Ada kalanya kita harus mengorbankan jam-jam yang harusnya digunakan buat urusan kampus atau kantor untuk urusan pribadi yang juga memiliki tingkat urgensi yang tinggi, seperti bikin KTP, mengambil visa, atau sekadar foto SIM di kantor polisi. Di musim liburan kali ini, mungkin juga kamu akan mau pulang ke rumah lebih cepat untuk membungkus kado atau menyiapkan piknik keluarga.

Jika kasus seperti ini muncul, kamu harus memangkas jam kerjamu tanpa menurunkan sedikitpun produktivitasmu di kantor. Jadi apa saja yang harus kamu lakukan supaya produktivitasmu maksimal? Perhatikan cara-caranya di bawah ini!

1. Pastikan kamu berolahraga pagi ini. Olahraga pagi akan membuat badan dan pikiranmu lebih siap menghadapi hari.

Untuk tubuh dan pikiran

Untuk tubuh dan pikiran via www.popsugar.com

Advertisement

Penelitian sudah menunjukkan bahwa berolahraga di pagi hari membuat otak kamu berpikir lebih tajam, membuat tubuh lebih segar, dan lebih siap untuk menyambut hari yang produktif. Bahkan penelitian satu ini menunjukkan hubungan langsung antara olahraga dan produktivitas kerja. Berdasarkan penelitian tersebut, olahraga akan memacu tubuh memproduksi mitokondria-mitokondria baru dalam sel tubuh kita, yang kemudian memfasilitasi pembakaran energi.

Performa yang baik ditempat kerja membutuhkan kapasitas intelektual dan ketahanan tubuh yang bagus. Keduanya bisa kamu dapat melalui latihan ringan sebelum beraktivitas. Kamu bisa mencoba yang paling mudah seperti lari atau jogging, yoga atau ten minutes work out yang pernah Hipwee tuliskan di sini.

2. Gunakan mobil atau motor pribadi. Komuting dengan transportasi umum bisa menghadirkan stres yang tak perlu.

Naik skuter aja

Naik skuter aja via www.gopixpic.com

Jika jarak antara rumah dan tempat kerjamu memang jauh, sebisa mungkin hindari komuting kalau kamu pengen pulang lebih cepat. Jika bisa kendarai kendaraan pribadi atau menumpang kendaraan teman. Komuting (apalagi di Indonesia) memakan waktu yang lebih lama yang diperkirakan, dan komuting adalah kegiatan yang cukup bikin stress di pagi hari. Memulai pekerjaan degan pikiran stress gak akan bikin kamu jadi produktif.

Advertisement

Tentu saja memakai kendaraan pribadi ke kantor bukan langkah yang paling ideal untuk menjaga lingkungan. Namun kamu punya kepentingan spesial (yaitu pulang cepat) hari ini, sehingga caramu pergi ke kantor pun harus “spesial”. Kamu bisa menaiki bus atau kereta di lain hari, saat tidak perlu pulang cepat dari kantor.

3. Sebelum menyentuh kertas kerjamu atau menghubungi klien, pastikan kamu membuat jadwal tentang apa yang harus kamu lakukan hari ini

Rencana dari malam

Rencana dari malam via thesweetsetup.com

Membuat to-do list akan melancarkan hari kerjamu. Kamu akan bisa memanfaatkan setiap detikmu di kantor karena punya target-target spesifik yang harus dipenuhi. Kamu pun akan terhindar dari acara bengong ‘gak-tahu-mau-ngapain’.

Jangan menjadwalkan kegiatan-kegiatan yang terlalu banyak dan berat. To-do list yang panjang justru akan bikin kamu merasa terbebani. Jadwalkan pekerjaan sesuai seperti workload yang kamu jalani setiap hari, dari jam 9 hingga jam 5. To-do list yang ringan dan gak neko-neko justru cenderung akan kamu selesaikan dengan semangat.

4. Agar bisa pulang lebih cepat dari biasanya, patuhi jadwal yang sudah kamu buat sebelumnya

Stick to the schedule

Stick to the schedule via themes.array.is

Masih ingat jadwal dan to-do list yang kamu bikin pagi-pagi hari itu? Sekarang saat yang tepat untuk menjalankan hari sesuai rencana. Patuhi jadwal dan alur kerja yang udah kamu buat. Harimu di kantor terbatas, jadi jangan buang-buang waktu untuk mengubah dan menambahkan jadwal.

Di saat seperti ini, gak ada ruang bagi fleksibilitas. Semua harus sesuai jadwal dan kamu gak mau mengacaukan jadwal tersebut. Kamu juga harus belajar untuk mengatakan “Tidak” pada teman atau atasanmu, jika permintaan mereka akan memaksamu mengkompromikan jadwal yang sudah kamu susun.

5. Tunggu flow kerja terbaikmu datang. Flow ini akan tiba kira-kira 20 menit setelah kamu sampai di kantor.

Lagi flow

Lagi flow via www.letsintern.com

Kamu mungkin berambisi untuk segera mengerjakan tugas setelah sampai di kantor. Namun sesungguhnya, tubuh dan pikiran kamu membutuhkan sekitar 20 menit untuk pemanasan dan mencari “flow”Jika kamu sudah berada dalam flow yang tepat, fokus kamu akan tertuju pada tugas sepenuhnya, mengerjakannnya dalam level yang tinggi dan kecepatan yang tinggi.

Jika kamu sudah fokus, pekerjaan apapun yang kamu lakukan akan berjalan dan mengalir dengan lancar. Namun kamu memang harus menunggu datangnya flow tersebut. Ketika kamu menunggu flow, isilah waktumu dengan membaca berita atau mendengarkan musik yang tenang.

6. Patok 60 detik sebagai waktu maksimalmu untuk mengambil keputusan. Mau makan siang apa? Kapan kamu mau bicara dengan bos tentang rencana cuti? Putuskan semuanya dalam 60 detik.

Cepat dan tepat

Cepat dan tepat via static.tumblr.com

Membuat keputusan adalah pekerjaan yang memakan waktu. Berapa lama biasanya kamu mengambil keputusan? 10 menit, 30 menit atau berjam-jam? Jika ingin lebih produktif, batasi dirimu dalam waktu tertentu untuk membuat keputusan. Jika kamu diharuskan mengambil keputusan, pastikan kamu mengambilnya dalam waktu 60 detik. Keputusan besar maupun kecil, putuskan dalam semenit. Kamu gak butuh waktu berjam-jam, namun keputusan yang kamu ambil pasti akan sama baiknya.

7. Selalu mulai harimu dengan tugas yang paling berat. Apapun setelahnya akan terlihat mudah.

Setelahnya terlebih mudah

Setelahnya terlebih mudah via 41.media.tumblr.com

Ketika kamu sudah mencapai flow yang asik untuk bekerja, segera tekel pekerjaan atau proyek yang paling menantangmu terlebih dahulu. Mungkin kamu akan bersusah payah di awal, tapi cepat atau lambat, tugas yang berat toh akan kamu hadapi juga. Jadi kenapa tak lebih dulu saja kamu menyelesaikannya?

Setelah membereskan pembukuan yang bertumpuk-tumpuk, menerjemahkannya ke dalam satu lembar laporan akan terasa sangat mudah. Sebab kamu akan berpikir: yang berat aja bisa kamu lakukan, kenapa kerjaan yang kecil tidak bisa?

8. Jika memungkinkan, mohon izin supaya kamu bisa tak hadir dalam rapat. Alokasikan waktumu untuk menuntaskan tugas yang sudah menumpuk.

Sorry gak rapat

Sorry gak rapat via oscarpena.me

Temui atasan atau teman-teman kamu, dan jelaskan alasan mengapa kamu harus pulang lebih cepat hari ini. Jika mereka mengerti sampaikan pula bahwa kamu tak bisa ikut rapat, karena harus menggunakan waktumu itu untuk menuntaskan tugas dalam waktu yang lebih singkat. Ini tentu akan lebih memungkinkan jika kamu adalah peserta rapat, bukan pemimpinnya.

Ya, rapat (termasuk rapat lewat telepon/internet) membutuhkan waktu yang besar. Jika menurutmu rapat itu masih bisa berjalan lancar tanpa kehadiranmu, jangan ragu-ragu untuk minta izin pada pemimpin rapat. Sebelumnya pastikan dulu kamu sudah menitipkan aspirasimu pada teman kerja. Ini adalah bukti bahwa kamu tetap peduli untuk berkontribusi pada kelancaran rapat tersebut.

9. Tutup telingamu dengan headphone, bahkan walaupun kamu sebenarnya tak menyalakan musik

Jangan sampai musik menggangu via www.fresnostaffingagency.com

Mendengarkan musik lewat headphone akan menutup suara-suara mengganggu yang bisa mengalihkan perhatian dalam sekejap. Trik ini sudah sering banget dipraktikkan semua orang yang mencoba untuk fokus.

Alih-alih mendengarkan lagu koleksi kamu sendiri atau streaming artis favorit secara online, alangkah baiknya kalau kamu mendengarkan radio. Biarkan sang DJ yang memilih lagu buat kamu, jadi kamu gak perlu repot-repot bikin playlist dan buang-buang waktu untuk mengganti lagu.

Pilihan lain adalah mengenakan headphone tanpa menyalakan musik sama sekali. Dengan ini, rekan kerjamu akan tahu kalau kamu sedang tidak mau diganggu. Kamu pun bisa lebih bebas dari distraksi. Usahamu untuk fokus bisa menjadi lebih lancar.

10. Jangan bekerja tanpa break. Ambil rehat 3-5 menit setiap 20 menit bekerja.

Ngopi dulu yuks

Ngopi dulu yuks via www.fresnostaffingagency.com

Pekerjaanmu bisa menjadi lebih lancar justru ketika kamu sering mengambil break. Paham inilah yang dipercaya mereka yang mempraktikkan teknik peningkat produktivitas Pomodoro. Setel alarm setiap 20 menit, dan ketika alarm tersebut berbunyi, istirahatlah selama 3-5 menit menit. Jangan pernah memforsir otak untuk melebihi kapasitas maksimalnya.

Hadiahi tubuh dan pikiranmu yang sudah maksimal bekerja dengan sedikit peregangan, minum air putih, kopi atau sedikit kudapan. Istirahat yang cukup akan mencegah produktivitasmu pelan-pelan menurun.

11. Sudah bersiap-siap mau pulang? Rapikanlah meja kerjamu dulu, agar kamu tak repot ketika masuk ke kantor lagi.

Supaya besok tinggal tancap gas

Jangan pernah lupa rapikan mejamu dulu via minimaldesks.com

Sebelum pulang, jangan pernah lupa untuk merapikan meja kerjamu. Pulpen yang tercecer, kertas yang berserakan, dan meja yang berantakan akan memakan waktu kerjamu dan merusak suasana hatimu ketika kamu masuk kantor lagi esok hari. Jika beres-beresnya kamu lakukan sore hari ini, kamu bisa langsung mulai kerja esok hari tanpa terdistraksi oleh kabel charger yang terlilit di kaki meja atau sampah kertas yang ada di mana-mana. Bukan rahasia lagi, datang ke kantor dan disambut meja yang bersih dan rapi akan membuatmu lebih bersemangat untuk bekerja dengan giat. Kamu tak mau produktivitasmu hanya bertahan untuk hari ini saja, bukan? Pertahankanlah produktivitas itu hingga esok-esok hari. Kamu masih membutuhkannya selama kamu masih bekerja!

Jika kamu bisa fokus hari ini, bukan tak mungkin bila beban kerjamu itu bisa selesai di waktu makan siang. Bagaimana, apakah kamu sudah siap mencoba? Semoga berhasil!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya