Banyak orang memilih berwirausaha sebagai cara untuk memperoleh uang. Ada yang beranggapan bahwa menjadi wirausahawan lebih mudah daripada mencari pekerjaan yang saingannya banyak dan berat. Padahal dunia usaha dan industri kerja tak jauh bedanya. Salah mengambil keputusan, bisa-bisa usaha kamu akan bangkrut dan terpuruk.

Salah satu hal terpenting yang harus menjadi pertimbangan utama adalah partner kerjamu dalam menjalankan usaha. Hipwee kali ini akan membahas tentang 5 orang yang wajib ada dalam tim bisnismu.

Pengalamannya yang pernah menjadi pelaku usaha akan membawa dampak yang baik untuk tim dan bisnismu

Pengalaman berwirausaha sebelumnya bisa menjadi modal bisnis selanjutnya

Pengalaman berwirausaha sebelumnya bisa menjadi modal bisnis selanjutnya via limitemagazine.com

Advertisement

Setiap usaha tak hanya bisa didasari pada keinginan untuk memperkaya diri semata. Kamu harus menyadari jika dalam berbisnis banyak hal yang juga dikorbankan. Untuk itu kamu perlu punya anggota tim yang juga memiliki jiwa yang sama, yaitu jiwa pebisnis. Orang yang memiliki jiwa pebisnis adalah saat kamu bertukar pendapat tentang ide bisnis, dia akan banyak mengatakan “kenapa tidak?”  Dia adalah orang yang tahu persis bahwa berbisnis butuh tekat yang kuat dan berani mengambil resiko. Orang berjiwa bisnis ini akan setia mengingatkan kamu bahwa tak ada bisnis yang sukses tanpa menghadapi resiko. Dia yang memperoleh jiwa pebisnis bukan orang sembarang. Dia bisa jadi orang yang ditempa pengalaman berbisnis. Makanya dia bisa jadi mitra berbisnis atau kamu bisa joint bisnis bersamanya. Dia bisa jadi memiliki jiwa bisnis sejak lahir karena latar belakang keluarga.

Dia yang nekat dan sedikit “gila” kadang diremehkan. Padahal sebenarnya menyimpan potensi yang mumpuni ketika bertemu orang-orang hebat dalam 1 tim

Orang-orang nekat dan gila memang perlu

Orang-orang nekat dan gila memang perlu via ec.europa.eu

Beberapa orang mungkin tidak akan memasukannya kedalam tim karena dianggap sebagai pengacau dan tidak memberikan kontribusi apapun untuk usaha. Anggapan itu salah, dia adalah orang yang akan melindungi bisnismu disaat-saat tak terduga. Dia akan membela dan membantu menyelesaikan masalah dengan cara pikir yang sederhana. Dia bukan orang yang berpikir rumit, jadi saat ada masalah dalam usaha kamu bisa meminta pendapatnya sebagai pertimbangan. Kamu akan menghadapi masa dimana ide bertebaran dikepala dan dia akan membantumu untuk meletakkan itu dalam visi perusahaan dan fokus pada tujuan.

Dia si agen penjalin relasi sangat dibutuhkan terutama dia yang akan mempromosikan usahamu dan memperluas koneksi untuk pertumbuhan usahamu

Menjalin kerjasama dan relasi adalah keahliannya

Menjalin kerjasama dan relasi adalah keahliannya via en.wikipedia.org

Dia adalah orang yang sangat cerdik dalam melirik koneksi. Dia adalah orang yang mampu menjalin komunikasi bersama mitra-mitra strategis. Ciri utamanya adalah punya banyak teman. Orang ini sangat terbuka pada orang lain, ramah dan bicaranya santai tapi lugas. Dia akan sangat membantu untuk membangun relasi dengan partner yang menjadi incaran usaha kamu agar berkembang cepat. Dia orang yang punya kemampuan dan berbakat dalam komuikasi. Dia juga terampil bermain di media sosial.

Tak kalah penting dengan leader, sang manager juga mampu berkontribusi penting sebuah bisnis. Jangan coba-coba remehkan kemampuannya

Kemampuannya mengatur segala hal patut dijadikan teladan berbisnis

Kemampuannya mengatur segala hal patut dijadikan teladan berbisnis via www.cnbc.com

Advertisement

Coba lihat, ada banyak buku tentang berbisnis ataupun berwirausaha yang membahas tentang kepemimpinan dan manajemen.  Itu menunjukan jika manajemen juga menjadi hal yang sangat menentukan untuk keberlangsungan usaha. Sang manajer adalah orang yang mengatur jalannya organisasi dalam bisnismu. Mulai dari struktural sampai pekerjaan tiap posisi. Dalam permainan sepak bola, dia adalah pelatihnya. Dia tahu dimana kamu harus ditempatkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tentunya dan strategi apa yang diterapkan.  Jadi perannya sangat esensial, jangan sampai salah pilih orang ya.

Field expert adalah jantung dari timmu, jangan sampai salah orang. Pilihlah yang benar-benar berkompeten dan berpengalaman.

Pemecah masalah dan jantung tim

Pemecah masalah dan jantung tim via cloudedblog.com

Orang yang satu ini adalah seorang pemikir. Dia adalah observer dan pengatur rencana. Dia adalah jantung tim bisnismu, dalam bisnis dia sering disebut Field Expert. Dia memahami seluk beluk medan dalam berbisnis. Dia dibentuk dari pengalamannya sebagai seorang perencana bisnis. Perencana bisnis sangat menentukan kelangsungan sebuah usaha. Tentu tak boleh sembarang orang, latar belakang pendidikan dan insting peluangnya harus sangat kuat. Dia akan membantumu menentukan target, momentum, dan prospek bisnis.

Kebutuhan tiap usaha mungkin memang berbeda-beda tapi tak ada salahnya untuk mempertimbangkan 5 tipe orang ini untuk membantu memperlancar bisnismu. Tak bisa merekrut sembarang orang untuk menjadi tim karena kerja keras tim yang akan membawamu menjadi orang yang sukses sebagai pebisnis ataupun wirausahawan..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya