Dari Aku yang Selalu Punya Side Job, Nggak Kebayang Kalau Cuma Punya Satu Kerjaan~

Tips punya side job

Ada orang yang sering mengeluh karena satu pekerjaan, tapi lebih sering mengeluh karena penghasilannya kurang. Aku yang bahagia selalu punya side job, cuma bisa bilang “maunya gimana?”

Belajar dari pengalaman dan orang-orang di sekitar, aku jadi berpikir mungkin banyak orang yang ingin punya side job alias pekerjaan sambilan buat nambah penghasilan, tapi terjebak dengan keluhan saat menjalani satu pekerjaan. Apalagi saat pandemi di mana banyak penurunan omset dan mungkin beban pekerjaan justru semakin bertambah. Alhasil banyak yang ngeluh capek, kena potongan gaji, kebutuhan nambah dan bingung gimana caranya nambah penghasilan. Selain itu, banyak juga yang mengeluh jika pandemi membuat mereka punya banyak waktu luang saat kerja dari rumah.

Pada intinya, side job saat ini seperti antara dibutuhkan tapi juga digalaukan. Sebab, menjalani side job memang butuh banyak persiapan dan juga butuh kenal lebih dalam tentang side job itu sendiri. Banyak orang menganggap side job sebagai penambah beban, meski ujung-ujungnya jadi penambah penghasilan. Padahal kalau udah dijalani, justru nggak kebayang kalau cuma punya satu kerjaan~

Saat belum dijalani dan sudah berpikiran side job penambah beban, maka bisa dijamin kamu akan enggan dan malas punya side job. Sebenarnya, kamu bisa merancang dan menentukan sendiri side job yang kamu inginkan, lo.

Manfaat punya side job untuk kesejahteraan finansial dan pengembangan karier di masa depan

Sebelum punya side job, aku pernah berpikir kalau yang namanya pekerjaan sambilan alias bukan yang utama pasti cuma bisa nambah penghasilan dan beban kerja sana. Awalnya jadi ragu buat ambil side job, tapi karena ‘the power of butuh’ akhirnya aku ambil kesempatan itu. Setelah dijalani, ternyata side job bukan sekadar kasih penghasilan tambahan plus beban kerja. Banyak manfaat lain yang membuatku memutuskan untuk selalu punya side job.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day