Ada cewek yang suka sekali menghiasi kuku dengan kutek, tapi ada juga yang segan. Bukan cuma malas mengolesinya, tapi alasan seperti ‘nanti kukunya jadi rusak’ atau ‘nggak bisa sholat’ juga sering dibawa-bawa. Ada yang bilang juga, beli kutek itu sama kayak buang-buang uang, karena selain cuma mempercantik kuku, nggak ada faedah lainnya lagi. Padahal yang harus kalian tahu, ada kutek yang bertekstur bening dengan beberapa manfaat luar biasa buat kehidupan sehari-hari.

Penasaran kira-kira kutek bening ini bisa dipakai untuk apa saja? Jangan cuma disimak, praktekin juga. Karena kutek bening memang bisa menyelamatkanmu dari kesulitan, percaya deh!

1. Biar benang kancing bajumu nggak gampang lepas, olesin kutek bening aja. Lumayan nggak harus jahit-jahit lagi nantinya

kancing baju via minq.com

Sering nggak sih ngerasa malas kalau harus ngejahit kancing baju sendiri pakai tangan pula? Mau sebagus atau seterkenal apapun merk bajumu, tetap saja kemungkinan kancing baju lepas dari jahitannya pasti ada. Tapi beda ceritanya lagi, kalau kamu sebelumnya mengolesi jahitan di kancing bajumu dengan kutek bening.

Cukup oleskan pada kancing bajumu dengan perlahan, khasiat merekatkan dari kutek bening dalam sekejap akan kamu dapatkan!

2. Nggak ada lem atau isolasi? Kutek bening bisa jadi solusi buat merekatkan bungkus kado atau amplop surat

Advertisement

nempelin amplop via homesgood.com

Selain bisa menempel dengan cantik di kukumu, kutek bening juga bisa menempel dengan baik di bahan lain seperti kertas. Kamu jadi nggak perlu bingung lagi saat lem dan isolasi nggak ada di sekitarmu. Tinggal oleskan kutek, amplopmu akan menutup dengan sempurna!

3. Memasukkan benang ke lubang jarum juga nggak bakal jadi PR lagi, kalau jarumnya kamu oleskan kutek bening dulu

Bukan karena lubang jarumnya nggak kelihatan, tapi benang yang bercabang suka bikin kamu geregetan. Kadang butuh bermenit-menit cuma buat masukin benang ke jarum. Kalau kebanyakan orang memberi ujung benang dengan air liyur alias dilumat, kamu bisa kok mencelupinya ke kutek bening. Abis itu tinggal tiup-tiup sebentar, udah deh kamu bisa langsung memasukan benang ke lubang jarum. Gampang ‘kan?

4. Biar ujung tali sepatu, pita rambut atau tali-tali yang lain nggak berantakan, rapikan saja dengan kutek bening!

biar nggak semrawut ujungnya via www.instructables.com

Sering nggak sih gemas sendiri sama tali-tali yang ujungnya berantakan? Dari mulai tali sepatu, gelang etnik, sampai pita-pita rambutmu. Orang bilang dibakar biar ujungnya bisa rapi. Tapi kalau dibakar, penampilannya justru jadi kurang oke, karena kadang terlihat agak gosong.

Nah, beda cerita kalau kamu mengolesinya dengan kutek bening. Di jamin hasil akhirnya memuaskan, rapi dan pastinya mengkilap. Dicoba, yuk!

5. Cegah baut-baut kacamatamu lepas dengan olesan kutek bening, yuk!

buat kacamata via myplanet.com.au

Tiba-tiba gagang kacamatamu copot? Bukan karena patah, tapi biasanya karena bautnya yang agak longgar. Kalau pun dibetulkan, nantinya akan copot lagi.

Tapi, biar kamu nggak repot-repot bawa itu ke tukang kacamata, kamu juga bisa kok memperbaikinya sendiri. Tinggal dipasangan lagi pelan-pelan bautnya, baru setelah itu olesi bagian baut tadi dengan kutek bening. Nggak perlu keluar uang, kacamatamu pun kembali layaknya baru!

6. Kutek bening juga bikin perhiasan atau barangmu dari logam nggak cepat berkarat, lho!

biar nggak berkarat via www.instructables.com

Sering nggak sih ngalamin kalung rantai dari logam yang kelihatan berkarat? Kamu sendiri nggak tahu penyebabnya apa, dan rasanya sayang banget karena kadang nggak bisa dipakai lagi. Tapi kejadian ini nggak akan terulang, kalau aja kamu mengolesi terlebih dulu aksesoris atau benda logam lainnya dengan kutek bening.

Selain mencegah karat, kutek bening ini juga bisa mencegah iritasi kalau saja kamu nggak cocok dengan jenis logam tertentu.

7. Kutek bening juga bisa cegah korek api mendadak basah, jadi awet mau dipakai kapan saja

biar tetep awet via www.dailymail.co.uk

Jangankan mencegah karatan di logam, kutek bening pun bisa kamu andalakan buat melindungi ujung korek apimu dari air atau apapun yang bisa buat ujung korek basah lantas melempem.

Caranya, kamu cukup mencelupkan atau mengolesi ujung korek tadi dengan kutek bening. Wow!

8. Nggak perlu bingung kalau stocking kesayangan robek, kutek bening bisa mengatasinya!

benerin stoking via thekrazycouponlady.com

Buat kamu penggemar stocking, harus banget nih tahu trik supaya stocking kesayanganmu yang robek tetap bisa terpakai. Jangan keburu sedih terus langsung buang stocking-nya, kalau masih robek sedikit kamu bisa mencegahnya robek lebih lebar lagi.

Caranya gampang, kamu tinggal oleskan kutek bening tadi di tempat yang robek. Setelah itu, kamu bisa langsung pakai lagi deh stocking-nya! Lumayan ‘kan?

9. Digigit nyamuk atau serangga lainnya? Obati dengan kutek bening!

gigitan serangga via vtmonline.vn

Gigitan nyamuk atau serangga lain selain bikin bentol dan merah, juga menyiksa sekali dengan rasa gatal. Parahnya kalau semakin digaruk malah bikin gampang iritasi. Sebenarnya bukan nyamuk atau serangganya yang menyebabkan gatal, tapi naluri alami dari tubuh kita sendiri yang memproduksi histamin, senyawa yang memang bertanggung jawab dengan munculnya rasa gatal sampai nyeri di kulit.

Tapi, dengan mengusap sejumlah kecil cat kuku bening ke gigitan tadi, produksi oksigen kulit akan meningkat, sehingga mengurangi dorongan untuk menggaruk.

10. Kutek bening yang ditambah glitter juga bisa jadi hiasan banyak benda kesayangan. Wih, keren!

kreasi suka-suka sama kutek bening dan giltter via www.delightedmomma.com

Tinggal siapin kutek bening dan glitter, kamu udah biasa berkreasi apa saja, lho! Dari mulai jepitan rambut, casing HP atau barang-barang kesayangmu yang lain. Selain bikin terlihat lebih segar dan baru, barang-barangmu ini juga bisa terlihat beda dari yang lain. Jadi kelihatan lebih unik gitu dan anti mainstream.

Nah, setelah tahu kegunaan lain dari kutek bening ini, masih yakin nggak mau sediain di rumah?

Suka artikel? Yuk, follow Hipwee di mig.me!