10 Tips Agar PMS dan Nyeri Haid Tak Lagi Jadi Bencana

Tips atasi pms dan nyeri haid

Kehidupan cewek memang tidak bisa dilepaskan dari rasa sakit. Pakai high heels, sakit. Rambut disanggul, sakit. Melahirkan? (Konon) sakit banget!  Sakit juga kalau kamu diselingkuhin pacar atau tiba-tiba diputusin di tengah jalan.

Advertisement

Ada juga rasa sakit yang mendatangi para cewek setiap bulan. Apalagi kalau bukan nyeri haid atau istilah medisnya disminore. Semua cewek pasti tahu deh rasanya guling-guling di kasur seharian atau bahkan nggak bisa jalan akibat kram perut dan pegal-pegal. Tambah runyam lagi kalau ini terjadi di waktu yang sama dengan premenstrual syndrome alias PMS. Hidupmu yang sebenarnya baik-baik saja tiba-tiba jadi drama, sampai orang-orang tersayang di sekitarmu ikut jadi korbannya. Haduuuh… sebenarnya apa sih yang harus kamu lakukan supaya siksaan tiap datang bulan bisa hilang?

Nah, di artikel kali ini Hipwee akan memberikan 10 tips supaya masa datang bulanmu itu bisa kamu lalui tanpa sakit dan pegal-pegal. Simak baik-baik ya. Siapa tahu bisa membuat hidup kamu (dan orang-orang sekitarmu) lebih positif dan menyenangkan?

1. Terkadang, rahasia menjalani menstruasi dengan nyaman hanya sesederhana minum air putih dan menghindari kafein

Seringkali metode paling sederhana itu yang paling efektif | Photo by Daria Shevtsova via www.pexels.com

Sebelum dan selama datang bulan adalah waktu yang tepat untuk lebih memperhatikan apa yang kamu minum dan makan. Batasilah konsumsimu atas produk makanan dan minuman tertentu. Misalnya saja yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Ini karena minuman berkafein akan membuat perutmu semakin mulas dan tubuhmu semakin lesu. Kafein memang bisa memperparah dehidrasi, sementara dehidrasi adalah salah satu penyebab utama nyeri haid.

Advertisement

Jika sedang haid, anggaplah kafein seperti kipas angin di kamar ber-AC: kamu sebenarnya gak butuh-butuh amat.

Daripada kafein, lebih baik perbanyaklah konsumsi air putih. Selain bisa mengganti cairanmu yang hilang, air putih juga bisa membuat tubuhmu jadi lebih fit. Ini akan membantumu tetap tenang dan berpikir jernih. Tuh, rahasia supaya tidak berubah jadi monster tiap datang bulan itu bisa hanya sesederhana air putih!

2. Kamu juga harus menghindari soda, karena minuman ini justru akan membuatmu bertambah lesu

Advertisement

Segar sih di mulut, tapi bisa bahaya buat tubuh. Apalagi saat badanmu memang lagi sensitif kayak PMS | Photo by Karolina Grabowska via www.pexels.com

Soda bisa bikin menstruasimu lancar dan cepat selesai? Mitos! Justru minuman bersoda adalah salah satu minuman yang harus dihindari ketika PMS.

Soda mengandung kafein dan kandungan gula tingkat tinggi. Ini justru bisa membuatmu menjadi cepat lesu karena kadar gula darahmu yang tiba-tiba naik.

Mulai sekarang, jangan gampang percaya mitos lagi, ya!

3. Berita baiknya, nyeri haid adalah excuse yang sah buat makan cokelat!

Cokelat memang bisa meringankan PMS-mu, tapi pilih yang dark chocolate aja ya biar gulanya tidak terlalu banyak | Photo by Tamas Pap via unsplash.com

Salah satu makanan yang bisa kamu nikmati selama datang bulan adalah cokelat, khususnya dark chocolate. Dark chocolate mampu memicu produksi hormon endorfin dan serotonin dalam tubuh, yang akan membuatmu merasa lebih tenang dan bahagia. Pilihlah cokelat yang rendah gula dan setidaknya mengandung 70% kakao.

Tapi jangan makan banyak-banyak, ya. Jika dark chocolate yang kamu beli terdiri dari “kotak-kotak”, satu “kotak” per hari saja sudah cukup kok untuk menggenjot hormon endorfin dan serotoninmu. Kalau sudah merasa tenang dan nyaman, gak ada ceritanya deh kamu marah ke pacar cuma karena dia terlambat!

4. Tapi kalau kamu malas makan, cobalah kembalikan nafsumu dengan nengkonsumsi pisang

Buat yang malah sering tidak nafsu makan kalau lagi menstruasi, coba deh trik yang satu ini | Photo by Eiliv-Sonas Aceron via unsplash.com

Beberapa cewek akan mengalami nafsu makan yang tiba-tiba melonjak naik ketika PMS. Namun, ada juga yang justru jadi tidak nafsu makan. Alasannya adalah perut yang tiba-tiba terasa kembung atau suasana hati yang tiba-tiba tak bersemangat.

Padahal malas makan justru bisa memperparah nyeri haid dan PMS-mu lho. Tubuh yang sedang “berontak” ini perlu disayangi dengan berbagai makanan bernutrisi.

Nah, supaya kamu tidak malas makan lagi, coba deh lahap 1-2 buah pisang. Pisang bisa menambah energi dalam tubuhmu, sehingga kamu tak akan jadi lesu. Pisang juga mengandung zat potasium yang bisa mengangkat mood-mu. Katakan selamat tinggal pada rasa malas makan!

5. Mandi air hangat juga bisa membuat tubuhmu lebih nyaman

Rileksasi dengan air hangat | Photo by bruce mars via unsplash.com

Gak jarang, rasa sakit yang tidak tertahankan membuatmu hanya bisa tepar di atas kasur seharian. Kali ini, cobalah untuk beranjak dari tempat tidur untuk mandi air hangat. Suhu air yang mengguyur tubuhmu bisa membuatmu lebih rileks dan tenang. Air hangat juga bisa memperlancar peredaran darah, sehingga rasa sakit dan pegal-pegalmu bisa sedikit terobati. Apalagi kamu juga bisa mengembalikan mood dengan nyanyi-nyanyi di kamar mandi, ‘kan?

Tidak jarang dengan kondisi tubuh yang lebih segar, hormon endorfin yang memicu rasa nyaman akan bekerja lebih maksimal. Tunggu apa lagi? Ayo putar kerannya dan mandi!

6. Kalau kamu nggak suka kucing, kamu rugi! Hewan ini bisa membantumu meredakan nyeri haid 😉

Waktu terbaik untuk tidur bareng kucing kesayanganmu | Photo by Sam Lion via www.pexels.com

Kamu punya kucing kesayangan yang biasa kamu peluk-peluk? Inilah saatnya kamu bisa ajak kucingmu untuk menyembuhkan sakitmu. Biarkan dia tidur tenang di atas perutmu, dan pastikan dia tidak mencakar kulitmu ya. Hal ini bisa memberimu rasa nyaman dan lebih rileks. Selain itu, si kucing juga bisa memberikan kehangatan pada perutmu, sehingga rasa sakitmu perlahan-lahan akan lebih tidak terasa.

Takut atau nggak suka kucing? Hmmm… ternyata hewan ini bisa membantu kamu tuh! Hayo pilih mana, tetap anti-kucing sementara perut sudah nyeri luar biasa, atau melatih toleransimu pada hewan itu demi masa datang bulan yang lebih tenang?

7. Meskipun tubuh terasa “babak belur”, kamu harus tetap menggerakkannya agar sakitmu lekas reda

Nggak usah olah raga berat-berat, tapi terus stretching atau yoga sederhana | Photo by Zen Bear Yoga via unsplash.com

Rasa pegal-pegal dan kram malah semakin akan menjadi-jadi kalau kamu nggak menggerakkan badan, tangan dan kaki. Meskipun sedang terserang rasa sakit, alangkah baiknya jika kamu bisa melakukan rangkaian olahraga ringan.

Nggak ada salahnya untuk coba ke luar rumah. Lakukanlah gerakan-gerakan kecil yang membuat badanmu lebih segar, seperti jalan-jalan keliling komplek dan pergi ke mini market dengan kaki. Selain itu, kamu juga bisa mencoba yoga di dalam ruangan. Lakukan gerakan sederhana yang bisa menghilangan rasa sakit dari kram di perutmu seperti gerakan ini. Olahraga bisa memicu produksi hormon endorfin dalam tubuh, sehingga perlahan bisa menekan rasa sakitmu!

8. Pijatan juga bisa membantu PMS. Kalau tidak bisa pijat sendiri, minta tolong keluarga atau orang terdekat

Rasa sakit di sekujur tubuh, terutama punggung sampai pinggang | Photo by Karolina Grabowska via www.pexels.com

Siksaan akibat nyeri haid bisa saja berupa otot pinggang yang tiba-tiba kaku. Rasanya seperti habis memikul berton-ton kayu di punggungmu. Nah, jika kamu terserang kaku otot ini, mintalah temanmu atau orang-orang terdekatmu untuk memijat pinggangmu. Berbeda dengan tips minum soda, tips yang ini bukan mitos dan memang akan benar-benar ampuh meredakan rasa sakitmu. Dengan punggung yang dipijat selama 10-15 menit, kamu pun bisa lebih nyaman untuk beraktivitas.

9. Jika kamu tak mau minum obat, cukuplah istirahat dan tidur nyenyak

Tidur itu salah satu obat terbaik | Photo by Gregory Pappas via unsplash.com

Berikut ini adalah alur kelakuan sebagian cewek ketika nyeri haid:

Bangun tidur –> nyadar kalau dapet –> ganti pakaian dan pasang pembalut –>

Guling-guling di kasur –> Teriak “AAAAAAAGGHHH MAU MATI GUEEEEE!!!” –> minum air –>

Guling-guling di kasur –> teriak “YA ALLAAH AMPUNILAH HAMBAAA!” –> maksa diri olahraga –>

Guling-guling –> “Ya Allah sakit ya Allah sakit sakit sakit ampun huhuhu T_T T_T T_T –> tepar –>

Lalu akhirnya menyerah dan minum obat.

Ya, ketika segala cara sudah dilakukan dan tak mempan, nggak jarang para cewek akan beralih pada obat pereda rasa nyeri haid. Obat-obat analgesik ini dijual bebas di apotek dan minimarket, dan sebenarnya aman untuk dikonsumsi. Namun jika kamu tetap takut pada efek samping obat kimia tersebut, pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah istirahat dan mencoba tidur dengan nyaman.

Cobalah tidur telentang dengan plastik berisi air hangat di atas perut. Pastikan kakimu dalam posisi lebih tinggi dibandingkan bahu, agar otot-otot tubuhmu mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Dengarkan musik yang bisa membuatmu tenang. Pejamkan mata, dan bayangkan kamu ada di suatu taman dengan pemandangan paling indah di dunia. Perlahan-lahan, atur napasmu hingga kamu cukup rileks untuk “berangkat” ke alam mimpi…

10. Berusahalah untuk tidak marah-marah ke pacar, karena obat nyeri haid yang paling manjur adalah kasih sayang 😉

Hati senang tuh modal sehat | Photo by Devon Divine via unsplash.com

“Sayang, kamu kenapa sih? Dari tadi kok cemberut terus…”

“EMANG KENAPA?! Ya kamu harus maklum dong kalau aku senewen! Aku ‘kan lagi dapet! Udah lah gak usah ngatur-ngatur aku, AKU CAPEK!”

“-______-” (lalu kabur daripada dimarahin Hulk Hogan)

Hentikanlah hobi marah-marah ke pacar atau orang-orang terdekat saat PMS atau sedang haid. Itu tak akan membuat kondisimu lebih baik. Kamu tak akan merasa lebih lega setelah membentak mereka, sementara mereka akan dibuat bingung dengan sikapmu yang negatif dan tak bisa dikira-kira.

Kamu juga tidak bisa menyuruh mereka buat “maklum aja”. Mereka tak merasakan kesakitan yang sedang kamu rasakan. Apalagi jika mereka laki-laki: mana bisa paham?

Daripada marah-marah, alangkah baiknya jika kamu meminta pelukan hangat dan perhatian dari mereka. Mereka pasti dengan senang hati akan menyanggupinya. Ini akan sangat membantumu merasa nyaman dan baik-baik saja.

Jadi jika tubuhmu sedang sakit-sakitnya, jangan jadikan orang-orang terdekatmu sebagai sasaran pelampiasan kemarahan. Justru, kamu harus menjadikan mereka sumber ketenangan dan rasa nyaman.

Memang sulit untuk bersikap manis pada orang lain ketika kondisi fisik dan mentalmu sedang sakit-sakitnya. Namun percayalah, justru dengan cara ini, rasa nyerimu yang hebat itu bisa berangsur-angsur pergi 🙂

Semoga tips-tips yang Hipwee jabarkan di atas bisa benar-benar bermanfaat buatmu, ya. Selamat mencoba!

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pluviophile

CLOSE