Semua pasangan pasti ingin hubungan kasih yang tengah dirajut bermuara ke pelaminan. Mempersiapkan hari bahagia pun membutuhkan kematangan tersendiri. Dari mulai hal besar hingga hal kecilnya. Seperti misalnya saja venue acara. Memilih tempat untuk melangsungkan acara pernikahan pun gak bisa sembarangan. Semuanya harus dipertimbangkan, dari mulai jumlah tamu undangan hingga konsep acara.

Ingin hari bahagiamu gak biasa dan bertempat di lokasi yang belum pernah digunakan pasangan lainnya? Coba deh temukan 10 tempat unik ini yang bisa menginspirasi hari bahagiamu!

1. Hutan pinus atau bumi perkemahan dengan latar belakang pepohonan yang serba hijau. Dijamin tamu undangan akan dengan mudahnya terpukau.

Hutan Pinus via thebridedept.com

Seperti pernikahan Andien dan Ippe yang digelar beberapa waktu lalu dan menyedot perhatian, kamu juga bisa kok mengadakan tema pesta serupa. Cari tahu lokasi hutan pinus atau bumi perkemahan yang terdekat di kotamu. Jika memang memungkinkan untuk acara pesta pernikahan, kamu bisa melangsungkan hari bahagia di sana. Keheningan suasana yang jauh dari hiruk-pikuk kota dijamin bisa membuat suasana hangat makin terasa. Bahkan, kamu bisa juga mengajak para keluarga dan sahabat terdekat untuk berkemah bersama. Asyik ‘kan?

Hutan pinus via dylandsara.com

2. Suara deru angin dan ombak bisa jadi musik pengiring tersendiri. Bahkan, langit dan samudera yang terbingkai sempurna membuatmu tak perlu repot-repot menyiapkan dekorasi.

Advertisement

beach wedding party via desedayoro.blogspot.com

Pernikahan di tepi pantai memang sexy. Selain hemat biaya karena kamu gak perlu terlalu banyak menyiapkan dekorasi, dijamin pernikahanmu ini juga akan beda dari biasanya. Survey pantai yang masih belum banyak diketahui orang supaya pestamu juga tetap bisa berjalan dengan khusyuk dan tenang. Untuk dresscode-nya kamu bisa membuat para tamu undangan bertelanjang kaki, hal ini akan membuat mereka benar-benar menikmati suasana pantai. Namun, pastikan menjalankan acara saat pagi atau sore saja ya, supaya panasnya pasir tidak menyakiti kaki.

3. Pilih lahan di samping danau sebagai lokasi mengikat janji sekaligus resepsi. Suasana yang sunyi akan membuat kenangan hari bahagiamu terpatri.

Pinggir danau via mathiasfastphotography.com

Jika kamu masih ingin berkonsep alam namun tidak ingin terganggu dengan suara ombak, kamu bisa mencari lokasi di samping danau. Selain memiliki suasana yang tenang, lokasi ini juga rindang karena pastinya ditumbuhi oleh banyak pepohonan. Sama seperti lokasi pantai, kamu tidak perlu terlalu memikirkan dekorasinya. Biarkan alam yang menyediakan dekorasi utamanya. Yang perlu kamu persiapkan hanyalah bangku atau kursi selama acara dan untuk hidangan pesta. Untuk mempermanisnya, siapkan juga buket-buket daun dan bunga untuk dekorasi.

4. Biarkan keagungan dari candi jadi saksi janji berdua. Arca megah ini juga bisa menjadi dekorasi utama yang memanjakan mata.

Latar candi via www.bridestory.com.vn

Candi memang memiliki arsitektur yang indah. Maka dari itu, candi juga bisa dijadikan lokasi untuk mengadakan resepsi. Jika memang diijinkan dengan dinas pengelola, kamu bisa mengadakan acara di lapangan candi. Atau bisa juga di bumi perkemahan atau kebun hotel yang memiliki latar belakang candi. Tak perlu terlalu banyak dekorasi, karena keindahan candi sudah jadi dekorasi mewah tersendiri.

5. Sewa guest house dengan kebun sendiri. Kehangatan dengan tamu undangan akan makin terasa karena mereka juga bisa menginap di sini.

sewa guest house via bridalguidesite.com

Pesta kebun memang sudah tak asing lagi. Namun jika kamu enggan mengadakan pesta di hutan dan tidak punya kebun sendiri di rumah, menyewa guest house lengkap dengan halamannya bisa dijadikan solusi. Kamu bisa mengadakan pesta kecil-kecilan dengan menggunakan halaman maupun ruangan guest house lainnya. Bahkan, karena guest house sudah disewa, kamu bisa mengadakan pesta semalam suntuk dan keluarga serta sahabat juga bisa menginap di kamar-kamar guest house ini, seru kan?

6. Kelokan bukit dipadu rerumputan akan membuat pestamu berarti. Lahan luas ini juga bisa membuat tamu undangan merasa nyaman karena ke sana ke mari.

Gak hanya hutan pinus, bumper, pantai, dan danau saja yang bisa dijadikan lokasi epic untuk menggelar resepsi pernikahan. Kamu bisa juga kok pilih lokasi perbukitan yang memiliki lahan luas. Disarankan kamu mengadakan acara pada pagi hingga sore hari, supaya para tamu undangan bisa menikmati landscape perbukitan yang bermandikan cahaya mentari. Selain itu, siapkan juga beberapa tenda dengan mesin pendingin untuk menyegarkan para tamu undangan.

7. Taman kota yang bisa disewa juga bisa dijadikan solusi. Rimbunan pepohonan, air mancur, dan bangku taman bakal jadi dekorasi apik tersendiri.

taman kota yang bisa disewa via www.huffingtonpost.com

Menyewa taman kota untuk mengadakan resepsi pesta juga bisa dijadikan solusi lainnya. Pepohonan yang rimbun dan dilengkapi dengan bangku taman serta air mancur tentunya akan menjadi dekorasi yang sempurna untuk acaramu. Kamu bisa menggantungkan kabel lampu serta lampion untuk makin menyemarakkan acara.

8. Jangan abaikan museum atau gedung tua, kamu justru bisa mengadakan acara pesta dengan keindahan gedung ini sebagai latar belakangnya.

Halaman museum via www.yammuwedding.com

Keberadaan museum memang sering dilupakan, padahal sebenarnya museum bisa dijadikan venue untuk hari bahagiamu. Kamu bisa mengadakan acara dengan berlatar belakang gedung museum yang sudah tua. Dengan menggunakan lampu sorot, dijamin kemegahan gedung museum bisa menjadi latar belakang sempurna di hari bahagia.

9. Lumbung padi atau gudang tua gak bisa dipandang sebelah mata. Kamu bisa menggunakan konsep rustic yang justru makin terasa istimewa.

Lumbung padi atau gudang via www.a2zweddingcards.com

Jangan pandang sebelah mata pada lumbung padi atau gudang tua. Kamu bisa kok menggunakannya sebagai tempat acara. Konsepkan saja pestamu dengan tema rustic atau vintage. Dijamin tempat ini akan sangat mendukung suasana acara. Untuk dekorasinya kamu bisa mengombinasikan tong-tong kayu tua, jerami, dengan kabel lampu, lampion, dan juga bentangan kain putih. Lihat saja betapa elegan sekaligus unik hari bahagiamu nanti!

10. Gak usah bingung-bingung mau resepsi di mana, gunakan saja halaman rumah ibadah untuk menyelenggarakan pesta.

halaman rumah ibadah via www.glamour.com

Ingin menghemat dana? Kamu bisa kok mengadakan acara resepsi di halaman rumah ibadah, entah itu gereja, masjid, maupun pura. Selain lebih hemat, kesakralan acaramu juga akan lebih terasa di sana. Jangan lupa untuk mendirikan tenda-tenda besar untuk melindungi para tamu dari sinar matahari ya.

Kamu dan pasangan pilih nomor berapa?