6 Kiat Tambah Cuan Biar Gaji Nggak Mentok di UMR Jogja Terus-terusan

Solusi buat yang punya kendala tenaga, waktu dan modal, tapi ingin tambah cuan

Jogja memang banyak dikenal sebagai kota wisata dan kota kuliner di kalangan pelancong, dan kota pelajar di kalangan para mahasiswa. Sayangnya, bagi masyarakat atau para pekerja yang tinggal di Jogja, Upah Minimum Regional alias UMR Jogja bisa dibilang cukup kecil dibanding provinsi lainnya. Apalagi biaya hidup di Jogja nggak semuanya bisa dikatakan murah.

Advertisement

UMR Jogja di tahun 2022 saja sebesar Rp 1.840.951, angka tersebut sudah mengalami kenaikan sebesar 4,30% di tahun sebelumnya. Sementara Upah Minimum Kabupaten (UMK) tertinggi sebesar Rp 2.153.970 di Kota Yogyakarta. Buat kamu para pekerja dengan UMR Jogja, jangan khawatir kalau mau menambah penghasilan selain dari gaji pokok bulanan. Berikut ini, Hipwee punya kiat tambah cuan yang juga bisa diterapkan pekerja gaji UMR Jogja, yuk simak!

1. Manfaatkan side hustle, biar kerja sambilan nggak nambah beban

Tips mencari pekerjaan sampingan

Hopi melukis bia nih buka jasa mural / Credit by AnoushkaToronto on Depositphoto

Buat kamu para karyawan dengan gaji mentok di UMR, mungkin pernah berpikir ingin menambah penghasilan. Namun, biasanya terkendala dengan beban kerja yang dikhawatirkan jadi makin bertambah. Nah, salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan side hustle atau pekerjaan sampingan yang berasal dari hobi atau passion. Dengan side hustle, kamu bisa menjalankan hobi atau passion sekaligus mendapat cuan tambahan, jadi nggak terasa nambah beban kerja. Begini cara memulai side hustle:

  1. Pahami apa yang kamu sukai, bisa dari hobi atau passion
  2. Cari peluang dari hobi atau passion kamu
  3. Tentukan mau hal apa yang akan dibisniskan, misalnya barang atau jasa
  4. Tentukan target konsumen dan mulai bangun side hustle
Advertisement

Baca konten menarik seputar cara mendapat side job: Cara Jadi Penulis Fiksi Wattpad yang Dibayar. Dibocorkan Ahlinya, nih~

2. Cari pekerjaan freelance yang mudah untuk atur waktu

UMR Jogja

Bekerja freelance / Credit by Los Muertos Crew on Pexels

Jika ingin menambah penghasilan tapi khawatir soal membagi waktu dengan pekerjaan utama, bisa mencoba melamar pekerjaan sebagai freelancer atau bahkan membuka jasa freelancer sendiri. Coba akses platform yang menyediakan jasa freelancer seperti Sribulancer, UpWork, Top Tal dan sebagainya.

Menjadi freelancer cukup menguntungkan, karena kamu bisa mematok harga sendiri, bisa mengatur jam kerja dengan mudah, dan bisa memilih proyek yang kamu inginkan dan dibayar sesuai jasa yang kamu berikan. Dengan menjadi freelancer, kamu bisa menambah cuan, jadi penghasilanmu nggak mentok di UMR. Ohya, kamu juga bisa menjadikan side hustle untuk memilih pekerjaan freelance, lo.

Advertisement

3. Cari kerja remote working di kota besar lain yang punya UMR tinggi

UMR Jogja

Remote working jelas bikin makin sibuk, tapi juga makin cuan~ / Credit by Tranmautritam on Pexels

Jika kamu nggak bisa keluar dari Jogja atau kota lain dengan UMR yang rendah, tapi ingin bekerja di kota lain dengan UMR lebih tinggi, maka cobalah mencari remote working. Sistem remote working alias kerja jarak jauh saat ini cukup ngetren, lo. Perusahaan yang membuka remote working biasanya nggak membatasi wilayah domisili pekerjanya.

Selain itu, remote working biasanya juga lebih fleksibel sehingga kamu bisa mengatur jam kerjamu. Coba deh cari lowongan remote working di kota-kota besar, jadi kamu bisa terima gaji 2x dan pendapatanmu nggak akan mentok di UMR Jogja. Namun, perlu diingat, harus pertimbangkan juga pekerjaan utamanya ya, karena remote working ini sifatnya hanya sampingan. Tapi, kalau lebih menjanjikan mungkin nggak masalah ya~

4. Buat yang punya keahlian khusus bisa ikut mengisi kelas online

UMR Jogja

Mengisi kelas online / Credit by Yan Krukov on Pexels

Saat ini kelas online mulai dari webinar hingga workshop sudah cukup banyak dan menjadi kegemaran di kalangan pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Kelas online bisa menjadi peluang buat kamu yang ingin menambah penghasilan, lo. Apalagi jika kamu punya keahlian khusus dan suka menjadi pembicara atau pengajar.

Kelas online cukup fleksibel sehingga kamu bisa mengatur waktu dengan sistem kerja di pekerjaan utama. Tentunya, kamu akan digaji berdasarkan jumlah kelas dan durasi dalam kelas. Selain bisa menambah penghasilan, mengisi kelas online juga bisa menambah pengetahuan dan relasi, lo.

5. Buka bisnis online di market place buat sambilan, manfaatkan sistem reseller dan dropshiper

UMR Jogja

Jadi reseller dan dropshiper di market place / Credit by Andrea Piacquadio on Pexels

Buat kamu yang punya impian bisnis tapi terkendala modal dan tenaga, coba deh bikin bisnis online. Selain nggak perlu sewa tempat dan bayar karyawan buat jaga toko, kamu juga bisa berjualan tanpa modal yang besar. Misalnya saja dengan menjadi reseller atau dropshiper di market place.

Bahkan, kamu bisa melayani pembeli dan melakukan pengiriman di waktu senggang, jadi nggak mengganggu pekerjaan utamamu. Jika ingin memulai bisnis reseller atau dropshiper, pahami dulu barang apa yang ingin kamu jual, kemudian pahami juga syarat dan ketentuan dari pemasok barang.

6. Bikin jajanan yang bisa dititipkan ke kantin atau koperasi, bisa juga daftar aplikasi pesan antar makanan

UMR Jogja

Bikin jajanan, lalu titipin ke kantin / Credit by Caio on Pexels

Buat kamu yang suka membuat makanan terutama jajanan, coba deh buat sesuatu yang bisa dititipkan ke pedagang lain. Sebagai contoh, kantin sekolah, koperasi kantor, atau warung dan ritel yang bisa menerima titipan dagangan dari UMKM. Cara ini bisa menjadi kiat menambah pengasilan yang cukup efektif karena nggak mengganggu jam kerjamu, karena produksi dan penitipan barang bisa dilakukan di luar jam kerja.

Nah, jika posisimu sedang Work From Home dan punya banyak waktu luang, bisa juga buka toko di aplikasi pesan antar makanan misalnya GoFood, Grab Food, dan Shopee Food. Ini juga bisa menjadi solusi penambah penghasilan yang lebih praktis karena kamu hanya membuat makanan berdasarkan pesanan saja. Namun, harus meluangkan waktu untuk stand by memantau aplikasi, ya.

Nah, itulah beberapa kiat menambah cuan buat kamu pekerja dengan penghasilan UMR Jogja. Nggak hanya bisa diterapkan di Jogja aja kok, di kota lain pun bisa, asal kamu punya kemauan kuat biar penghasilanmu nggak mentok di UMR terus-terusan. Gimana, tertarik mencoba salah satu kiat di atas?

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE