Artikel ini adalah bentuk partnership antara Hipwee dan Tokopediaonline marketplace aman dan terpercaya, di mana tiap hari serasa tanggal muda.

“Eh, mau ikut dong makan-makan… Tapi boleh nggak makan-makannya ditunda sampai tanggal muda? Belum ada duit nih sekarang, hehe.”

Bete nggak sih kalau kamu harus menunda acara senang-senang hanya karena ini tanggal tua? Ada nggak ya cara supaya setiap hari dalam sebulan terasa seperti tanggal muda?

Supaya kesejahteraanmu tetap terjamin dari tanggal 1 sampai 30, mengatur pengeluaran mutlaklah perlu. Tenang, Hipwee dan Tokopedia akan menjabarkan strategi mengatur pengeluaran di artikel berikut ini. Simak baik-baik ya.

1. Tetapkan budget harian dan/atau mingguan. Dengan begini, kamu punya panduan untuk mengatur pengeluaran

Siapkan budget

Siapkan budget via theweddingmagazine.com.mx

Hal simpel seperti anggaran bulanan kadang sulit untuk dirancang. Kalaupun sudah kita tetapkan, ada saja hal yang gatal bikin kita ingin melanggar. Padahal ini nih yang bikin kita sering lebih dulu kehabisan uang.

Nah, kalau selama ini kamu masih sering kesulitan menentukan budget bulanan, cobalah untuk membuat budget harian dan mingguan saja. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengontrol pengeluaran. Ini contoh budget mingguan yang mungkin bisa kamu tiru:

Dengan uang bulanan Rp1.000.000, anggaplah kamu ingin menabung Rp100.000/bulan.

Artinya, dalam sebulan kamu punya uang jajan Rp900.000 — dalam seminggu kamu punya Rp275.000

  • Biaya makan satu minggu: Rp150.000
  • Biaya pulsa internet: Rp25.000
  • Hangout: Rp25.000
  • Kebutuhan sehari-hari (pasta gigi, sabun muka, etc.): Rp20.000
  • Bensin: Rp25.000
  • Uang darurat: Rp30.000

Kalau sudah di-break down begini, jadi lebih mudah mengontrol uang yang kamu keluarkan, bukan?

2. Dalam satu hari, cobalah untuk tak keluar rumah sama sekali. Bayangkan enaknya bekerja dari rumah sendiri

alone23

Dalam satu hari, cobalah untuk tak keluar rumah sama sekali. Berdiam di dalam rumah akan membantumu menghemat pengeluaran karena di sana semua sudah tersedia. Lakukan semua aktivitasmu sehari-hari dari dalam sini, termasuk bekerja. Bayangkan deh enaknya bekerja dari rumah sendiri. Sudah tak perlu macet-macetan di jalan, pakaian apapun boleh kamu kenakan, pace kerja juga bisa kamu atur sendiri. Mau makan siang, tinggal lompat ke dapur dan masak apapun yang kamu mau hari ini. Nyaman dan gak perlu keluar banyak uang, ‘kan?

Kalau kamu pekerja kantoran, mungkin agak sulit untuk menerapkan tips satu ini. Bagaimanapun kamu tipe karyawan yang harus berangkat ke kantor tiap pagi. Tapi tidak sulit jika kamu seorang freelancer atau online seller. Bekerja di rumah jadi kenyamanan yang tiap hari bisa kamu rasakan. Hmm… Kamu yang masih kerja kantoran, nggak kepikiran untuk banting setir buka bisnis online? 😉

3. Banyak orang boros karena urusan makanan. Biar keuanganmu aman, tetapkanlah minimal berapa kali kamu harus makan di warung tegal

Minimal 6x seminggu ke warteg

Minimal 6x seminggu ke warteg via id.wikipedia.org

Sebenarnya makan di luar itu bukan masalah. Yang masalah adalah ketika kamu pergi terlalu sering ke tempat makan yang mahal. Cobalah mengganjal rasa lapar di tempat yang lebih sederhana. Jangan ragu menetapkan target seperti minimal dalam seminggu kamu harus makan di warteg berapa kali.

“Nyobain steak di tempat yang baru buka itu kali ya? Eh tapi minggu ini aku baru ke warteg 4 kali. Targetku ‘kan minimal 6 kali. Hmmm… ke warteg aja deh!”

Dengan menetapkan target sederhana ini, kamu bisa mencegah diri sendiri boros gara-gara nafsu makan. Kalau urusan satu ini sudah terkendali, mengontrol pengeluaran akan lebih gampang dilakoni!

4. Saat jalan-jalan cuci mata, jangan malu kalau tak beli apa-apa. Gak punya uang di tanggal tua itu lebih memalukan daripada gak belanja

Buat apa malu?

Buat apa malu?

Sering gak sih kamu membeli sesuatu cuma karena malu sama pramuniaga tokonya?

Mulai saat ini, nggak perlu malu saat kamu masuk ke toko untuk melihat-lihat tanpa belanja. Siapa sih yang nggak pernah melakukannya? Jalan-jalan tanpa belanja adalah aktivitas yang menyenangkan. Nggak perlu malu karena telah melakukan sesuatu yang membuatmu senang.

Supaya kamu nggak tiba-tiba ingin belanja, batasi saja uang yang kamu bawa saat jalan-jalan cuci mata. Bawa cash secukupnya dan tinggalkan kartu debit di rumah saja. Dengan begini, dijamin kamu tak akan tergoda.

5. Manfaatkan kupon diskon yang tersebar di internet. Makan, karaoke, sampai membeli sepatu baru bisa lebih murah dengan kupon diskon ini

Kupon kafe

Kupon kafe via huffingtonpost.com

Kompetisi antara retailer dan seller di internet harus kamu manfaatkan untuk menghemat keuangan pribadi. Tiap mau makan enak, karaoke, sampai membeli buku dan sepatu baru, cek dulu deal atau diskon yang ditawarkan di internet untuk aktivitasmu. Siapa tahu ada restoran, tempat karaoke, atau toko buku yang menawarkan kupon diskon untukmu?

6. Jangan beli barang baru. Gawai dan perabot secondhand juga layak jadi andalanmu

Gadget secondhand nggak masalah

Gadget secondhand nggak masalah

eringkali, yang membedakan barang baru dan barang bekas hanyalah harganya. Barang bekas yang masih bagus kualitasnya sebenarnya tak kalah dari produk yang fresh dari tokonya. Karena itu jangan ragu membeli perabot, gawai elektronik, baju dan sepatu yang sebelumnya sudah menjadi milik orang lain. Online marketplace terpercaya seperti Tokopedia bisa menjadi rujukanmu untuk mendapatkan barang-barang secondhand dengan kualitas yang tak kalah dari barang baru.

7. Tanpa niat aneh-aneh atau menimbun dosa, ajak pacarmu untuk nge-date di rumah saja

Nge-date di rumah aja

Nge-date di rumah aja

Bukan menyarankanmu dan pacarmu untuk menimbun dosa, ya. Harus diakui bahwa nge-date di rumah saja adalah cara efektif untuk menghemat uang sampai tanggal tua. Tak harus berdua-duaan di kamar kok. Kalian bisa mengajak Ibu atau Ayah untuk memasak bersama, mengundang kakak atau adik untuk nonton bareng, dan kegiatan-kegiatan seru lainnya. Kalau mau setiap hari terasa layaknya tanggal muda, lupakan deh mimpi dating dengan candle light dinner tiap malam Minggu!

8. Cari pendapatan tambahan dengan merintis bisnis kecil-kecilan. Apa yang tadinya kecil pasti akan berkembang pelan-pelan

Cari Ppndapatan tambahan

Cari pendapatan tambahan

Supaya kamu tak kelabakan lagi saat tanggal tua, ada baiknya punya lebih dari satu pendapatan selain gaji entry level-mu atau kiriman orangtua. Merintis bisnis online kecil-kecilan adalah salah satu solusi mencari pendapatan tambahan.

Coba deh pikirkan bisnis apa yang bisa kamu rintis sebagai sampingan, tapi juga punya prospek untuk bertahan dan semakin berkembang. Kamu bisa mulai dari hobimu atau bakat yang kamu punya di luar pekerjaanmu sebagai karyawan. Seiring perkembangan bisnismu, kamu akan lupa bedanya tanggal tua dan tanggal muda. Semua tanggal akan terasa sama menyenangkannya.

9. Daftarkan dirimu menjadi seller di Tokopedia. Dengan pemasukan rutin tiap harinya, tiap hari serasa tanggal muda!

SAM_0310-825x550

Membuka usaha berarti menerima pemasukan lebih dari sekali setiap bulan. Jika usahamu sudah berkembang, bukan tak mungkin kamu punya pemasukan rutin tiap harinya dan setiap hari akan terasa layaknya tanggal muda.

Daftarkan dirimu sekarang menjadi seller di Tokopedia. Toh registrasinya tidak dipungut biaya, dan kamu bisa menyulap apa saja untuk dijual di sana. Mulai dari sambal sampai gantungan kunci, organizer sampai gadget elektronik, apapun produk yang kamu punya pasti ada saja peminatnya!

10. Memang sulit hidup nyaman di tanggal tua. Tapi tak mustahil jika kamu mau menjalankan kiat-kiat yang ada

MatchaBar-Portrait

Nggak mustahil, kok

Memang sih, susah untuk hidup nyaman di tanggal tua kalau tidak berhati-hati dengan uang yang kamu punya. Tapi kalau kamu sudah menaati budget mingguan, bekerja di rumah dan tak terlalu sering keluar,  rajin mengontrol apa yang kamu makan, dan tak sembarangan membelanjakan uang, keuanganmu dijamin akan aman.

Lebih baik lagi ketika kamu sudah berani merintis bisnis kecil-kecilan. Dengan begini, kamu tak hanya bergantung pada satu jenis pendapatan. Tak perlu bisnis dengan modal besar, menjadi seller di Tokopedia juga bisa membawa bati. Asal kamu berusaha, kesuksesan pasti menanti. Toh, bukankah sukses/tidaknya masa depan ditentukan oleh tangan sendiri?

Meski kamu masih muda, tanggal tua tak berarti kamu mesti hidup nelangsa. Terapkan saja 10 kiat di atas agar setiap harimu bisa terasa layaknya tanggal muda. Punya kiat lain yang tak kalah berguna? Bagikan di kolom komentar, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya