Agaknya kita patut bangga dengan perkembangan teknologi saat ini, hanya dengan bermodalkan smartphone dan kuota data internet, kita bisa menjelajahi dunia belahan manapun. Siapapun bisa saling berhubungan tanpa bertemu langsung, mengakses dan mengupdate informasi secepat mungkin. Tapi kita sering terganggu ketika koneksi internet tiba-tiba terputus gara-gara kehabisan kuota.

Boleh dong, aku teteringan bentar, kuotanya abis nih!

Advertisement

Sampai kapan mau teteringan? Malu dong, ah! Nih, coba terapkan tips-tips di bawah ini biar kamu bisa ngirit kuota data internet di smarthphone-mu.

1. Sebaiknya kamu atur batas penggunaan data, jangan lupa aktifkan peringatannya

aktifkan limit data

aktifkan limit data via www.google.co.id

Beruntunglah jika kamu sudah menggunakan android versi ke-4 sudah dilengkapi fitur untuk memonitor paket data sekaligus memonitor penggunaannya. Manfaatkan fitur ini supaya kamu selalu ingat ketika kuota data kamu sudah mencapai batas aman.

Kamu bisa tentukan sendiri batasnya, mulailah dengan 500Mb, kemudian tingkatkan batasnya menjadi 800Mb dan seterusnya (kalau bisa tahan, sih). Fitur ini bisa kamu akses melalui Settings lalu pilih Data Usage.

Advertisement

Jadi, ketika alarm batas penggunaan datamu menyala, itu tandanya kamu harus lebih hati-hati dan irit dalam menggunakan sisa kuota yang kamu miliki.

2. Gunakan browser dan fitur  yang tepat biar kuotamu nggak terkuras cepat

browser yang diminati gadgeeter

browser yang diminati gadgeeter via www.google.co.id

Para surfer internet musti tahu browser yang hemat kuota ketika digunakan. Opera mini dan UC browser adalah pilihan yang tepat selain google chrome. Opera mini dan UC browser punya kemampuan untuk mengkompres data browsing.

Misalnya, ketika membuka sebuah situs, ternyata dalam situs tersebut terdapat data sebesar 140 Mb maka UC browser akan menyunat data tersebut sebesar 85%, dan 90% oleh opera mini. Sementara itu, jika kamu pengguna google chrome, maka kamu bisa memotong penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu cukup pergi ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di smartphone-mu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya