Sebelum kita membicarakan masa depan, coba kita bahas dulu hal-hal apa sih yang kamu lakukan sepulang kerja? Bila kamu sudah pulang pukul 6 sore, dan kamu tidur sekitar pukul 12 malam, selama 6 jam itu apa saja yang kamu lakukan? Ngobrol dengan keluarga? Kongkow dengan teman? Guling-gulingan di tempat tidur? Atau justru marathon nonton serial drama lima episode sekaligus?

Menurut Kalyana Sundaram, seorang Bussiness Development Executive dari India dalam tulisannya, hal-hal yang kamu lakukan sepulang kerja sampai waktu tidur adalah penentu kesuksesan masa depan. Apa yang kamu lakukan dalam rentang waktu itu, menunjukkan seberapa serius kamu mengejar cita-cita dan seberapa besar peluang yang kamu punya.

Selama ini kamu berpikir bahwa kesuksesan hanya ditentukan 8 jam yang kamu berikan untuk perusahaan. Padahal apa yang kamu lakukan sepulang kerja justru lebih menentukan.

1. 6-12 PM adalah saat yang tepat untuk lepas dari pekerjaan, dan mulai memikirkan berbagai kesenangan serta ketertarikan

Saatnya kamu belajar hal baru via womenrockscience.tumblr.com

Setelah berkutat dengan pekerjaan kantor mulai dari pukul 9 pagi sampai jam 5 sore, pukul 6 adalah saatnya pembebasan. Saat inilah, kamu memiliki waktu untuk dirimu sendiri. Melepaskan diri dari pekerjaan yang melelahkan, dan memikirkan kesenangan. Hal-hal menyenangkan yang dimaksud tidak selalu hal-hal yang sifatnya santai semata dan kurang produktif lho. Kamu bisa mengembangkan hobimu, atau mencari tahu tentang hal-hal yang menarik perhatianmu.

Advertisement

Kalyana Sundaran sendiri mengisahkan latar belakangnya pendidikannya yang dari bidang marketing. Tetapi tertarik pada dunia desain. Siang hari dia bekerja sebagai staf marketing, malam hari dia meningkatkan kemampuan desainnya. Hingga akhirnya, Kalyana berhasil mendirikan perusahaannya sendiri di bidang desain.

2. Menghibur diri memang ada waktunya. Tapi ingat, menghabiskan 6 jam untuk marathon nonton serial drama tidak akan membawamu ke mana-mana

Bawaannya nggak bisa berhenti nih! via womenwriteaboutcomics.com

Hal-hal menyenangkan lain yang bisa kamu lakukan di rentang waktu pukul 6-12, adalah bersenang-senang dalam arti yang sesungguhnya. Memang betul kamu harus menyeimbangkan kehidupan. Ada saatnya kerja, ada saatnya bersenang-senang. Ada saat untuk kantor, dan ada saat untuk keluarga. Olahraga di gym atau sekadar berbaring di kasur sambil menonton serial drama dalam banyak episode memang akan membuatmu rileks, sehingga esok hari kamu siap bekerja lagi. Sekali dua kali boleh lah. Tapi ingat, menghabiskan sebagian besar waktu 6-12mu tiap hari hanya dengan nonton serial drama tidak akan membawamu ke mana-mana.

3. Kamu selalu bilang, semenjak kerja, kamu tidak lagi punya waktu untuk membaca. Di antara 6-12 yang kamu punya, tidak bisakah meluangkan waktu 1 jam saja?

Baca buku minimal 1jam/hari via bookriot.com

Adakah kamu yang merasakan langkanya waktu setelah memasuki dunia kerja? Ada orang yang mengatakan bahwa betapa lebih baiknya bila saat kita membeli buku, kita bisa sekaligus membeli waktu untuk membacanya. Sayangnya waktu memang tidak dijual, dan buku-buku yang kamu beli berujung pada segel yang rapi, tidak pernah sempat kamu baca. Padahal kamu bisa mempergunakan waktu 6-12 mu untuk membaca sebanyak-banyaknya. Bila tidak kuat, setidaknya kamu bisa menyediakan waktu satu jam untuk membaca buku, dan mempergunakan sisanya untuk hal lain. Membaca buku, tidak bisa disangkal, akan menambah wawasan baru serta serta meningkatkan kecerdasanmu.

Eits, biar wawasannya tambah luas, baca halaman selanjutnya ya! 😉