Akhir bulan jadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar anak kost. Gimana nggak? Uang yang seharusnya kamu pergunakan untuk hidup selama sebulan, habis di tengah jalan. Terus kalau sudah begini, apa yang harus kamu lakukan?

Jangan sedih, Hipwee sudah siapkan jawabannya. Meski dengan cara yang hina, tips ini layak kamu coba biar kehidupanmu terus berjalan sembari kamu menunggu jatah uang saku atau gaji bulanan. Asal nggak sampai ngemis di pinggir jalan sih, nggak apa-apa. Hehe, pengen tahu apa saja?

1. Cari teman senasib, lalu ajak makan bareng di nasi padang. Bisa tuh beli seporsi buat dua orang

mbak nasinya ditambahin dikit yaa, sambelnya juga via info-pikiran-rakyat.com

Tahu sendiri ‘kan, porsinya warung makan padang kalau dibungkus? Porsi kuli. Bisa banget kamu manfaatkan buat ngirit pengeluaran. Kamu tinggal ajak temanmu yang senasib sepenanggungan, yang lagi sama-sama kerenya kayak kamu. Pesan nasi padang sebungkus, jangan lupa sayur dan sambalnya minta dibanyakin. Bagi dua deh.

2. Buat mandi, pakai aja sabun batang. Kalau udah mulai habis, kamu bisa gabungin deh tuh sisa-sisa sabun yang masih ada

sayang kan kalau dibuang via centongkaleng.files.wordpress.com

Advertisement

Nggak perlu kuatir, sesuatu yang kecil bisa jadi lebih besar ukurannya jika mereka bersatu. Contohnya sabun batang yang bisa menyelamatkan hidupmu!

Selain dalam rangka ngirit, kamu juga bisa jadi sang penyelamat. Sayang kan sisa-sisa sabun yang nggak kepakai dan terpinggirkan kalau nggak dimanfaatkan? Dengan ini, kamu sudah sah jadi duta lingkungan hidup karena berhasil me-recycle benda sisa seperti sabun batang misalnya.

3. Kalau kamu sempat nongkrong di coffee shop, kumpulin gula sachet yang tersedia. Lumayan buat persediaan di kost ‘kan?

kantongin nih yang kayagini! via www.vcdesigns.co.uk

Udah lagi bokek, sempet-sempetnya nongkrong di coffee shop. Jangan salah, ini karena ada misi tersembunyi, hahaha~

Anak pintar itu, saat nongkrong di kafe, dia bawa oleh-oleh dari sana. Apalagi kalau bukan gula sachet?Kamu nggak perlu kuatir, dengan mengambil banyak gula sachet di coffee shop nggak akan bikin mereka rugi bandar. Ketahuan juga nggak masalah kok, mereka nggak akan negur kamu, asal nggak kelewatan aja, ya. Satu box kamu ambil semua. Itu sih nggak tau malu namanya.

4. Buat menghindari tukang parkir, mending kamu parkir kendaraanmu di pinggir jalan atau ajak teman dan minta dia yang jagain

minta tolong teman nungguin kendaraan via www.timlo.net

“Saya nggak parkir pak, cuma mampir bentar.”

Tukang parkir memang kadang ngeselin, uang tinggal segitunya dia rampok juga. Apalagi kalau di tempat-tempat ramai yang mewajibkan kamu harus bayar parkir. So, parkir aja di luar atau di pinggir jalan. Atau kamu bisa ajak temanmu buat jagain kendaraan sementara kamu menyelesaikan urusan entah beli keperluan atau sekadar mampir.

5. Pakai satu baju untuk dua hari, pakaian dalam model side A-side B, pakaian kotor nitip laundry. Bawa santai aja ~

nitip laundry berkala via 4.bp.blogspot.com

Usahakan kamu kurangi aktivitas yang bisa bikin badanmu berkeringat dan cepat bau. Kenapa? Karena kamu harus memakai bajumu untuk dua hari ke depan. Untuk pakaian dalam, bisa kamu buat model side A-side B alias dibolak-balik. Asal kamu bisa jaga kebersihan sih, aman-aman saja.

Nah, apa kabar pakaian kotor? Cuci sendiri sebetulnya jadi solusi sederhana. Berhubung malas, kamu bisa nitip laundry ke teman dengan cara membagi pakaian kotormu. Misalnya dua potong pakaian titip ke laundry si A, dua potong lagi titip ke laundry si B, terus yang kecil-kecil semacam kaos kaki titip juga ke si C. Pasti mereka nggak akan keberatan deh kalau kamu titipnya cuma sedikit-sedikit gitu.

6. Bingung shampoo habis? Tenang! Bisa kok keramas pakai sabun, kasar nggak masalah yang penting mah keset

keramas aja pakai sabun via i.huffpost.com

“Anggap aja ini shampoo, sama aja rasanya”

Tips irit ini bisa kamu praktekan saat akhir bulan. Shampoo yang tinggal sedikit bisa kamu tambahkan air agar tetap berbusa. Larutan air dan shampoo nggak akan mengurangi esensi dari sampo itu sendiri kok.

Terus kalau shampoo habis, gimana dong? Masih punya sabun kan? Pakai saja sabunmu, gosok-gosokkan ke kepala sampai sedikit berbusa, beres deh. Memang agak kasar sih, tapi nggak masalah, asal nggak setiap hari aja!

7. Mandi, dandan ganteng, pakai baju rapih, lalu hunting resepsian. Kapan lagi makan gratis?

kesempatan makan banyak, gratis pula via babymoontravelling.files.wordpress.com

Weekend nggak ada kerjaan? Daripada malas-malasan, mending kamu dandan lalu berangkat kondangan. Meski kondangan jadi-jadian sih. Pura-pura saja kamu kenal sama pengantinnya, pasang tampang familiar, tebar senyuman dan jangan grogi.

Hasilnya, kamu bisa makan gratis di tempat resepsian tersebut tanpa ada yang tahu kalau kamu tamu tak diundang. Syukur-syukur kamu bisa bungkus makanannya ‘kan? Wiih, sadap!

8. Manfaatkan teman dong! Kamu bisa menginap di rumahnya, alih-alih berburu makan malam

kamu bakal dipelihara deh via 1.bp.blogspot.com

Kamu bisa lho datang ke rumah temanmu buat ngerjain tugas, siapa tau dikasih makan gratis. Salah satu nikmatnya tinggal di rumah itu punya persediaan makanan yang nggak terbatasMakanya kamu menginap di rumahnya. Orang tua temanmu juga pasti akan iba melihat kamu yang jauh dari orang tuanya.

9. Coba ingat-ingat, tagih uang ke siapapun yang pernah ngutang ke kamu. Kalau nggak ada, terpaksa kamu yang ngutang deh ~

bayar utang woy! via cache-blog.credit.com

Ingat-ingat deh, kamu pernah minjemin duit ke siapa aja. Nggak perlu malu atau gengsi, itu hak kamu kok. Minta aja dengan gaya dept collector. Tapi kalau nggak ada, ya mau nggak mau kamu yang ngutang ke orang lain. Yah, namanya juga lagi butuh.

10. Catat setiap tempat yang punya akses wifi, ini adalah daftar kunjungan wajib ketika kamu butuh akses internet

para pencari wifi via www.google.co.id

Gayanya nongkrong padahal cuma beli es teh sambil wifi-an doang!

Punya paketan tapi kuota habis di tengah bulan memang bikin kesal. Coba kamu cari tempat yang menyediakan akses wifi. Memang kebanyakan tempat nongkrong sih, pesan aja es teh kalau ada. Kalau berani, kamu bisa bawa gelas kosong atau piring kotor biar kelihatannya kamu sudah beli sesuatu di sana. Tapi ini kebangetan sih :”(

Sebaiknya, kencangkan urat malumu dulu sebelum melakukannya, ya! Biar orang tuamu di rumah nggak nyesel, pernah ngajarin ‘seni berhemat’ buat kamu. Hiks.