Buat yang Masih Bingung Pilih Peluang Bisnis, Cek 8 Tips Praktis ini. Dijamin Bakal Memudahkanmu~

Tips motivasi memilih bisnis

Peluang bisnis yang ada sekarang ini sebenarnya sangat bermacam-macam. Namun, beberapa orang justru bingung dengan banyaknya pilihan sehingga membutuhkan waktu lama untuk memilih bisnis yang cocok. Kalau Sobat Hipwee termasuk salah satu orang yang sudah niat bikin usaha sendiri tapi susah menentukan bisnis seperti apa yang ingin dijalani, sepertinya artikel kali ini cocok deh buat kamu.

Advertisement

Daripada berlama-lama buang waktu merenung dan bimbang, SoHip bisa cek nih tips-tips praktis untuk memudahkanmu menemukan bisnis yang sesuai. Waktu yang tepat dalam memulai bisnis adalah sekarang. Memulai bisnis memang nggak mudah seperti yang dibayangkan, namun beberapa hal berikut ini bisa membantu kamu lebih mudah dalam memilih bisnis apa yang akan dijalankan sehingga action-nya lebih cepat.

1.Mencoba untuk selalu meyakinkan diri sendiri. Kalau nggak yakin dengan diri sendiri, bagaimana kamu bisa meyakinkan orang lain?!

Photo by fauxels from Pexels

Hal pertama dan paling penting adalah memupuk keyakinan diri sendiri. Baik seputar alasan kenapa SoHip yakin mau memulai usaha sendiri atau kenapa kiranya SoHip cocok menjalani kehidupan sebagai pengusaha. Jika SoHip sendiri tidak bisa meyakinkan diri sendiri, orang lain juga mungkin akan sulit diyakinkan dengan proposal bisnismu.

Advertisement

2.Membuat daftar bisnis yang disukai. Kamu bisa membuat list seputar ide bisnis yang ada di benakmu~

Photo by airfocus on Unsplash

Meski terdengar sederhana dan klise, cara ini bisa sangat membantu ketika SoHip kesulitan membuat keputusan. Tanpa berpikir terlalu dalam atau panjang, buat saja daftar tentang apa saja jenis peluang usaha yang ada di pikiranmu saat ini. Dari peluang bisnis realistis sampai bisnis yang masih sebatas impian, tidak apa-apa tuliskan dulu saja semuanya. 

Advertisement

3.Memilih apa yang paling dikuasai. Dari banyaknya daftar yang sudah dibuat, pasti ada salah satu yang paling kamu kuasai atau tertarik mempelajari lebih dalam

Photo by fauxels from Pexels

Setelah membuat daftar peluang bisnis yang SoHip sukai, baru kemudian pilih diantaranya apa-apa saja yang SoHip kuasai. Atau ya at least berkomitmen untuk mempelajari secara intensif. Karena menjalankan bisnis pastinya butuh kemampuan dan bukan hanya kemauan, maka SoHip perlu memikirkan hal ini secara masak-masak.

4.Mempelajari jenis usaha yang sudah dipilih. Banyak belajar agar bisa dengan mudah mengelola bisnis

Photo by Christina Morillo from Pexels

Kemampuan berbisnis atau pengetahuan di bidang terkait jelas tidak bisa didapatkan secara instan, tapi SoHip perlu komitmen besar untuk mempelajari sebanyak mungkin seputar bisnis yang akan kamu jalani. Adanya teknologi membuatmu lebih mudah untuk mendalami peluang usaha tersebut. Kamu bisa belajar sendiri melalui Youtube, aktif dalam webinar atau ikut kursus online.

5.Tetap fokus pada satu bisnis. Fokus pada satu bisnis agar hasilnya lebih maksimal

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Untuk yang baru pemula dalam memulai bisnis, alangkah lebih baik kalau SoHip sudah punya rencana bisnis yang rapi dan tertata. Dengan rencana, timeline, dan tujuan yang jelas, kamu bisa lebih mudah fokus menjalaninya. Oh ya, coba fokus ke satu bisnis dulu ya. Jangan mudah menyerah atau ‘berganti jalur’, apalagi tanpa rencana yang jelas.

6.Mau menerima saran dan kritik. Kritik dan saran nggak selamanya menjatuhkan dan selalu ada sisi positif yang kamu ambil

Photo by Kaboompics .com from Pexels

Dalam berbisnis, kamu nggak harus berkecil hati jika menerima saran maupun kritik. Segala sesuatunya memerlukan proses sehingga adanya masukan mampu memperbaiki beberapa kekurangan pada bisnismu.

7.Mau mengambil risiko. Yang namanya peluang usaha pasti ada risikonya~

Photo by energepic.com from Pexels

Beberapa orang seringkali takut dengan berbagai risiko dalam berbisnis. Padahal yang namanya bisnis dan risiko adalah satu paket. Namun, selalu ada cara agar SoHip bisa mengatasi risiko dalam berbisnis. Harus tetap yakin.

8.Terus belajar. Bukan berarti setelah bisnis berjalan lancar kemudian kamu memutuskan untuk berhenti belajar

Photo by Moose Photos from Pexels

Pebisnis harus punya inovasi agar mampu bersaing khususnya di era yang semakin digital seperti sekarang ini. Dengan terus belajar tentunya akan memberikan banyak insight yang sangat penting untuk perkembangan bisnismu.

Persaingan bisnis akan semakin ketat. Dengan tips atau checklist di atas, semoga SoHip bisa lebih cepat action daripada menunggu lama untuk memulai. Semakin lama mengulur waktu, maka SoHip akan semakin lama kehilangan kesempatan untuk belajar dari guru yang paling expert dan materi yang berharga yaitu PENGALAMAN.

Jadi, SoHip udah tahu belum mau bisnis apa?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE