Odol atau pasta gigi biasanya digunakan untuk menggosok dan membersihkan gigi dengan segala permasalahannya. Mulai dari menghilangkan plak, melindunginya dari kuman dan bakteri, mencegah gigi berlubang hingga memutihkan gigi.

Tahukah kamu? Ternyata odol nggak cuma bermanfaat untuk gigi, melainkan punya manfaat lain untuk mengatasi berbagai hal mulai dari kecantikan sampai hal lain di kehidupan kita.  Kandungan fluoride, deterjen hingga bahan pemutihnya yang menjadikan odol berpotensi untuk memberi manfaat yang nggak banyak kita tahu.

Advertisement

Daripada penasaran, yuk intip apa saja manfaat lain dari odol bareng Hipwee Tips!

1. Odol bisa mengobati iritasi karena gigitan serangga, luka ringan ataupun lecet. Biasanya digunakan ketika dalam kondisi darurat

luka gigitan nyamuk

luka gigitan nyamuk via insectcop.net

Jika kamu terkena gigitan serangga, luka ringan atau lecet karena sesuatu hal, kamu bisa gunakan odol untuk mengurangi iritasi kulit.

Cukup oleskan sedikit odol ke kulit yang gatal atau luka, lalu biarkan kering. Zat yang terkandung dalam odol akan membuat luka mengering sehingga penyembuhannya lebih cepat.

Advertisement

Selain itu, odol juga menghambat pembekakan yang terjadi akibat iritasi. Baiknya kamu lakukan terapi ini malam hari sebelum tidur.

2. Jerawat, komedo dan permasalahan kulit lain bisa segera ditangani dengan menggunakan odol. Coba dulu kalau belum percaya!

mengempiskan jerawat

mengempiskan jerawat via www.remediesforme.com

Ketika jerawat atau komedomu sudah membandel  meski kamu sudah melakukan banyak cara dan nggak berhasil, cobalah gunakan odol. Sebaiknya, gunakan odol yang berwarna putih. Kandungan antibakteri dan triklosan dalam odol mampu menghambat segala perkembangan bakteri di wajah termasuk jerawat dan komedo.

Caranya oleskan pasta gigi secara merata menjelang tidur, jerawatmu akan kemps keesokan harinya.

Nggak hanya itu, keriput, noda hitam dan maupun masalah kulit berminyak juga bisa diatasi dengan menggunakan odol.

3. Pelepuhan kulit akibat luka bakar juga bisa diatasi sementara dengan menggunakan odol, lho!

mengobati luka bakar

mengobati luka bakar via honeyandbeauty.com

Segala jenis luka bakar ringan yang bukan termasuk luka terbuka, mengoleskan odol bisa memberikan bantuan pendinginan sementara. Oleskan sedikit odol ke area kulit yang terkena luka bakar, maka odol akan mencegah pelepuhan dan pengelupasan kulit. Cara ini sudah banyak diterapkan oleh beberapa orang, kok.

4. Odol bisa memerahkan bibir dan membuatnya merona alami, kamu nggak perlu pakai masker bibir mahal lagi

Setiap orang tentu mengidamkan mempunyai bibir yang merah merona secara alami tanpa menggunakan lipstik. Nah, salah satu manfaat odol untuk kecantikan adalah membuat bibir menjadi lebih merah merona. Kandungan fluoride pada odol dapat membantu kulit bibir menjadi lebih merah.

Caranya mudah, cukup oleskan odol pada bibir. Biarkan 5 sampai 10 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air. Lakukan 2 kali dalam seminggu, keseringan melakukannya  justru bikin bibirmu kering.

5. Kuku yang kotor dan kusam terkadang juga mengganggu penampilan, gunakan odol untuk membuat kukumu lebih menawan

buat kuku

buat kuku via nasionalis.id

Kamu bisa menggunakan odol untuk membersihkan kuku yang kotor yang kusam. Caranya dengan mengoleskan odol pada kuku kemudian sikat lalu bilas dengan air bersih. Yakin deh, kukumu akan nampak bersih dan putih. Kandungan pemutih gigi pada odol-lah pelakunya.

6. Odol juga bisa digunakan sebagai gel rambut, fungsinya untuk merapikan dan membuat rambut tetap pada posisinya

buat gel rambut

buat gel rambut via youtube.com

Khusus cowok yang kehabisan pomade untuk menata rambutnya, odol bisa digunakan sebagai penggani gel rambut. Kok bisa, ya? Odol mengandung pelembab yang dapat menyerap air dari udara sehingga kelembapannya tetap terjaga dan nggak kering. Zat ini jugalah yang akan melembapkan rambut dan menjaganya tetap rapi sepanjang hari.

7. Berfungsi juga sebagai pengganti hand sanitizer, yang selain membersihkan juga membuat tangan wangi dan segar

hand sanitizer

hand sanitizer via www.wikihow.com

Mengkonsumsi makanan berminyak atau makanan yang punya aroma kuat seperti telur, bawang, atau ikan akan mennggalkan noda dan bau nggak sedap di tangan. Kandungan deterjen dan peppermint oil-nyalah yang bekerja.

Caranya dengan mengoleskan pasta gigi pada tangan lalu gosok dan bilas dengan air, maka minyak dan bau nggak sedap akan teratasi.

8. Odol ampuh untuk menyingkirkan permen karet yang menempel pada rambut, satu permasalahan sepele yang nggak kita sadari, ‘kan?

melepas permen karet di rambut

melepas permen karet di rambut via aos.iacpublishinglabs.com

Permen karet mempunyai sifat lengket dan menempel pada benda padat. Jika permen karet menempel pada rambut maka akan sulit untuk dilepaskan. Pelepasan secara paksa akan menyebabkan rambut rusak dan sakit pada kulit kepala karena tertarik.

Nggak perlu bingung untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa gunakan odol untuk melepaskan permen karet terpisah dari rambut. Caranya, oleskan pasta gigi lalu sikat rambut yang terkena permen karet dan gosok sampai permen karet dapat mengelupas dari rambut.

9. Nggak cuma plak gigi yang bisa dibersihkan dengan odol, noda membandel di baju bahkan di karpet juga bisa diatasinya

hilangkan noda di baju

hilangkan noda di baju via www.wikihow.com

Jika deterjen kadang kurang mampu menghilangkan noda yang melekat pada baju, kamu bisa mencoba untuk menghilangkan noda dengan menggunakan odol.

Cara menggunakannya sama dengan menggunakan deterjen, oleskan odol pada bagian yang baju yang terkena noda kemudian kucek sampai noda menghilang.

Selain baju, karpet juga bisa kamu bersihkan dari noda dengan bantuan odol. Kandungan deterjen yang terdapat dalam odol terbukti bagus untuk pengelupasan noda membandel.

10. Sepatumu yang usang bisa berubah seperti baru hanya dengan mengoleskan odol dan menggosoknya perlahan

buat sepatu

buat sepatu via jemberbagus.com

Sepatu yang telah lama dipakai akan nampak usang dan memudar warnanya apalagi jika sepatu berwarna putih. Tapi tenang, kamu bisa mengembalikan warna sepatu menjadi jernih kembali hanya dengan odol.

Caranya dengan mengoleskan pasta gigi lalu menggosok sepatu dengan menggunakan sikat, maka warna putih sepatumu akan kembali nampak seperti baru.

11. Kamu yang punya adik kecil pasti terganggu dengan adanya coretan krayon di dinding. Lagi-lagi, odol mampu mengatasinya!

bersihkan dinding dari coretan krayon

bersihkan dinding dari coretan krayon via discoverexplorelearn.com

Untuk menangani dinding yang kotor akibat coretan krayon, kamu nggak perlu mengecat ulang dindingmu. Oleskan odol pada bagian dinding yang kotor lalu tambahkan sedikit air dan gosok-gosokkaan hingga noda menghilang. Tuh, sekali lagi odol menyelamatkan permasalahan hidupmu.

12. Perhiasan yang terbuat dari perak bisa disulap jadi mengkilap dengan mengaplikasikan odol, nggak perlu perawatan mahal, deh..

perhiasan jadi mengkilap

perhiasan jadi mengkilap via ghk.h-cdn.co

Perhiasan yang sudah terlihat usang karena telah lama dipakai, terkena air ataupun terkena gesekan benda lain, bisa dikilapkan kembali dengan menggunakan odol, lho.

Caranya dengan mengoleskan odol pada permukaan perhiasan kemudian gosok dengan mengggunakan kain yang berserat halus, maka perhiasan akan tampak mengkilap seperti baru kembali.

13. Odol mampu membersihkan dan memperbaiki CD, kacamata renang, atau setrika yang rusak karena tergores atau gesekan

bersihkan goresan cd

bersihkan goresan cd via awesomejelly.com

CD yang rusak karena tergores bisa diatasi dengan mengoleskan odol dan mengusapnya dengan kain. Begitupun kacamata renang, bagian kaca yang tergores tentunya akan mengganggu penglihatan di dalam air. Cukup oles dan gosokkan odol untuk menghilangkan goresannya. Kamu bisa lakukan hal sama pada bagian logam setrika juga, ya!

Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan odol yang perlu kamu ketahui seperti membersihkan furniture, toilet, alat dapur, lemari es dan yang lainnya. Cukup membantu memudahkan permasalahan sehari-hari bukan?

Kira-kira apa lagi, ya, kegunaan odol lainnya? Jika kamu mengetahui salahsatunya, silakan tulis di kolom komentar, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya