Saat akan melamar kerja, resume alias CV (Curriculum Vitae) menjadi elemen penting yang menentukan tertarik atau nggaknya perekrut untuk menyeleksimu. Karenanya, kreativitas dalam membuat CV sangat diperlukan. Belum lagi, di era digital seperti sekarang ini, lapangan kerja akan lebih memilih CV yang ‘nggak biasa’ meskipun mungkin isinya biasa saja. Masalahnya, nggak semua orang punya kemampuan desain yang bikin tampilan CV jadi lebih menarik.

Jangan sedih, kalau selama ini tampilan CV-mu cenderung polos dan membosankan, situs-situs ini menyediakan template untuk membuat CV secara online yang lebih menarik dan profesional. Siap-siap dipanggil interview deh!

1. Kalangan pelajar dan mahasiswa pasti tahu Canva. Nggak hanya digunakan untuk keperluan konten medsos, presentasi, atau infografis saja, tapi bikin CV yang menarik juga

Advertisement

Canva punya banyak sekali pilihan desain, foto dan ikon yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu hanya perlu melakukan drag and drop ke sejumlah elemen gambar di template yang kamu pilih, mengeditnya, kemudian mengetik ulang format isinya untuk mempercantik tampilan CV-mu.

2. Easel.ly menyediakan berbagai template CV yang atraktif secara visual. Cocok banget buatmu yang ingin melamar pekerjaan di bidang kreatif

Easel.ly via www.pinterest.ie

Situs Easel.ly menyediakan template yang membantumu menyampaikan informasi dalam bentuk data yang menarik, termasuk template infografik dengan warna-warna yang atraktif untuk CV. Pembuatannya pun sepenuhnya bisa kamu kreasikan sendiri. Desain CV dari Easel.ly cocok untukmu yang ingin melamar kerjaan di industri kreatif.

3. Kalau kamu butuh tampilan CV yang lebih detail dan formal dengan tatanan teks Bahasa Inggris, pakai Visual CV

Visual CV via guidic.com

Kebanyakan template CV yang tersedia di Visual CV berlatar belakang putih yang minimalis, cocok jika kamu butuh tampilan CV yang lebih formal. Kustomisasi halamannya sangat mendetail, juga punya tatanan teks profesional berbahasa Inggris yang bisa diubah sesuai pengalaman kerjamu. Situs ini bisa kok memasukkan data dirimu secara otomatis yang diambil dari akun LinkedIn (baiknya kamu bikin dulu sih).

Advertisement

Keunggulan lainnya, kamu bisa mengedit CV-mu dari perangkat mobile. Layaknya medsos, kamu pun bisa mengetahui informasi jumlah orang yang melihat atau mengunduh CV yang telah kamu unggah sekaligus meminta respon hasil CV buatanmu dengan mengirimkannya melalui email kepada teman-temanmu. Seru, kan?

4. Kick Resume akan membantumu membuat CV dengan cara paling sederhana dalam waktu singkat bahkan kurang dari 10 menit saja

Kick Resume via talentmagnet.co.za

Meski menyajikan tampilan formal, bentuk dan warna pada desain Kick Resume lebih dinamis namun tanpa meninggalkan kesan profesional. Kick Resume menyediakan template CV yang cocok untuk berbagai profesi. Jika kamu bingung memilih desain yang sesuai untuk bidang industri yang digeluti, tekan saja menu resume examples di mana kamu bisa melihat CV orang lain yang telah berhasil lolos seleksi di perusahaan ternama. Situs ini juga menyediakan fungsi pembuatan surat rekomendasi kerja lho!

5. Selain bikin CV-mu terlihat menarik, Cuuveed bisa menghubungkanmu dengan dengan portal lowongan kerja

Cuuveed via medium.com

Lewat situs Cuuveed, kamu bisa merancang CV online yang menarik dengan tanpa harus mengisi data-datamu karena Cuuveed terintegrasi dengan LinkedIn. Cuuveed merangkap sebagai portal penghubung lowongan kerja yang dikelola bersama Karir.com. Nah, kamu bisa memanfaatkan semua kelebihan yang ditawarkan Cuuveed untuk meraih karier yang lebih baik.

6. Nggak hanya membuat CV terbaik saja, Novoresume juga dilengkapi dengan fitur yang bakal merevisi kekurangan biodata yang penting bagi HRD

Novoresume via alternativeto.net

Situs ini punya pengaturan kolom yang nyaris sama fleksibelnya dengan Canva. Kamu bebas memilih template yang menarik, mengatur layout dari lembar CV yang dibuat, sekaligus menyimpan hasil akhir CV-mu ke dalam format PDF. Bonusnya lagi, Novoresume ini dilengkapi dengan fitur optimizer yang akan merevisi kekurangan biodata yang dianggap krusial oleh penilaian HRD. Jadi meminimalisir kesalahan yang kamu buat, kan?

Nah, lewat situs-situs di atas, kamu nggak perlu bingung lagi bagaimana harus mendesain CV dengan tampilan yang lain dari biasanya. Segera siapkan data-datamu, input ke dalam salah satu situs yang sesuai dengan kebutuhanmu, kirimkan ke kantor impian, lalu bersiaplah untuk panggilan wawancara. Semoga sukses!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya