklanan digital mengenal yang namanya iklan kontekstual. Apa itu?

Sekilas tentang iklan kontekstual

Secara sederhana, kontekstual memiliki arti berhubungan langsung dengan apa yang sedang dibicarakan. Sebagai contoh, sebuah iklan pakaian anak-anak tidak seharusnya ditayangkan dalam artikel politik, karena pesan yang ingin disampaikan iklan tersebut nggak berhubungan langsung dengan isi artikel.

Oleh karena itu, penargetan kontekstual untuk sebuah iklan penting dipahami. Hal tersebut bertujuan memastikan format penargetan iklan dapat tayang pada konteks yang tepat. Konteks yang dimaksud di sini bukan hanya topik seperti yang tadi dicontohkan, melainkan juga kata kunci, sentimen, brand safety dan kategori tertentu.

Advertisement

Bagi para pengiklan digital, menerapkan penargetan kontekstual secara tepat dapat meningkatkan CTR dan ROI. CTR adalah rasio pengguna yang yang membuka tautan tertentu dengan jumlah total pengguna yang melihat halaman, email atau sebuah iklan. Terpenting, penargetan kontekstual dapat memberikan pengalaman positif bagi pengguna dengan meminimalisir isu privasi.

Memahami lebih jauh pentingnya penargetan kontekstual

| dok. Indonesian Digital Associaton

Penargetan kontekstual dalam dunia periklanan bukan sesuatu yang baru. Namun, hal tersebut masih belum sepenuhnya dipahami ekosistem periklanan. Tak jarang penargetan kontekstual bahkan dianggap sebagai sesuatu yang belum penting untuk dikuasai. Padahal, telah banyak bukti menunjukkan hal tersebut merupakan metode yang tepat dan efektif dalam beriklan.

Advertisement

Nah, kalau kamu tertarik memahami lebih jauh terkait pentingnya penargetan kontekstual untuk sebuah iklan digital, Indonesian Digital Association (IDA) akan menggelar webinar bertajuk “Contextual Approach to Targeting Digital Advertising” pada Jumat 3 September 2021 pukul 16.00 WIB.

Dalam webinar tersebut, kamu akan diajak mengulik seluk-beluk iklan kontekstual, mulai dari alasan pentingnya penargetan kontekstual hingga jangkauan dari penargetan kontekstual. Webinar ini akan dibawakan oleh IDA bersama MGID beserta praktisi digital dari media dan agency. Sebagai informasi, MGID adalah salah satu pionir periklanan kontekstual berbasis teknologi.

Untuk dapat mengikuti webinar ini, kamu bisa mendaftarkan diri melalui bit.ly/WebinarIDA10.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE