Sebelum menyantap makan berat, menu kolak memang selalu menjadi menu pilihan untuk teman berbuka. Selain manis, makan kolak juga lumayan bikin perut kenyang setelah seharian berpuasa, lho. Kalau biasanya kolak pisang yang jadi andalan, varian kolak yang ini juga layak kamu coba. Sama-sama pakai santan, cuma isiannya aja yang beda.

Penasaran apa aja jenis kreasi kolak yang bisa kamu bikin di sepanjang bulan Ramadan ini? Hipwee Tips bagi-bagi resepnya buat kamu nih…

1. Kolak biji salak yang ini bukan pake biji beneran, tapi dari olahan kanji yang dibikin bulatan

kolak biji salak via cookpad.com

Bukan biji salah beneran, kok. Jangan kuatir tersedak ya, guys :))

Bahan biji salak:

Advertisement
  • ½ kg ubi jalar, kupas, cuci, kukus kemudian haluskan
  • 100 gram tepung kanji
  • ½ sendok teh garam
  • 2 sendok teh air

Bahan untuk kuah:

  • 1 liter air
  • 200 gram gula merah
  • 1 lembar daun salam
  • 15 gram tepung kanji, larutkan pada 80 ml air
  • 1 sendok teh garam

Bahan saus:

  • 300 ml santan dari 1 buah kelapa
  • ½ sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan

Begini cara membuatnya:

  • Campurkan ubi halus dengan tepung kanji, garam dan sedikit air.
  • Bentuk menjadi bulatan kecil mirip dengan biji salak, sisihkan.
  • Rebus air bersama gula merah lalu aduk sampai keduanya tercampur, angkat dan saring.
  • Setelah disaring, rebus kembali sampai mendidih, masukkan daun pandan dan garam.
  • Masukkan bulatan yang telah dibentuk ke dalam kuah gula sampai terapung, tambahkan tepung sagu sampai mengental dan keluar letupan2 kecil.
  • Untuk santan, rebus bersama daun pandan dan garam, jangan lupa diaduk hingga mendidih.

Untuk penyajian, sajikan di mangkuk lalu siram dengan santan.

2. Mau anti mainstream? Bikin saja kolak ketan hitam!

kolak ketan hitam via 3.bp.blogspot.com

Ketan hitam memang pas dinikmati dengan gurihnya santan. Gimana kalau ketan ini dijadikan bahan untuk membuat kolak? Ya, kolak ketan campur dengan pelengkap jagung manis pasti istimewa jadinya!

Bahan ketan hitam:

  • 100 gram beras ketan hitam, rendam 1 jam
  • 75 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/8 sendok teh garam

Baahn pelengkap:

  • Pisang raja secukupnya, potong

Bahan kolak:

  • 100 gram pisang tanduk, potong
  • 350 gram gula merah, disisir halus
  • 2 lembar daun pandan, disimpulkan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1.500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 200 gram kelapa muda, dikeruk lebar
  • 100 gram kolang-kaling
  • 5 buah nangka, diiris panjang

Cara membuatnya:

  • Kukus ketan hitam selama 15 menit sampai merekah. Sisihkan.
  • Rebus air, daun pandan, dan garam sampai mendidih. Tambahkan ketan kukus. Aduk sampai terserap. Kukus 30 menit sampai matang. Angkat.
  • Campur ketan hitam bersama pisang raja. Aduk rata.
  • Rebus gula merah, daun pandan, garam, dan santan sambil diaduk sampai mendidih.

Sajikan ketan dan pisang lalu siram dengan kuah kolak. Nyummm!

3. Nggak cuma digoreng atau direbus, di bulan puasa singkong bisa banget jadi kolak yang rasanya maknyus

kolak singkong via 41.media.tumblr.com

Menu kolak nggak boleh absen saat buka puasa, singkong pun jadi enak dibikin bahan bakunya. Yang penting perut kenyang hati senang.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 buah singkong, kupas, potong-potong, lalu cuci bersih
  • 185 gram santan kara
  • Tepung maizena secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • 1 lembar daun pandan
  • Air secukupnya

Cara mengolahnya:

  • Rebus singkong sampai matang, sisihkan.
  • Rebus air, gula merah, gula pasir, santan dan daun pandan.
  • Masukan singkong matang ke dalam kuah kolak, aduk.
  • Masukkan tepung maizena yg sudah dilarutkan air, aduk-aduk sampai tercampur rata, diamkan sampai mengental dan mendidih, angkat.

4. Wah, ini dia kolak durian, dijamin bikin ketagihan!

kolak durian atau kince via s.kaskus.id

Kolak yang satu ini pasti jadi favorit semua orang, yang suka durian maksudnya. Kolak durian atau kince ini khas Palembang, lho!

Bahan-bahannya:

  • Buah durian, dikupas lalu ambil buahnya plus bijinya juga
  • 1/4 kg gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • Gula pasir secukupnya
  • Air santan secukupnya
  • 1/2 kg ketan, dimasak terpisah

Cara membuatnya:

  • Masak air santan dan buah durian sampai mendidih, aduk sesekali agar santannya nggak pecah. Didihkan agak lama sampai terlihat ada bagian buah durian yang dagingnya lepas dari biji.
  • Tambahkan garam, gula merah, gula pasir lalu masak lagi sampai mendidih lagi sebentar.

Kolak durian mah nggak ada duanya!