“Sell me this pen!” via www.youtube.com

“Sell me this pen!”

Kalian yang udah nonton film The Wolf of Wall Street pasti ingat dengan adegan ini. Jordan Belfort (dimainkan oleh Leonardo DiCaprio) menantang seorang peserta seminar Salesman untuk menjual sebuah pena kepada dirinya. “It’s an amazing pen…for professional…” jawab peserta seminar menawarkan pena yang ia jual. Gak tertarik, DiCaprio menantang satu per satu peserta lain untuk menjual pena, namun gak satu pun yang bisa meyakinkan DiCaprio untuk membeli pena tersebut.

Jadi, apa respon yang benar untuk menjawab tantangan itu? Karena tantangan ‘jual pena’ tersebut gak pernah terjawab di film itu sendiri.

Tenang, Jordan Belfort yang asli (bukan KW) akan kasih bocoran ke kamu gimana cara menjawab tantangan tersebut sekalian ngasih kamu tips untuk sukses di dunia usaha.

Advertisement

Belfort, yang pernah di penjara atas penipuan dan manipulasi pasar modal, mengakui kalau “Sell me this pen!” merupakan pertanyaan jebakan. Karena kebanyakan respon yang ia terima adalah “Pena ini sangat hebat, pena ini gak bakalan mati, ini pena termurah di dunia dan blah… blah… blah…

Tapi itu bukan jawaban yang benar.

Belfort Keliling Amerika Memberikan Ceramah via i.huffpost.com

Sebelum kamu menjual pena kepada orang lain, kamu harus tahu dulu mengenai orangnya. Kamu harus tahu apa yang ia butuhin, pena apa yang biasa ia pakai, apa dia benar-benar menggunakan pena? Berapa sering ia menggunakan pena? Buat dipakai sehari-hari atau buat tanda tangan doang?

Jadi, jika kamu ditantang untuk menjual pena, tanya dulu ke calon pembelinya: “Sudah berapa lama Anda mencari pena yang cocok di pasaran?” Putar balik keadaan. Kenali apa yang mereka butuhin, apa yang mereka pengen. Ketika mereka mulai menjawab, kamu udah pegang kendali.

Sehabis calon pembeli jelasin panjang lebar apa yang mereka inginkan, katakan “Tahu gak, pak? Saya punya pena yang pas buat Bapak, biar saya jelasin keunggulannya…”  lalu jelasin deh keunggulan barang yang kamu punya. Dijamin deh mereka akan dengerin, karena kamu memenuhi kebutuhan mereka. Sama halnya kalau kamu lagi berusaha menjual rumah. Kamu mesti tahu dulu rumah model apa yang didambakan calon pembeli, berapa kamar, berapa jumlah anak mereka.

Intinya, jangan obral keunggulan melulu sementara kamu gak tahu apa yang dibutuhkan pembeli.

Penasaran apa lagi resep Jordan Belfort meraih kesuksesan? Berikut 10 tips menuju sukses dari dia:

1. Kalau Mau Kaya, Kamu Harus ‘Total’

Totalitas! via i.huffpost.com

“Jika kamu mau kaya, program otakmu untuk jadi kaya. Buang jauh-jauh pikiran yang bikin kamu miskin ganti dengan pikiran baru, pikiran orang kaya”

2. Berhenti Dengerin Omong Kosong

Jangan Percaya omong kosong via scenemag.com

Menurut Belfort, hal yang memisahkan kamu dengan tujuanmu adalah kamu terlalu percaya dengan omong kosong yang bilang kamu gak mampu mencapai tujuan itu.

3. Bikin Sendiri Takdirmu

Bikin Nasib, tentukan takdir via www.thewolfofwallstreet.com

“Orang-orang sukses selalu percaya bahwa mereka adalah penentu takdirnya sendiri. Mereka bukan hadir karena nasib, tapi mereka yang menciptakan nasib. Jika nasib lagi jelek, mereka akan mengubah nasib itu.”

4. Pengaruhi Orang Lain

Beri mereka alasan untuk mencari jalan buat kamu via i.huffpost.com

“Jika kamu beri mereka ‘alasan’ yang bagus untuk membantumu mencapai tujuanmu, mereka akan dengan sukarela melakukannya.”

5. Dua Kata Wajib

Pasti dan Akan via www.hollywoodreporter.com

“Pemenang selalu menggunakan kata ‘pasti’ dan ‘akan’.”

6. Pikirkan Orang Yang Kamu Sayangi

Pikirkan Orang Yang Kamu Sayangi via www.dagospia.com

“Saat kamu menjalani hidup di bawah standar, kamu akan merugikan semua orang yang kamu temui, terutama orang-orang yang kamu sayangi.”

7. Jangan Nyerah. Kegagalan Itu Temanmu.

Gagal adalah teman via cdn.wegotthiscovered.com

“Jika kamu ingin kaya, jangan pernah menyerah. Orang-orang suka banget menyerah. Jika kamu gigih, kamu akan selangkah di depan kebanyakan orang. Yang paling penting kamu belajar. Saat melakukan sesuatu, kamu akan gagal. Tapi bukan berarti kamu adalah sebuah kegagalan besar. Kamu gagal karena belum cukup belajar. Lakukan dengan cara berbeda tiap kali mencoba. Suatu saat kamu akan temukan cara yang tepat. Kegagalan adalah temanmu.”

8. Bikin Sesuatu Yang Bernilai

Uang akan mengalir dengan sendirinya via thebarebulb.files.wordpress.com

Menurut Belfort, cara termudah memperoleh uang adalah membuat suatu hal yang sangat bernilai hingga membuat semua orang ingin memberi nilai pada hal tersebut. Dengan begitu, uang akan mengalir dengan sedirinya.

9. Bergayalah Seperti Orang Kaya

Act it Out via i.huffpost.com

“Bertingkahlah seperti orang kaya, dan kamu pasti menjadi kaya. Berlagaklah seakan kamu punya kepercayaan diri yang tinggi, maka orang akan percaya padamu. Berbicaralah layaknya kamu berpengalaman banget lalu orang-orang akan ngikuti saranmu. Berlakulah seperti kamu udah sukses besar, maka pasti ,seperti saya, kamu akan menjadi sukses.”

10. Lupakan Masa Lalu

Belfort Melupakan Masa Lalu Kelamnya via www.standard.co.uk

“Apa pun yang terjadi padamu di masa lalu, kamu bukan bagian dari masa lalu. Kamu adalah hikmah dan pelajaran dari masa lalu. Dan itu merupakan dasar untuk perubahan.”