Ingin jadi apa kamu nanti, wanita karir atau ibu rumah tangga saja? Apapun jawabannya pasti kamu punya sejuta alasan dan pertimbangan sebelum memilihnya.

“They say that God could not be in all places at once so He created mothers”

Kamu yang memilih menjadi ibu rumah tangga adalah sosok yang luar biasa.  Tidak mudah mengorbankan karier dan kebebasan di luar rumah demi menyerahkan waktu dan perhatian sepenuhnya pada anak manusia yang sudah dikandung 9 bulan lamanya. Ketakutan sulit mendapat penghasilan jelas ada. Belum lagi kekhawatiran tidak bisa berkembang sepesat sebelumnya.

Tenang. Meski jadi ibu rumah tangga, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan asal hobi-hobi ini sudah kamu tekuni jauh-jauh hari sebelumnya. Tanpa mengikat waktumu kamu bisa mencari uang hanya dengan melakukan hobi semata.

1. Public speaking yang kamu pelajari semasa kuliah ternyata bisa jadi modal kuat untuk berbisnis setelah menikah

Kuasai kemampuan berbicara via managementparadise.com

Advertisement

Usaha yang paling mudah bagi ibu rumah tangga agar tetap memiliki penghasilan adalah berbisnis, entah itu offline maupun online. Dan kemampuan public speaking yang kamu dapatkan selama ikut berbagai kegiatan organisasi di kampus akan sangat berguna. Entah itu untuk melakukan promosi maupun melakukan strategi bisnis lainnya.

2. Banyak yang bilang ibu rumah tangga itu tugasnya masak, kalau bisa jangan asal masak tapi belajarlah secara profesional

Makin mantap kalau bisa masak macam-macam via hitweightloss.com

Kalau kamu belajar masak secara profesional, kesempatanmu untuk mendapatkan penghasilan dari kemampuan memasak akan lebih lebar. Kamu bisa saja membuka toko kue, rumah makan, atau usaha katering yang bisa kamu kendalikan dari rumah sehingga tidak mengganggu tugasmu sebagai ibu rumah tangga.

3. Cobalah belajar merajut untuk mengisi waktu luang, biar hasil rajutanmu makin bagus dan layak jual beberapa tahun dari sekarang

Merajut untuk mengisi waktu via charmeddesign.com

Merajut adalah kegiatan terbaik yang bisa kamu lakukan saat luang. Selain meningkatkan kreativitas, merajut juga memiliki segudang manfaat secara psikologis. Selain itu hasil rajutanmu pun bisa dijual juga, semacam iseng-iseng berhadiah. Mengerjakannya tanpa beban tapi penghasilan yang didapat bisa cukup lumayan.

4. Hobi membuat kerajinan juga sangat bisa jadi andalan, karena pesanan produk kreatif nggak ada habisnya di masa depan

Crafting via wsj.com

Kecintaan orang-orang pada produk kerajinan nggak akan pernah ada habisnya. Jadi kalau kamu punya hobi bikin kerajinan apapun, kesempatan untuk mengembangkannya jadi bisnis masih akan sangat besar sampai kapanpun.

5. Hobi fotografi nggak akan sia-sia kalau ditekuni, hasil yang bagus akan mendatangkan pekerjaan itu sendiri

Fotografi yang menghasilkan uang via wookmark.com

Kamu bisa jadi freelance fotografer yang mengatur waktu kerja sesukamu tanpa terikat jadwal apapun. Promosi foto pun kini sudah bisa dilakukan dengan cara yang priceless seperti menggunakan instagram dan media sosial lainnya. Gampang kan?

6. Profesi fashion stylist lagi naik daun lho! Jadi kamu yang hobi ngedandanin orang harus mulai belajar serius dari sekarang

Dandanin orang via angelastone.co.nz

Untuk kepentingan acara pernikahan, pertunangan, atau acara resmi lainnya, orang-orang sudah mulai menggunakan jasa fashion stylist. Ke depannya mungkin akan jadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan. Kamu yang punya hobi dandan atau ngedandanin bisa banget nih menekuni hobi ini.

7.  Para cewek ahli desain juga patut berbangga karena bekerjanya bisa dari rumah tanpa mengurangi jumlah penghasilannya

Bisa dijual lho ini via howtobecome.com

Para pekerja desain  entah itu desain grafis maupun fashion design memang sudah lama dikenal bisa bekerja dari mana saja. Jadi akan cocok kalau kamu memilih ingin jadi ibu rumah tangga tapi tetap memiliki penghasilan. Nerima orderan dari rumah, mengerjakannya pun dari rumah, jadi nggak ada yang terganggu kan?

8. Yang hobinya berbagi ilmu dan ngajarin ini itu, juga tetap bisa menghasilkan uang sembari jadi ibu rumah tangga karena bisa kerja paruh waktu

Ngelesin anak sekolah via www.irishexaminer.com

Ini cukup terkenal sih, ngelesin anak sekolah dari mulai tingkat SD sampai SMA. Kamu bisa bikin les di rumahmu atau mendatangi rumah peserta lesmu. Jam kerjanya pun bisa diatur sesuka hatimu jadi nggak mengganggu aktivitasmu sebagai ibu rumah tangga.

9. Menulis kini pun sangat menjanjikan, ada banyak sekali media yang membutuhkan penulis freelance saat ini

Hobi menulis via bustle.com

Nggak cuma kerja di media sih, kamu juga bisa menjadi penulis novel, buku atau apapun. Sebagai ibu rumah tangga, menulis juga bisa jadi pelampiasanmu saat kesal, lelah, dan bosan dengan rutinitasmu. Hasilnya pun bisa menghasilkan cukup uang untukmu.

Hobi apapun sebenarnya bisa saja menghasilkan uang, tinggal bagaimana kamu mengembangkan dan memanfaatkannya.

By the way di antara 9 hal di atas ada yang udah jadi hobimu?