Ketika kita baru lulus, sensasi euforia hanya akan bertahan sampai kita wisuda. Selepas itu, banyak dari kita yang akan galau dengan masa depan. Belum lagi dunia kerja kini semakin kompetitif. Mau nggak mau, kamu harus sabar saat belum bisa diterima di kantor impian.

Ada beban tersendiri yang kita rasakan ketika belum berhasil mendapat pekerjaan. Luntang-lantung, tidak mandiri secara finansial, dan merasa membebani orang tua: hal-hal itu selalu kita pikirkan. Tapi, menganggur bukan berarti kamu nggak bisa produktif. Bukan juga lantas kamu bisa malas-malasan. Supaya tetap tajam dan memanfaatkan waktu dengan maksimal, kamu bisa kok melakukan hal-hal di bawah ini!

1. Buatlah jadwal kegiatan yang pasti

Jadwal kegiatan pasti via www.kissmybroccoliblog.com

Menganggur bukan berarti kamu nggak bisa punya kegiatan yang jelas. Dengan waktu luang yang melimpah, bukankah banyak yang sebenarnya bisa kamu kerjakan?

Pertama, kamu bisa melakoni hobimu yang dulu lagi. Bersepeda gunung, utak-atik motor, nonton film, atau menulis kreatif. Kedua, kamu bisa pergi ke luar dan makan dengan teman-teman lama. Siapa tahu dari situ kamu dapat tawaran pekerjaan? Ketiga, kamu harus rutin mencari lowongan dan mempersiapkan lamaran.

Advertisement

Makanya, penting banget untuk membuat to-do list kegiatan yang bisa kamu lakukan. Buatlah pagi-pagi, agar energimu bisa tetap terarah dan banyak hal hari itu yang bisa terselesaikan.

2. Carilah kerja sambilan atau kerja temporer yang ringan

“Ih, masa’ sarjana kerja sambilan? Gengsi dong!” Pikirm

kerja part time di cafe via islandpress.org

u. Kalau begitu, coba pikir lagi. Lebih gengsi kerja sambilan atau di rumah saja dan nggak berbuat apa-apa?

Sembari mengirimkan lamaran ke perusahaan-perusahaan, isilah waktumu dengan melakukan kerja sambilan atau temporer. Kamu bisa kok mencoba bergabung dengan event-event seperti pameran elektronik, kendaraan bermotor, maupun konser musik. Event-event seperti itu biasanya diadakan dalam hitungan hari saja dan butuh banyak orang. Upahnya juga lumayan besar, berada di kisaran ratusan ribu.

Meskipun cuma temporer, tetap bekerjalah dengan sungguh-sungguh. Dengan menunjukkan kinerja yang baik, kamu bakal punya kesempatan lebih besar untuk direkrut lagi. Bahkan bukan gak mungkin kamu justru dipercaya buat menangani tanggung jawab yang lebih besar. Selain itu, ini juga kesempatan untuk memperkaya pengalaman kerjamu.

3. Atau, bekerjalah secara online

bekerja online via i.imgur.com

Kamu mungkin punya keahlian yang spesifik, seperti entri data, desain, maupun menulis artikel. Dengan sedikit kemampuan berbahasa Inggris, kamu bisa menawarkan jasamu secara sebagai freelancer ke berbagai belahan dunia. Sudah banyak situs yang mengakomodasi pertemuan freelancer dengan pengguna jasanya, seperti freelancer dan fiverr. Kenapa nggak kamu coba?

4. Isi waktumu dengan berolahraga

Rajin olahraga via karmajello.com

Selain menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, berolahraga juga menjaga pikiran tetap segar dan positif. Lewat olahraga, kamu bisa mempertahankan performa fisik dan mentalmu untuk tetap bersemangat menghadapi hari. Jadi kalau kamu menganggur dan merasa ngantuk terus-menerus, mendingan olahraga aja deh.

5. Beres-beres sambil menjual barang yang nggak terpakai

Saatnya memilah dan merapikan barangmu via www.ezjunk.ca

Manfaatkan waktu luangmu buat membereskan tempat tinggalmu: isi lemari, perkakas yang gak terpakai, juga kotak-kotak usang yang isinya entah apa. Barang-barang yang gak lagi terpakai bisa kamu buang, sumbangkan atau mungkin dijual. Lumayan,’kan, untuk menambah pundi-pundi dompetmu.

6. Perkaya wawasan lewat seminar dan pelatihan

Ikut seminar via old.lib.ugm.ac.id

Kamu boleh saja menganggur, tapi otakmu gak boleh ikutan tumpul. Untuk memperkaya wawasan dan mengasah pikiran agar tetap tajam dan kritis, kamu bisa mengikuti seminar dan pelatihan yang diadakan di kotamu. Beberapa di antaranya gratis, lho. Selain ilmumu bertambah, sertifikat yang kamu dapatkan juga lumayan untuk menghiasi CV-mu.

7. Asah keterampilanmu lewat kursus

Kursus online via www.home-schooling.org

Manfaatkan waktumu untuk mengasah keterampilan dan mempelajari hal baru dengan mengikuti kursus. Kalo kamu merasa ikut kursus itu mahal dan jadwalnya mengikat sementara kamu gak punya banyak uang karena nganggur, mampir dulu ke artikel ini deh. Siapa tahu, kemampuan yang kamu pelajari berguna buat pekerjaanmu nanti.

8. Jadilah sukarelawan

Menjadi relawan via crowdig.com

Menjadi relawan adalah cara yang oke untuk mengisi waktu luangmu. Jika kamu melakukan pekerjaan relawan di bidang yang memang kamu tekuni, kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah pengalaman kerja yang memperkuat CV-mu. Lagipula, melakukan kebaikan juga akan membuatmu tetap optimis dalam merengkuh pekerjaanmu selanjutnya.

9. Kamu juga bisa membuka usahamu sendiri

Buka usahamu sendiri via penebarinspirasi.com

Saat kamu menganggur, membuka usaha sendiri bisa menjadi alternatif yang baik untuk memperoleh pemasukan. Memang sih, membuka usaha sendiri seringkali butuh modal dan menyita waktu. Tapi kalau kamu bisa melakukannya, itu bisa menjadi nilai plus bagi resume-mu. Lagipula siapa yang tahu, bisnismu ini justru menjadi pekerjaan purnawaktu buatmu.

10. Perluas koneksi

Perluas koneksi via www.kimconstable.com

Koneksi adalah kunci penting saat kita sedang mencari pekerjaan yang kita inginkan. Departemen Sumber Daya Manusia akan menaruh perhatian lebih pada resume-resume yang direkomendasikan oleh orang dalam perusahaan. Jadi, biarkan teman, kerabat, dan kolegamu tahu kalo kamu memang sedang mencari pekerjaan. Bersikaplah baik pada semua orang, karena kita gak pernah tahu dari mana pintu kesempatan kita akan terbuka.

11. Jangan lupa sisihkan waktu untuk dirimu sendiri

Nikmati waktu untuk dirimu sendiri via www.huffingtonpost.com

Oke, kamu sudah melakukan segala yang kamu mampu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan dan menambah pundi-pundi di kantongmu. Kamu patut berbangga pada dirimu sendiri. Tapi, jangan lupa menyisihkan waktu untuk dirimu sendiri. Luangkan waktu sejenak untuk relaksasi dan berdoa, biar kamu tetap produktif di esok hari.

Nah, menganggur berarti kamu punya banyak kesempatan untuk melakukan berbagai hal. Yang penting, lakukan yang terbaik untuk meraih apa yang kamu inginkan, serta jangan lupa berdoa. Semoga berhasil mendapatkan pekerjaan yang baru!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya