Di masa-masa sekarang, siapa sih yang nggak punya alamat email? Kegunaan email bukan hanya untuk keperluan berkirim pesan saja lo, tapi juga sebagai media untuk memverifikasi identitas yang digunakan untuk kepentingan seperti akun medsos, perbankan, atau akun kepemilikian penting lainnya. Nggak heran kalau satu orang punya beberapa email untuk kepentingan yang berbeda-beda. Tapi, jangan sekali-kali kamu gunakan alamat email dengan nama-nama yang alay untuk melamar kerja. Karena sudah dipastikan kamu nggak bakal dipanggil wawancara.

Biar kamu sadar diri, berikut Hipwee Sukses jabarkan beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya nggak lagi bikin alamat email dengan nama-nama alay melainkan menggunakan nama lengkap.

1. Alamat email dengan nama-nama alay sulit dihafalkan, berbeda dengan alamat email yang menggunakan nama panjang

susah diingat via www.idntimes.com

Advertisement

Jika email menjadi suatu hal penting yang bakal dipakai terus di kehidupan sehari-hari, maka penting untuk membuat alamat email yang lebih mudah dihafal. Menggunakan nama panjangmu adalah solusi yang tepat ketimbang memilih nama-nama alay yang sulit diingat. Kamu pun hanya perlu menyimpannya dalam ingatan saja, nggak perlu sampai mencatatnya di ponsel atau di buku notes. Sehingga kapan pun dibutuhkan, kamu nggak perlu mengorek-orek catatan lagi.

2. Menggunakan nama asli sebagai alamat email menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi dan sikap jujur terhadap identitas diri yang sebenarnya

PD dengan diri sendiri via forkidsandmoms.com

Ketika kamu menggunakan nama asli untuk alamat email, secara nggak langsung kamu telah menunjukkan rasa percaya diri dan kejujuran terhadap identitas dirimu yang sebenarnya. Artinya kamu nggak malu dengan namamu sendiri. Mungkin pernyataan ini terkesan sepele tapi memang ada orang-orang yang nggak PD dengan namanya sendiri karena dianggap ndeso dan nggak kekinian. Makanya mereka kerap mengganti namanya dengan nama samaran yang dirasa lebih keren, bisa diterima orang lain, dan terhindar dari cemoohan.

3. Nama alamat email yang alay akan menghambatmu mendapatkan pekerjaan, perekrut bakal menganggapmu sebagai pribadi yang negatif lo

sulit diterima kerja via cakapinterview.com

Disadari atau nggak, alamat email yang namanya alay menjadi salah satu faktor yang bikin kamu sulit diterima kerja. Alamat email seperti aldo_sahabatsetiamu@domain.com atau D34ndRa_Luvv@domain.com akan menimbulkan kesan negatif bagi perekrut yang sedang me-review surat lamaran dan CV-mu.

Advertisement

Hasil riset yang dikutip dari Detik menunjukkan bahwa nama alamat email yang terkesan imut atau melucu serta menggunakan garis bawah terdengar kurang profesional, sama saja dengan salah ketik dalam menulis CV atau surat lamaran. Selain narsis, menurut para peneliti, pelamar dengan alamat email yang alay dianggap nggak jujur, kurang dewasa dan nggak rendah hati sehingga kurang layak diterima bekerja.

4. Alamat email yang namanya alay kerap kali nggak dipercaya karena dianggap main-main atau nggak serius

dianggap penipu via www.wikihow.com

Banyak penipu yang menggunakan alamat email palsu untuk melancarkan aksinya. Selain yang sudah ahli, terkadang mereka menggunakan nama-nama yang aneh sehingga kebanyakan mudah ditebak. Nah, kalau kamu pakai alamat email yang alay alias yang namanya nggak jelas, bisa jadi kamu juga dianggap sebagai penipu. Padahal saat itu kamu tengah menyampaikan pesan penting. Berbeda kalau kamu pakai nama asli untuk alamat email-mu, artinya kamu sudah memberikan rasa aman dan jaminan kepada orang lain bahwa email-mu adalah email yang sah.

5. Kamu yang pakai alamat email alay, siap-siap dikira akun spam deh!

Alamat email yang profesional lebih dipercaya oleh penyedia email di seluruh dunia. Beberapa layanan email gratis kerap dikategorikan sebagai spammer, terlebih kalau namanya nggak jelas alias alay. Kalau sudah begini, email yang kamu kirim akan ditandai sebagai spam dan masuk ke spam box. Akibatnya, yang kamu kirimi email itu nggak akan tahu kalau dirinya mendapat pesan darimu lantaran jarang periksa spam folder. Jadi nggak sampai kan pesanmu…

Perlu kamu tahu bahwa alamat email mencerminkan sifat atau kepribadianmu dalam sekilas. Dengan memiliki alamat email yang profesional, diharapkan proses berkirim pesanmu akan lebih lancar, memperbesar kesempatan untuk diterima kerja, serta membuka peluang kesuksesan bagi kamu ke depannya. Jadi, mulai sekarang tinggalkan alamat email yang pakai nama alay, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya