Kafe adalah salah satu bidang usaha yang banyak menyasar dan digarap anak muda. Dengan omsetnya yang bisa mencapai jutaan sekaligus tren nongkrong yang sedang berkembang, bisnis ini memang menjanjikan. Mungkin kamu pun berminat menekuninya setelah diajak teman-teman. Namun dengan ketatnya kompetisi antarkafe saat ini, kamu yang ingin menekuninya perlu berpikir ulang supaya kafemu bisa menang di antara kafe-kafe lainnya yang menyasar pasar yang sama.

Selain minuman berkualitas dan pelayanan berkelas, tema kafe yang kreatif bisa membantu kafemu mendatangkan pelanggan. Jika kamu masih bingung, mungkin 7 tema yang akan Hipwee jabarkan bisa sedikit memberikan pencerahan?

1. Mengganti bangku kayu dengan ranjang gantung adalah cara jitu menyamankan kafemu. Dijamin, kamu akan selalu kebanjiran pelanggan.

hammock cafe via uptownalmanac.com

Advertisement

Menciptakan suasana kafe yang nyaman tak selalu perlu dana yang melimpah. Jika lihai memutar otak, kamu bisa mendapatkan kafe bertema tak biasa dengan budget seadanya. Kafe memang tempat tujuan bagi kaum muda untuk bersantai dengan kawan-kawannya, sekaligus bisa dijadikan tempat baru untuk mencari ide. Maka dari itu banyak pengunjung yang sering duduk berlama-lama demi menghabiskan waktunya. Dari sini, sebenarnya kamu bisa membidik peluang bisnis yang luar biasa.

Alih-alih menggunakan bangku kayu selayaknya kafe kebanyakan, lengkapi saja kafemu dengan dengan kasur gantung atau hammock yang nyaman. Harganya pun terjangkau dan jauh lebih murah daripada kursi kafe. Hammock jaring dibandrol dengan harga 50 ribu hingga 75 ribu rupiah. Sedangkan kasur gantung yang berbahan kain harganya sekitar 100 ribu rupiah. Pilih hammock dengan nuansa warna pastel supaya kafemu nampak nyaman sekaligus elegan. Dijamin, para pengunjung yang datang akan betah berlama-lama menghabiskan waktunya di kafe milikmu.

2. Konsep kafe perpustakaan memang sudah menjamur. Namun, kafemu bisa terlihat unik sekaligus lucu dengan menggantungkan buku sebagai hiasan langit-langit

cafe perpustakaan via www.delood.com

Tema kafe perpustakaan memang sudah cukup menjamur di beberapa kota besar. Banyak kafe yang menyediakan beragam koleksi buku untuk menemanimu menyesap kopi. Hal ini merupakan salah satu trik jitu untuk membuat para pelanggan kafe betah berlama-lama menghabiskan waktunya di sana. Namun, selain sebagai bacaan, sebenarnya buku bisa dijadikan dekorasi. Tak hanya terlihat unik, dekorasi ini juga tak memerlukan kocek yang terlalu dalam. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli buku bekas dengan tampilan yang masih cantik.

Advertisement

Gantungkan ragam buku bekas yang sudah kamu beli di sela-sela lampu. Voila! Kafe perpustakaan unik milikmu pasti bisa berhasil menarik pelanggan untuk selalu setia datang.

buku bisa dijadikan dekorasi via www.delood.com

3. Jarum dan benang pun bisa dijadikan hiasan. Keunikan kafe berkonsep rajutan akan sukses memikat hati calon pelanggan.

cafe merajut via www.messynessychic.com

Tak hanya membaca yang membuat orang betah berlama-lama di suatu tempat. Salah satu hobi lainnya yang bisa digunakan untuk membunuh waktu adalah merajut. Kafe bertema unik ini bisa dikatakan masih langka di Indonesia. Padahal, tema ini terbilang beda dan bisa membuat calon pengunjung penasaran. Bahkan, bukan tidak mungkin komunitas merajut atau mereka yang memiliki hobi serupa akan selalu menjadikan kafemu tempat tujuan utama.

Alih-alih mendekorasi dengan pernak-pernik yang menguras tabungan, manfaatkan saja jarum dan benang sebagai hiasan. Susunlah benang aneka warna dan ukuran hingga memenuhi dinding kafemu. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan ragam buku mengenai ilmu merajut di rak buku. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu untuk mendalami ilmu merajutnya. Selain itu, manekin kain serta aneka hasil karya rajutan juga bisa dijadikan sebagai hiasan. Terakhir, jangan lupa beri penerangan yang sempurna ya di kafe milikmu, karena para pengunjung pasti akan lebih nyaman menyelesaikan rajutannya di tempat yang terang.

cafe rajut via www.caradesain.com

4. Memiliki kafe yang memperbolehkan pengunjung membawa kucing atau anjing akan membuat mereka betah nongkrong lama-lama dengan hewan kesayangan.

cafe kucing atau anjing via bludreamers.wordpress.com

Hampir semua kafe melarang keras pengunjung dengan hewan peliharaan untuk masuk dan menikmati suasana. Padahal, justru peraturan ini bisa dijadikan ide untuk membuat kafemu berbeda dengan kafe kebanyakan. Kamu bisa membuat kafe milikmu dengan tema hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Bukan tidak mungkin, banyak orang yang mencintai hewan tersebut akan berbondong-bondong untuk menghabiskan waktu di kafemu bersama dengan hewan kesayangan mereka. Bahkan, bisa jadi kafe milikmu dijadikan tempat berkumpulnya komunitas pecinta hewan tertentu.

Fasilitas yang perlu kamu punyai untuk menunjang tema yang kamu terapkan juga tak terlalu berlebihan kok. Untuk kucing, kamu hanya perlu menyiapkan furniture berupa rak bertangga yang bisa dijadikan tempat mereka memanjat. Dan bagi anjing, kamu hanya perlu menyediakan karpet atau matras nyaman untuk mereka tiduran selagi menunggu si tuannya. Penambahan menu kudapan bagi hewan peliharaan juga tentunya akan sungguh menarik pelanggan, karena selagi sang pemilik bersantai, si hewan peliharaan pun tak akan kelaparan.

5. Bermodal helm dan majalah otomotif yang dijadikan pajangan, kamu bisa menarik hati para pecinta motor untuk bertandang.

cafe anak motor via www.wweek.com

Selain buku, rajutan, serta hewan peliharaan, kamu bisa juga menjatuhkan pilihan pada konsep otomotif. Para pemuja dunia otomotif memang tak bisa dipandang sebelah mata. Mereka memiliki massa yang cukup banyak sehingga tepat rasanya jika konsep ini diaplikasikan di kafe milikmu. Kafemu tak akan pernah kehabisan pelanggan, entah mereka yang selalu datang karena mencintai dunia otomotif atau mereka yang menaruh kekaguman pada konsep yang kamu terapkan.

Untuk membuat kafe bertemakan otomotif ini tak terlalu mahal kok. Kamu bisa menempatkan helm khas anak motor dengan berbagai corak dan desain di rak-rak pajangan yang hingga mencapai langit-langit. Selain itu, kumpulan majalah otomotif, buku, dan juga miniatur mobil maupun motor modifikasi bisa turut dijadikan hiasan. Apabila kamu memiliki modal berlebih, kamu dapat membeli motor tua atau antik yang sudah dimodifikasi untuk diletakkan di sudut kafe sebagai pemanis ruangan.

6. Susun saja ragam mug dan benda-benda lawas sebagai bahan dekorasi untuk kafe bertema klasik milikmu. Ini adalah tujuan bagi mereka yang sedang ingin bernostalgia

retro kafe via www.blogto.com

Tak melulu kafe bertema modern yang laku di pasaran, kafe dengan konsep klasik pun sering dijadikan pilihan. Para pengunjung yang biasanya datang adalah mereka yang sedang dibelit oleh rindu kenangan. Untuk membuat kafemu makin menarik hati, kamu pun bisa mengerucutkan temanya, misalnya saja tema tahun 80-an atau 90-an.

Untuk mendapatkan kafe bertema klasik pun tak sulit. Kamu hanya perlu menambahkan meja dan kursi antik di kafe milikmu. Selain itu, wallpaper serta poster jaman dulu pun akan sukses menciptakan nuansa nostalgia kian mengental. Untuk membuat pengunjung makin terpesona, kamu dapat menyusun berbagai rupa mug dengan ragam corak sebagai pajangan. Tambahkan pula kaleng-kaleng biskuit lawas, kotak cokelat, hingga botol minuman kuno sebagai pelengkap dekorasinya. Terakhir putar, video atau alunan musik yang memang berjaya pada masanya.

7. Kafe berkonsep green house yang serba hijau akan membuat pengunjung mudah jatuh cinta. Mereka akan terpikat dengan kesejukan serta kesegaran yang kafemu sediakan.

green house kafe via www.renbehan.com

Pendingin ruangan bukan satu-satunya yang membuat ruangan terasa segar. Untuk membuat unik dan beda dari kafe lainnya, kamu bisa menerapkan konsep green house kafe. Alih-alih memasang mesin pendingin ruangan, kamu dapat menempatkan ragam tumbuh-tumbuhan di dalam. Hal ini akan membuat udara kafe segar secara alami, karena tumbuh-tumbuhan yang ada di dalam ruangan menghasilkan oksigen secara cuma-cuma. Untuk mempermanis tampilan, kamu dapat pula menambahkan pot-pot berisi tumbuhan segar di setiap mejanya.

Selain itu, untuk menghemat energi kamu bisa mendesain bentuk bangunannya mirip dengan desain rumah kaca. Atap berbahan kaca akan membuat kafemu mendapatkan penerangan alami pada saat pagi hingga siang hari. Tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya pun akan selalu sehat karena mendapatkan sinar yang cukup. Untuk mengurangi panasnya paparan sinar matahari langsung, kamu bisa mengantungkan kain panjang yang berbahan dasar mirip karung gandum. Tidak hanya meminimalisir sinar matahari, kain ini bisa digunakan sebagai bahan dekorasi.

Jadi, tema kafe apa yang akan kamu adopsi demi menarik calon pelanggan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya