Selain diracik dengan mesin, kopi juga bisa dibuat secara manual dengan teknik manual brew. Untuk menyeduh kopi secara manual ini, dibutuhkan filter khusus untuk menyaring ampasnya. Filter kopi ini nggak sesederhana yang kamu kira lo, selain beda penggunaannya, alat bantu ini juga akan memengaruhi tampilan dan cita rasa kopi yang diracik nantinya.

Berikut Hipwee Tips bagikan info mengenai jenis filter kopi lengkap dengan perbedaan ‘rasa bawaan’ yang dihasilkannya. Kamu yang suka banget racikan kopi manual, yuk merapat!

1. Filter V60 berupa kertas khusus dengan alat penyaring yang berbentuk kerucut

Hario V60 via www.insightcoffee.com

Advertisement

Kopi hasil seduhan V60 ini cita rasanya nggak akan banyak berubah, cenderung stabil dan seimbang dengan rasa asli kopinya, nggak asam juga nggak pahit. Filter ini memberi rasa grassy di seduhan pertama, lalu segar, ringan dan bersih di seduhan berikutnya. Kamu hanya membutuhkan beberapa menit saja hingga semua kopi tersaring sempurna.

2. Filter yang asalnya dari Vietnam ini sangat terkenal di Indonesia karena  penggunaannya yang juga mudah

vietnam drip via www.insightcoffee.com

Jenis filter yang dinamai vietnam drip ini terbuat dari saringan berbahan metal yang diletakkan di atas cangkir khusus bernama metal cup vietnamese dripper. Uniknya, vietnam drip ini juga telah menciptakan racikan kopi khusus yang dibuat dengan cara menuangkan susu kental manis sebelum diseduhi dengan kopi saringan. Rasanya manis juga kental teksturnya.

3. Filter chemex yang bentuknya klasik asal Amerika ini juga menghasilkan rasa yang netral pada kopi

Alat penyeduh chemex ini berbahan dasar kaca yang menyerupai jam pasir dilengkapi dengan pegangan berbahan kayu pada bagian tengahnya, sementara bagian atasnya berbentuk corong diberi kertas saring. Kopi yang dihasilkan punya karakter yang kuat, aroma yang pekat, dan cita rasa yang cenderung lebih asam.

4. Ada juga filter melitta oxygen bleached, yang asalnya dari kertas yang di-bleaching, tapi tetap aman untuk menyeduh kopi

kertas filter putih via www.amazon.co.uk

Advertisement

Filter yang satu ini memberi aroma kertas bawaan. Kopi yang dihasilkannya sedikit lebih berat dengan teksur yang lebih penuh. Rasa kopi juga nggak akan bercampur dengan rasa kertasnya meskipun kertas filter ini nggak dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai.

5. Sejenis dengan poin nomor 4, filter melitta yang satu ini tanpa bleaching, namanya melitta unbleached natural

kertas filter cokelat via www.perfectdailygrind.com

Karena nggak melalui proses pemutihan, kertas ini warnanya cokelat. Filter kopi yang satu ini memberi cita rasa kayu yang tipis pada bilasan pertama dan kedua. Selain itu juga memberi rasa kering yang mencolok di dalam mulut saat diteguk.

6. Meski tanpa kertas penyaring, french press yang mirip teko ini masih banyak digunakan untuk menyeduh kopi

french press via www.seriouseats.com

French press termasuk jenis filter kopi yang sederhana karena nggak menggunakan filter kertas, melainkan menggunakan plunger pada bagian tutupnya dengan jaringan kawat tipis menyerupai saringan untuk proses penyaringannya. Rasa kopi yang dihasilkan akan lebih kaya, lembut dan sedikit oily, aromanya juga lebih kuat.

7. Kalau aeropress ini spesialis filter untuk membuat kopi yang rasanya sekuat espreso

aeropress via districtroasters.com

Aeropress jadi alat seduh yang cocok digunakan untuk membuat kopi dengan cepat dan menghasilkan kopi sekuat espreso. Selain itu, aeropress juga mudah dibersihkan. Hanya saja, aeropress ini nggak cocok kalau kamu mau bikin kopi dalam jumlah yang banyak.

8. Bahan kain pada sock cloth filter juga bisa kamu jadikan pilihan untuk menyeduh kopi

sock cloth filter via www.youtube.com

Filter kain yang satu ini memang memberikan rasa kopi yang kuat, hanya saja ada  aroma mirip kain wol yang basah, mungkin dari bahan kainnya. Meski begitu, masih ada yang suka pakai filter kain jenis ini.

9. Able kone juga adalah filter berupa corong yang terbuat dari stainless steel yang memiliki lubang kecil di bagian bawahnya

able kone via www.youtube.com

Able kone biasanya diletakkan di dalam chemex. Filter kertas chemex akan memberikan hasil yang lebih bersih sedangkan able kone memberi rasa yang lebih tebal, kuat, sedikit berminyak dan rasa yang agak mirip dengan kopi yang dihasilkan melalui french press.

10. Sedangkan able disk adalah sebuah lempeng berlubang yang juga terbuat dari stainless steel dan bisa digunakan kembali

Able disk yang punya 2 jenis yakni standar dan halus ini biasa digunakan bersama aeropress. Seperti able kone, able disk juga menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih tebal, kuat, minyak dan bertekstur. Agar hasilnya lebih bersih dan jernih, kamu bisa gunakan filter kertas.

11. Terakhir ada filter jenis syphon yang terbilang unik dan lumayan sulit digunakan karena banyak komponennya

Penggunaan sifon ini dibutuhkan keterampilan khusus komponennya yang terdiri dari tempat kopi, dudukan tempat kopi, kontainer air, tungku api yang berisi spiritus, dan penutup tungku. Penggunaannya mengandalkan tekanan uap air untuk menghasilkan tetesan kopi, pun dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Makanya, alat ini jarang dipakai karena ribet.

Tentang mana yang paling baik, semua tergantung pada selera masing-masing. Kalau kamu pengen sajian kopi yang lebih sederhana dan nggak terganggu dengan endapan bubuk kopi, gunakan filter kain. Kalau kamu pengen kopi yang lebih ringan, gunakan filter kertas. Tapi kalau  kamu pengen kopi yang lebih kental dan kaya rasa, gunakan filter logam.

Yang jadi pengecualian adalah kalau kamu juga mempertimbangkan lingkungan, maka filter kain dan logam adalah yang paling baik, karena bisa digunakan kembali.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya