Hidup sebagai anak kosan tak sama seperti hidup di rumah bersama orangtua. Jika di rumah punya alat-alat lengkap untuk menunjang kehidupan, sebagai anak kosan kamu harus bertahan dengan keterbatasan. Gak jarang kamu harus tetap survive tanpa alat dapur dan keuangan yang minim di akhir bulan. Alih-alih menyerah begitu saja, kamu belum jadi anak kosan seutuhnya jika belum pernah merasakan keterbatasan.

Nah, jika sebelumnya pernah bahas tentang tips hemat ala anak kosan, sekarang  Hipwee berikan bocoran bagaimana cara survive meski dalam kondisi keterbatasan. Simak baik-baik ya.

1. Gak punya gelas bukan alasan buat gak minum air banyak-banyak ya. Buat saja gelas antik dari botol plastik.

Gelas darurat buat anak kosan

Gelas darurat buat anak kosan via wonderfulengineering.com

Advertisement

Kamu gak punya gelas di kosan? Trus bingung bagaimana cara minum dari galon? Hey, tenang. Sekarang kamu bisa membuat gelas unik nan antik sendiri dari botol plastik. Gunakan botol minum kemasan, lalu potong bagian atasnya. Jadi kamu masih tetap bisa minum dengan nikmat. Gelas yang kamu punyapun juga tiada duanya. Mudah ‘kan?

2. Bukan anak kos namanya kalau belum pernah mengaduk air di dalam gelas dengan lipatan kemasan.

Cara mengaduk tanpa sendok bagi anak kos

Cara mengaduk tanpa sendok bagi anak kos via 1cak.com

Tinggal di kosan menuntutmu kudu punya tingkat survive yang tinggi. Gak jarang kondisi keterbatasan harus kamu hadapi dengan cerdas. Salah satunya saat kamu gak punya sendok untuk mengaduk minuman. Nah, cara mengatasinya mudah. Gunakan saja kemasan minuman yang dilipat memanjang. Lalu gunakan sebagai pengaduk serbaguna. Dijamin minumanmu tetap terasa nikmat kok. Sekarang kamu sudah sah jadi anak kosan.

3. Daripada buang-buang uang buat nonton film ke bioskop, buat saja personal studio dari kardus.

Nonton film ala anak kos

Nonton film ala anak kos via www.sebarkanlah.com

Nonton film adalah kegiatan paling menghibur. Tak melulu kudu pergi ke bioskop, sekarang kamu bisa dirikan personal studio sendiri di kosan agar lebih hemat. Caranya mudah kok, gunakan kardus bekas TV atau kardus yang berukuran besar. Lalu buat lubang seukuran smartphone atau tablet yang akan kamu gunakan nonton film dibagian bawah. Dan tak lupa juga buat lubang di bagian samping untuk memasukkan leher ya.

Advertisement

Nah, gunakan kardus ini secara terbalik untuk menutupi wajah. Lalu letakkan gadgetmu pada lubang yang sudah disediakan. Kemudian pasangkan headset di telinga. Simsalabim, bioskop pribadi sudah tercipta. Dengan cara ini, hasrat nonton film bisa terwujud dan uang bulanan tetap aman. Cerdas ‘kan?

4. Gak ada speaker active bukan halangan untuk bisa mendengar musik keras, masukkan saja smartphonemu dalam gelas.

Suara besar ala anak kosan

Suara besar ala anak kosan via ngampusgan.blogspot.com

Suara speaker di handphone kecil tapi ingin mendengar suara yang keras? Mau beli speaker active tapi uang bulanan belum dikirim sama mama? Kamu bisa mengakalinya dengan memasukkan handphonemu ke dalam gelas kaca. Dijamin lagu yang kamu putar akan terdengar lebih keras dan bombastis dari biasanya. Coba aja deh sekarang!

5. Siapa bilang bikin roti bakar dan gak punya toaster itu mustahil? Karena adaptor charger laptop bisa membuat hal itu jadi mungkin.

Memanggang roti dengan chager laptop

Memanggang roti dengan chager laptop via wonderfulengineering.com

Tak punya alat toaster bukan halangan untuk makan roti bakar. Manfaatkan saja charger laptop yang sudah  overheat milikmu. Sembari menggunakan laptop dan mengerjakan skripsi bersama teman-teman, sisipkan roti diantara dua charger. Roti bakar “ajaib” bisa kamu sajikan. Nah, praktis ‘kan?

6. Selain menggunakan adaptor charger laptop, roti tawar juga bisa dibakar dengan setrika.

Roti bakar ala anak kos dengan setrika

Roti bakar ala anak kos dengan setrika via instagramshare.com

Roti bakar makanan yang banyak digemari orang, tak terkecuali kamu salah satunya. Tapi tenang, meski gak punya toaster, kamu masih bisa mengakalinya dengan berbagai cara. Nah, selain menggunakan adaptor charger laptop yang sudah overheat, setrika juga bisa pilihan. Colokan saja setrika pada listrik, tunggu hingga panas, lalu balik posisi setrika dan panggang roti diatasnya. Atau kamu juga bisa menata roti di atas meja, lalu tekan dengan setrika seperti biasanya. Lama kelaman roti tawar pasti jadi kecoklatan dan jadi lebih nikmat saat dimakan.

7. Mau bikin minuman seduh tapi gak ada dispenser atau alat masak? Tenang, masih ada setrika untuk digunakan.

Masak air dengan setrika

Masak air dengan setrika via wonderfulengineering.com

Setrika bukan hanya bermanfaat untuk merapikan baju lho, benda satu ini bisa menjadi pengganti alat masak. Jika sebelumnya alat ini bisa untuk membuat roti bakar, panasnya setrika juga bisa kamu gunakan untuk mendidihkan air. Cukup letakkan gelas berbahan aluminim di atas setrika yang terbalik. Tunggu beberapa lama, maka air akan hangat dan mendidih . Jadi bisa digunakan untuk menyeduh minuman kesukaan. Nah, gampang ‘kan? Gak punya kompor atau dispenser bukan halangan untuk menyuguh minuman hangat.

8. Kamu tak perlu sedih lagi kalau gak ada panci dan mangkok. Bikin mie rebus langsung dari bungkusnya juga bisa kok.

Seduh mie langusng dari bungkusnya ala anak kos

Seduh mie langusng dari bungkusnya ala anak kos via www.puputs.com

Kamu tiba-tiba pengen mie rebus tapi gak ada panci, kompor, dan mangkok? Tak perlu khawatir, seduh langsung di dalam kemasan juga bisa kok. Caranya, potong mie jadi dua, lalu masukkan semua bumbu dan air panas ke dalam kemasan. Tunggu sebentar sampai adonan mie jadi melar. Nah, sekarang mie rebus darurat siap disantap. Praktis ‘kan?

9. Daripada tagihan kos naik gara-gara bawa setrika, rapikan saja pakaianmu di bawah bantal.

Biar baju rapi ala anak kosan

Biar baju rapi ala anak kosan via s1302.photobucket.com

Biasanya, pemilik kos akan menaikkan harga sewa kosan jika kamu membawa setrika. Alasannya energi listrik yang digunakan alat ini memang besar. Tenang, bukan akan kosan namanya kalau gak punya cara cerdas mengatasi keterbatasan. Tanpa setrika, pakaianmu bisa tetap rapi dengan meletakkannya di bawah bantal tidur. Simpan beberapa hari sebelum digunakan. Dengan cara ini, kusut bisa menghilang tanpa harus kehilangan uang untuk biaya tambahan kosan.

10. Kusut di baju bisa segera hilang hanya dengan menggunakan panci yang dihangatkan. Kamu bisa terapkan saat gak ada setrikaan.

Setrika baju dengan panci ala anak kos

Setrika baju dengan panci ala anak kos via wonderfulengineering.com

Selain meletakkan di bawah bantal, pakaianmu bisa tetap rapi tanpa kusut lagi dengan menggunakan panci yang dihangatkan.Tapi pastikan panci yang kamu gunakan tidak ada kerak hitam atau bekas gosong ya. Lalu gosok-gosokkan pada kain yang digelar di lantai layaknya pakai setrika. Nah, mudah ‘kan? Penampilanmu tetap menawan dan rapi walau gak ada setrika yang bisa digunakan.

11. Lehermu gak bakal sakit lagi saat menulis kalau kamu mau memangku kursi agar biar jadi meja dadakan.

Cara belajar pake kursi ala anak kos

Cara belajar pake kursi ala anak kos via wonderfulengineering.com

Menulis tanpa menggunakan kursi seringkali bikin leher jadi sakit. Agar hal itu tak terulang lagi, gunakan saja kursi untuk bikin meja. Caranya mudah, angkat dan letakkan kursi di atas pangkuan. Gunakan sebagai alas menulis. Nah, gampang ‘kan? Posisi seperti ini jauh lebih nyaman dan bikin lehermu tetap aman. Kamu bisa mencoba dimana saja.

12. Tetesan air shower di kamar mandi lemot sekali? Gunakan keleng yang dilubangi kecil-kecil sebagai solusi.

Biar kranmu lebih enak ala anak kos

Biar kranmu lebih enak ala anak kos via wonderfulengineering.com

Mau mandi tapi air shower kecil sekali? Hal ini seringkali bikin kamu jadi malas mandi. Tanpa perlu uring-uringan, atasi saja dengan kaleng bekas. Caranya, buat lubang kecil pada kaleng, lalu pasang sebagai pengganti tutup shower. Prinsipnya, makin kecil lubangnya makin kuat semprotannya. Nah, mudah ‘kan? Kamu juga bisa menerapkannya jika shower kamar mandi rusak.

13. Hujan adalah berkah yang layaknya disyukuri. Meski gak ada payung untuk berlindung, masih ada kardus dan daun pisang sebagai penutupnya.

Cara saat hujan ala anak kos

Cara saat hujan ala anak kos via wonderfulengineering.com

Hujan deras tapi gak bawa payung? Gak jarang kamu akan marah-marah. Hey, tenanglah. Ternyata masih ada penggantu payung lho. Gunakan saja potongan kardus atau daun pisang untuk melindungi kepalamu dari guyuran hujan. Pilihlah yang berukuran besar dan berjalanlah cepat saat hujan menerjang. Nah, mudah ‘kan? Lumayan, kamu pasti gak bakal basah kuyup lagi.

14. Karena keterbatasan, ide-ide brilian kadang malah bisa diciptakan. Salah satunya bikin sendok dari garpu dengan cup.

Cara makan mie ala anak kos

Cara makan mie ala anak kos via wonderfulengineering.com

Hal paling menyedihankan ketika makan makanan berkuah tapi gak ada sendok yang bisa digunakan. Eits, bukan akan akan kosan namanya kalau menyerah begitu saja. Kamu bisa buat sendok kuah dari garpu kok. Caranya mudah, tusuk saja cup  sterofoam pada bagian bawah. Jika kamu gunakan cup berbahan plastik, buatlah 2 garis di bagian dasar dengan gunting atau pisau. Lalu memasukkan garpunya.  Nah, praktis ‘kan? Makanan berkuah siap disantap dengan nikmat.

15. Merasa haus terus tapi tangan lagi di perban dan hidup sendirian di kosan? Tempelkan saja botol minum di tangan dengan lakban.

Cara minum saat sakit ala anak kos

Cara minum saat sakit ala anak kos via wonderfulengineering.com

Sakit saat berada di perantauan kadang terasa lebih melankolis. Kalau di rumah ada Ibu yang selalu membantumu ini dan itu, sekarang kamu harus melakukannya sendiri. Salah satunya saat kedua tanganmu diperban dan kamu haus, tapi tak bisa pegang gelas. Kamu bingung harus bagaimana.

Jangan sedih, isi botol minum dengan air putih, lalu tempelkan di tangan dengan lakban. Nah, saat kamu haus, kamu tinggal tengak tanpa perlu sering minta tolong pada tetangga kamar. Tapi pastikan kamu pilih bahan botol yang ringan ya. Jadi tanganmu yang sedang sakit tak kesakitan. Praktis ‘kan?

Keterbatasan seringkali dihadapakan agar kamu bisa belajar mengatasinya. Alih-alih mengeluh atau marah-marah, ide ide brilian justru kudu kamu aplikasikan agar hidupmu tetap berjalan. Nah, dengan menerapakan 15 cara ini saat kondisi kepepet, maka kamu sudah sah menjadi anak kosan sejati yang sifat tahan banting yang tinggi.

Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya