Saran dari Pakar Sebelum Memutuskan Menerima Tawaran Pekerjaan: Nggak Boleh Asal, Meski Butuh

Tawaran Pekerjaan

Mendapatkan tawaran pekerjaan, apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini merupakan kabar yang menggembirakan. Bagaimana tidak, ini artinya kamu adalah pemenang dalam pertarungan pencarian kerja yang kian kompetitif. Kamu juga beruntung karena di tengah pandemi ini faktanya banyak orang yang terpaksa harus kehilangan pekerjaan.

Advertisement

Kendati demikian, ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi pertimbanganmu sebelum menerima tawaran kerja. Hal-hal umum yang bisa jadi bahan pertimbanganmu adalah terkait gaji, jenjang karier, dan lingkungan kerja. Selain itu ada beberapa hal lagi yang tak kalah penting untuk jadi pertimbanganmu sebelum memutuskan menerima tawaran kerja. Apa saja?

Pastikan perusahaan dapat memenuhi hak-hak pekerja dan menyediakan berbagai benefit

Ilustrasi menerima tawaran pekerjaan | dok. Allianz Indonesia

Ketika sangat membutuhkan pekerjaan, biasanya yang jadi fokus kita hanyalah gaji. Apa yang menjadi hak sebagai pekerja terkadang luput ditanyakan pada saat wawancara kerja. Padahal, hak-hak pekerja seperti tunjangan, jatah cuti hingga fasilitas asuransi kesehatan perlu untuk dipastikan, apalagi di tengah masa pandemi saat ini.

Maka dari itu, sebelum memutuskan menerima tawaran pekerjaan, HR Profesional sekaligus content creator Samuel Ray menyarankan untuk memastikan pemberi kerja dapat memenuhi hak pekerjanya dan menyediakan berbagai benefit, setelah tentunya memastikan nama baik perusahaan dan gambaran mengenai jenjang karier jika kamu bekerja di sana.

Advertisement

“Saat ini perusahaan berlomba-lomba untuk memberikan benefit bagi karyawan, seperti remunerasi yang kompetitif, kebijakan yang memudahkan karyawan dan asuransi kesehatan untuk melindungi karyawannya, terutama di tengah pandemi seperti ini,” kata Samuel dalam sebuah keterangan tertulis.

Jika apa yang disampaikan Samuel di atas akan kamu dapatkan dari calon pemberi kerja, maka dapat disimpulkan kalau perusahaan tersebut memposisikan pekerjanya sebagai aset berharga, bukan sekadar tenaga kerja. Karena seperti kata Head of Employee Benefits Allianz Life Indonesia Nicolaus Satya Bharata, kesuksesan sebuah perusahaan mutlak ditentukan oleh para pekerja. Maka, penghasilan yang memadai, lingkungan yang nyaman, dan proteksi lainnya harus jadi keniscayaan bagi mereka.

“Pekerja merupakan aset paling berharga yang mampu menentukan kesuksesan dari sebuah perusahaan. Selain penghasilan yang memadai dan lingkungan kerja yang nyaman, alangkah baiknya (pekerja) mendapatkan juga rasa aman dan nyaman melalui fasilitas asuransi kesehatan kumpulan yang disediakan oleh perusahaan,” ujar Nicolaus.

Advertisement

Perusahaan idealnya harus memberikan fasilitas asuransi kesehatan kumpulan

Ilustrasi menerima tawaran pekerjaan | dok. Allianz Indonesia

Seperti telah disinggung oleh Nicolaus, asuransi, dalam hal ini fasilitas asuransi kesehatan kumpulan yang diberikan perusahaan kepada pekerjanya menjadi sesuatu yang sangat penting dan harus diprioritaskan. Urgensi fasilitas asuransi ini tak lain dipengaruhi oleh kondisi pandemi yang masih jadi momok bersama.

Seperti diketahui, asuransi kesehatan kumpulan dapat melindungi karyawan tidak hanya dari dampak kesehatan, melainkan juga dari beban finansial jika harus melakukan perawatan medis. Ini karena asuransi kesehatan kumpulan memberikan perlindungan kepada pekerja dan pasangan serta anak. Idealnya, asuransi kesehatan kumpulan dapat meng-cover kebutuhan umum seperti untuk rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, kacamata dan kehamilan.

“Di tengah pandemi ini, tersedianya fasilitas asuransi kesehatan kumpulan bagi karyawan dapat menjadi bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan. Dengan demikian, karyawan pun akan terlindungi dan kualitas kerja dapat terjaga secara optimal demi mendukung tujuan organisasi,” lanjut Nicolaus.

Salah satu fasilitas asuransi kesehatan kumpulan yang dapat jadi pilihan perusahaan untuk pekerjanya adalah Smarth Health dari Allianz. Asuransi ini punya berbagai manfaat perlindungan dan proteksi kesehatan bagi pekerja dan keluarganya, yang dapat dimanfaatkan hanya dengan menunjukkan kartu peserta Allianz di rumah sakit atau klinik jaringan Allianz.

Nah, itu dia beberapa hal yang sebaiknya jadi pertimbanganmu sebelum memutuskan menerima tawaran pekerjaan sekalipun sangat membutuhkannya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE