Kapan sih terakhir kali kamu pergi liburan?

Banyak orang sangat ingin pergi berlibur namun pada kenyataannya sangat sulit untuk mewujudkan keinginannya tersebut. Tak hanya biaya yang seringnya jadi kendala utama, ketersediaan waktu juga sering menjadi faktor yang membuatmu tak bisa bebas pergi liburan.

Advertisement

Apakah kamu juga termasuk dari antara mereka yang merasa sulit berlibur? Jika iya, sekarang kamu cukup melakukan 10 kiat ini supaya agenda untuk travelling sebulan sekali tak lagi jadi hal yang mustahil!

1. Potong dan tempel gambar daerah wisata incaran di tembok kamar, dengan cara ini dijamin niatmu bepergian tak mudah padam.

kiat travelling via www.flickr.com

Untuk membuat rencana liburanmu tak hanya sekedar wacana, kamu bisa kok menyemangati diri dengan hal sederhana. Caranya cukup mudah, gunting dan tempel saja gambar daerah wisata incaran di tembok kamar. Dengan begini niatmu pun tak pernah padam dan kamu ingin segera merealisasikannya.

2. Buat target bahwa kamu akan menjelajah satu tempat wisata baru di kotamu tiap akhir pekan. Voila! Kamu pun akan dipaksa bepergian tiap bulan.

kiat travelling via www.shopback.my

Travelling tidak harus selalu pergi ke tempat yang jauh dari tempat tinggal kita. Buat saja perjanjian pada dirimu sendiri bahwa kamu akan menjelajah satu tempat wisata baru di kotamu. Dengan menjelajah obyek wisata di kota sendiri tiap akhir pekan juga sudah terhitung travelling kok. Namun kamu harus tetap menjadi traveller yang bertanggung jawab. Tetap hargai peraturan yang ada dan jangan buang sampah sembarangan ya!

3. Coba jadwalkan liburanmu minimal tiga bulan sebelumnya. Dengan begini kamu jadi tahu berapa dana yang harus digelontorkan.

kiat travelling via zh.clicrbs.com.br

Advertisement

Menjadwalkan acara travelling jauh-jauh hari tentu sangat bermanfaat karena kamu bisa mengambil ancang-ancang. Kamu bisa menyiapkan dana yang dibutuhkan berikut dengan itinerarynya. Tak melulu harus mengagendakan tempat vakansi dengan biaya selangit. Sesuaikan saja destinasi dengan ketersediaan dana. Dengan begini, kamu bisa tetap liburan dan dompet tetap aman.

4. Sasarkan diri ke kota lain yang berdekatan dengan tempat tinggalmu, naik motor pun tak masalah. Justru inilah yang akan mengantarkanmu ke petualangan tak terlupakan.

kiat travelling via www.flickr.com

Selain menjelajah obyek wisata yang ada di kota tempat tinggal sendiri, kamu bisa merambah ke kota lain yang tak terlalu jauh. Bahkan, trip singkat ini bisa kamu lakoni di akhir pekan maupun tiap ada tanggal merah di kalender. Tak harus selalu naik bus maupun kereta, jika memang jarak tempuh tak terlalu jauh kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Selain mendapat pengalaman yang tak terlupakan, hitung-hitung hal ini juga bisa menghemat biaya transportasi.

5. Kalau kamu anak rantau, coba alihkan anggaran yang selama ini dipakai pulang kampung untuk travelling ke luar kota.

kiat travelling via www.looooker.com

Hei, kamu anak rantau, sebenarnya kesempatanmu untuk travelling jauh lebih besar lho. Selain memuaskan diri untuk mengeksplore obyek wisata di tanah rantau, kamu juga bisa mengalihkan anggaran yang dipakai untuk pulang kampung sebagai dana travelling ke kota lain. Dengan begini kamu bisa tetap mengagendakan jadwal liburan.

6. Ikut teman pulang kampung hingga bertandang ke rumah saudara yang berbeda kota juga bisa dijadikan alternatif menghemat biaya pengeluaran.

kiat travelling via www.tanakuka.com

Selain mengalihkan anggaran yang dipakai untuk pulang kampung, kamu juga bisa menjajal cara sederhana untuk menekan pengeluaran. Ikut saja pulang ke tempat kawan yang berbeda kota. Cara ini terbukti ampuh untuk berhemat karena kamu bisa memangkas anggaran makan dan penginapan. Selain itu ikut dengan teman, kamu juga bisa kok mengunjungi rumah saudara yang terletak di kota yang berbeda.

7. Ikut komunitas open trip, selain harga lebih terjangkau kamu juga akan banyak bertemu teman baru!

kiat travelling via thebabbler.co

Mengikuti komunitas travelling juga bisa dijadikan solusi efektif untukmu yang tak memiliki banyak waktu merencanakan liburan. Dengan mengikuti open trip kamu hanya tinggal membawa diri dan menyiapkan sejumlah dana saja. Semua itinerary berikut keperluan makan sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara. Sehingga kamu pun tak perlu lagi ribet berburu homestay, akomodasi, hingga membuat jadwal sendiri.

Trik untuk mengikuti open trip semacam ini, kamu memang harus rajin-rajin browsing untuk membandingkan harga serta paket perjalanan yang ditawarkan. Selain dapat menghemat tenaga, waktu, dan biaya, kamu pun juga akan bertemu dengan kawan seperjalanan baru di sini.

8. Ambil cuti di hari Jumat sebulan sekali, jadi di akhir pekan kamu punya waktu 3 hari untuk pergi!

kiat travelling via www.huffingtonpost.co.uk

Untukmu yang sekarang ini sudah sibuk bekerja, memang ketersediaan waktu luang sering menjadi kendala utama. Namun sebenarnya kamu bisa menyiasatinya kok. Ajukan saja cuti 1 hari tiap satu bulan sekali. Ambil juga jatah cuti di hari Jumat, dengan begini kamu jadi memiliki waktu yang lumayan panjang untuk jalan-jalan.

9. Coba juga minta tugas dinas ke luar kota dari atasan. Ini cara jitu juga supaya kamu bisa jalan-jalan gratisan.

kiat travelling via dom.goodhouse.com.ua

Minta dikirim untuk pergi dinas juga bisa dijadikan solusi alternatif supaya kamu bisa jalan-jalan gratis ke luar kota. Namun, tentunya kamu mesti profesional dan menyelesaikan pekerjaanmu terlebih dahulu sebelum bersenang-senang. Kunjungi tempat wisata yang belum mainstream juga supaya acara jalan-jalanmu berkesan.

10. DP hotel atau beli tiket bisa kamu lakukan di awal bulan. Jadi di akhir bulan mau gak mau kamu tetap harus bisa pergi jalan-jalan.

kiat travelling via www.centives.net

DP Hotel dan membeli tiket akomodasi bisa kamu lakukan di awal bulan. Dengan cara ini kamu dipaksa untuk tetap pergi liburan di akhir bulan. Selain itu, menggunakan uangmu untuk membeli tiket akomodasi dan hotel akan menghindarkanmu untuk mengusik dana liburan.

Sudah siap merencanakan liburanmu bulan ini? Jika kamu punya kiat lainnya, bagikan di kolom komentar dong!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya